City Travel
Satu Lagi Hal Unik dari Asakusa, Sanja Matsuri!
2017-08-01 21:59:25
HIS Travel

Bagi wisatawan yang pergi ke Jepang, Asakusa adalah salah satu tempat yang selalu jadi destinasi pilihan dan harus dikunjungi. Selain terkenal dengan gerbang besar yang sering dijadikan latar untuk foto, terdapat dua kuil populer yang memiliki banyak fakta unik.

Pada musim panas, terdapat festival yang diadakan untuk merayakan tiga pendiri Kuil Sensoji yang letaknya berdekatan dengan Kