City Travel
Sejarah dan Keindahan Obyek Wisata Turki
2018-02-23 07:18:47
HIS Travel

Turki sekarang ini menjadi destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara, keindahan negeri yang berada di Benua Eropa ini mampu menarik para wisatawan. Banyak sekali kita temukan situs warisan sejarah yang masih dilestarikan di Turki. Sehingga ketika kita berkunjung ke Turki maka masih banyak tempat sejarah yang bisa kita kunjungi. Kali ini kami hadir untuk memberikan info penting kepada kalian mengenai beberapa referensi tempat wisata yang ada di Turki yang indah dan bersejarah pastinya. Kami tidak akan membahas keindahannya saja, melainkan juga akan membahas mengenai sejarahnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua ya!

1. Blue Mosque

Yang pertama adalah Blue Mosque. Masjid biru atau yang sering disebut sebagai Blue Mosque iniadalah salah satu masjid paling populer di Turki dan juga bahkan dijadikan sebagai tempat wisata. Apakah kalain tahu mengapa masjid ini disebut sebagai masjid biru? Hal itu karena Blue Mosque ini merupakan masjid yang memiliki keramik dan kubah warna biru yang menutupi hampir seluruh interior maupun eksteriornya. Kali ini kami juga akan membahas mengenai sejarah dari masjid ini yang mungkin tidak kalian ketahui, masjid biru ini dibangun oleh Sultan Ahmed I di Istanbul, turki. Sultan Ahmed I sendiri sebenarnya adalah raja dari Turki yang memerintah negeri ini sejak tahun 1603 hingga 1617.

Hasil gambar untuk blue mosque

image source : http://www.sultanahmetcamii.org

Untuk masjid ini sendiri didirikan sekitar tahun 1609 dan selesai pada tahun 1616, untuk pembangunannya sendiri Sultan Ahmed memepercayakan ini kepada arsitek terkenal pada masa itu yaitu Mehmed Aga. Lokasi dari Blue Mosque sendiri bersebarangan dengan Hagia Shopia yang juga merupakan bangunan bersejarah yang pernah menjadi gereja, masjid, kemudian menjadi museum sekarang ini. Hanya berjarak satu blok saja dan dibatasi oleh taman. Ketika mampir ke Blue Mosque maka sempatkanlah juga untuk mampir ke Hagia Sophia ya. Sampai saat ini masjid biru ini dijadikan sebagai tempat ibadah. Bagi pengunjung atau wisatawan yang ingin masuk maka harus menggunakan pakaian yang sopan yaitu menggunakan kerudung bagi wanita.

2. Rumeli castle& Anatolia Castle

Hasil gambar untuk rumeli castle turki

image source : https://upload.wikimedia.org

Tempat kedua yang bisa kita kunjungi di Turki adalah Rumeli Castle, kastil ini adalah sebuah benteng megah yang berada di Istanbul. Kastil yang satu ini terbuka untuk umum ya dan tempatnya cocok untuk anak-anak. Tutup pada setiap hari rabu dan orang-orang biasanya menghabiskan sekitar 1,5 jam di tempat ini.

Jika masih ingin berkunjung dan menikmati kastil bekas pemerintahan Turki maka kamu juga bisa mengunjungi Anatolia Castle atau yang sering disebut sebagai Anadolu Hisari.Kastil ini merupakan benteng yang juga terletak di kota Istanbul dan juga bisa kita kunjungi sebagai obyek wisata yang menarik!

3. Topkapi Palace

Hasil gambar untuk topkapi palace

image source : http://www.globalblue.com/

Topkapi Palace ini adalah salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari luar negeri mauapun dalam negeri yang sangat ramai. Topkapi Palace yang sering disebut sebagai istana Topkapi ini adalah peninggalan Nabi Muhammad SAW, bagi umat yang beragama muslim maka tempat ini menjadi salah satu tempat dimana wisata religi karena jika masuk ke tempat ini maka kita bisa mengenang Rasulullah. Museum ini sendiri merupakan museum tentang Nabi Muhammad SAW, dibangun pada tahun 1470 ketika masa Sultan Mehmet. Setelah dibangun istana ini dirubah fungsinya sebagai museum atas permintaan dari pendiri Turki modern yaitu Mustafa Kemal Ataturk. Apa saja yang bisa kita lihat di dalam Topkapi Palace ini? Banyak sekali koleksi dari Nabi Muhhammad SAW seperti misalnya kamar yang dipergunakan yang menyimpan beberapa barang miliki nabi Muhammad. Selain itu masih banyak yang bisa kita lihat mulai dari koleksi perhaisan, keramik, peti emas tempat untuk meletakkan jubah Nabi Muhhamad, porselen, lukisan, dan juga baju atau jubah kerajaan kuno di Turki. Selain itu kita juga bisa melihat tapak kaki Nabi Muhammad, tentu ini pengalaman menarik bukan?

4. The Ulu Mosque

Hasil gambar untuk the ulu mosque

image source : http://3.bp.blogspot.com

Yang terakhir adalah masjid Ulu Mosque yang berada di Kota Bursa, kota keempat terbesar yang ada di Turki. Masjid bernama Ulu Cami ini bisa dibilang sebagai masjid yang unik dan juga menarik karena kubah masjidnya sendiri memiliki jumlah lebih dari 1, jumlah kubah masjid di tempat ini bahkan mencapai 20 buah. Masjid ini sendiri dibangun pada tahun 1396 hingga 1399 atas perintah dari Sultan Yildirim Bayezid I. Masjid ini memiliki kubah yang sangat banyak jumlahnya yaitu 20 buah dikarenakan Sultan yang pernah berjanji akan mendirikan masjid sebanyak 20 buah di Bursa. Saat ini masjid bernama Ulu Cami atau yang sering disebut sebagai The Ulu Mosque ini sendiri menjadi salah satu obyek wisata terkenal di Turki. Tidak hanya menjadi obyek wisata bagi warga lokal saja ya, bahkan The Ulu Mosque ini juga menjadi daya tarik wisatawan dunia. Bagi kamu yang beragama muslim bisa menunaikan ibadah sholat di dalam masjid ini, dan bagi yang ingin mengunjungi wilayah masjid ini diharap untuk berpakaian sopan dan rapi karena selalu ada petugas yang akan mengingatkan di luar. Bagaiamana? Tertarik mengunjungi masjid ini?

Nah sekarang kalian sudah tahu bukan infromasi tenang keindahan dan juga wisata sejarah yang ada di Turki. Jika ingin berkunjung ke negeri itu maka sebaiknya kami menyarankan supaya kalian berlibur dengan H.I.S Travel Indonesia saja ya! Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian!