City Travel
Sejarah Dan Keindahan Ha Long Bay, Kepulauan Kapur Vietnam Yang Menakjubkan
2018-01-13 17:24:48
HIS Travel

Berwisata ke luar negri memang menyenangkan. Meskipun tidak pergi melancong ke negri yang jauh semisal Eropa, berlibur ke Vietnam yang masih terhitung bertetangga dengan Indonesia ternyata juga dapat membuat hati menjadi bahagia. Terlebih bila Anda berkesempatan untuk menikmati sejarah dan keindahan Ha Long Bay, kepulauan kapur Vietnam yang menakjubkan.

Ya, seperti yang kita ketahui bersama, sejarah dan keindahan Ha Long Bay sudah cukup tersohor di kalangan wisatawan mancanegara. Tak heran, tempat yang dikelola dengan apik ini menjadi salah satu titik destinasi wisata yang diunggulkan saat pemerintah vietnam mempromosikan sektor pariwisatanya.

Anda belum tau banyak tentang sejarah dan keindahan Ha Long Bay yang berlokasi di Teluk Tonkin ini? Simak dulu ulasan singkat dari tim H.I.S Travel berikut ini yuk!

 

Ha Long Bay, Gugusan Pulau Kapur Menakjubkan Yang Tak Berpenghuni


Image source : https://www.flickr.com/photos/cooleyd/10034924544/

Patut untuk Anda ketahui, kawasan Ha Long Bay memiliki ribuan pulau yang terdiri atas pulau yang dianggap besar, dan pulau-pulau mini. Meskipun begitu, dari banyaknya pulau tersebut faktanya tidak ada satu pulau pun yang layak huni.

Alasannya tak lain karena pulau tersebut memiliki permukaan yang terjal dan cukup tandus. Meskipun begitu, pulau-pulau tersebut masih terhitung asri dan amat cantik untuk diamati dari kejauhan. Disamping itu, Ha Long Bay menyimpan sejarah yang tak dapat begitu saja dilupakan.

 

Sejarah Dan Keindahan Ha Long Bay Yang Melegenda Ke Penjuru Dunia


Image source : https://www.flickr.com/photos/redfalo/2152237620/

Bila bertanya langsung ke masyarakat yang ada disana, tersebar cerita rakyat bahwa kawasan Ha Long Bay merupakan kawasan yang sempat disinggahi oleh naga yang melindungi rakyat Vietnam dari kejamnya armada perang penjajah yang datang dari arah perairan.

Meskipun kabar tersebut masih terlalu sulit untuk dikonfirmasi, Ha Long Bay telah dinobatkan sebagai situs nasional sejak tahun 1962 silam. Penetapan tersebut selanjutnya berkembang menjadi pengakuan destinasi wisata ini sebagai situs nasional landscape yang dinaungi oleh pemerintah Vietnam, yang pada praktiknya pemilik lahan ditangani oleh pemerintah provinsi setempat.

 

Tempatnya Tidak Terlalu Jauh, Hanya Memerlukan Waktu Sekitar 3-4 Jam Untuk Kesana


Image source : https://www.flickr.com/photos/129435519@N07/27705770369/

Bila Anda ingin menuju ke tempat yang satu ini dari kota Hanoi, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 3-4 jam saja. Meskipun begitu, perjalanan bisa saja tak semudah yang dibayangkan bilamana menemui kendala mendadak selama diperjalanan. Terhitung, jarak antara kota Hanoi dengan Ha Long Bay di Teluk Tonkin Provinsi Quang Ning Vietnam ini sendiri adalah sekitar 165 km.

Tak perlu khawatir dengan moda transportasi selama disana, Anda bisa kok menumpangi bus untuk menuju ke tempat wisata yang cukup terkenal itu! Sesampainya disana Anda dapat menikmati suguhan panorama yang luar biasa indahnya dan dapat segera membeli tiket untuk kapal laut guna mengamati gugusan pulau kapur dengan lebih dekat.

 

Luas Dari Ha Long Bay Yang Memesona Pasti Bikin Kamu Takjub Saat Kesana!


Image source : https://www.flickr.com/photos/dgmckelvey/15746900124/

Anda ingin mengunjungi destinasi wisata yang satu ini secara menyeluruh? Bila begitu, Anda harus menyiapkan tenaga ekstra sebelum menjelajahi suguhan sejarah dan keindahan Ha Long Bay yang ada di negri Vietnam ini!

Betapa tidak? Luasnya saja mencapai 43.400 hektar! Meskipun didominasi oleh perairan, apakah Anda yakin ingin menjelajah penjuru Ha Long Bay dalam waktu sehari saja? Duh, pasti melelahkan ya!

Meskipun begitu, Anda tak perlu khawatir! Pihak pengelola sudah membagi kawasan ini menjadi 2, yakni Kriterion VII dan VIII. Yang pada tiap-tiap kawasannya, sudah dipetakan “rute” masing-masing agar para pengunjung dapat menikmati sisi terindah dari kawasan wisata alam yang satu ini.

 

Menikmati Sejarah Dan Keindahan Ha Long Bay Amat Cocok Untuk Dilakukan Saat Ingin Mengisi Waktu Santai Di Moment Liburan


Image source : https://www.flickr.com/photos/mangoonanapple/6640650081/

Dari luas tempatnya saja Anda pasti mengerti tentang betapa banyaknya spot yang dapat Anda abadikan dengan kamera kesayangan bukan? Disamping keindahan pulau kapur yang menjulang di atas perairan, disini juga ada beberapa goa cantik yang terbentuk akibat erosi dan abrasi di sekitaran lokasi wisata.

Ingin memotret indahnya landscape di pagi hari? Sempatkan saja untuk bermalam di penginapan yang ada! Fasilitasnya cukup nyaman kok!

 

Ha Long Bay Mirip Dengan Raja Ampat Papua? Coba Deh, Tengok Lagi!


Image source : https://www.flickr.com/photos/27017674@N06/8704845394/

Seperti yang kita tau, setiap tempat memiliki keunikannya tersendiri. Begitu halnya dengan Ha Long Bay, yang ada di Vietnam. Meskipun unik, patut dipungkiri bahwa selalu terdapat peluang adanya kemiripan-kemiripan pada bagian-bagian tertentu di tempat wisata. Terlebih lagi, sejarah dan keindahan Ha Long Bay memiliki arti tersendiri bagi masyarakat Vietnam serta turis asing yang pernah singgah kesana.

Meskipun sering dianggap mirip, percayalah, tempat ini lebih luas dari yang Anda kira sebelumnya. Memang sekilas banyak orang yang mengatakan bahwa tempat ini mirip dengan raja ampat, namun kawasan Wayag Raja Ampat memiliki bentuk yang lebih mengerucut dan mengumpul menjadi sebuah kepulauan. Dan ini tentunya amat berbeda dengan Ha Long Bay yang memiliki bentuk meluas.

Tapi apakah Anda tau? Tempat wisata ini sejatinya lebih mirip dengan Phi Phi Island, pulau batu kapur yang ada di negara Thailand. Namun tetap saja, tiap tempat memiliki keunikan tersendiri yang menjadi ciri khas ataupun pembeda dari satu destinasi wisata dengan destinasi wisata yang lainnya.

Oke, itulah tadi sejarah dan keindahan Ha Long Bay yang dapat diposting oleh tim H.I.S Travel pada kesempatan yang satu ini. Apakah Anda merasa tertarik untuk segera pergi berpetualang kesana bersama orang terkasih dengan menggunakan jasa kami? Bila iya, segera hubungi tim kami untuk info lebih lanjut ya! Sampai jumpa!

Top image source : https://www.flickr.com/photos/27017674@N06/8704845394/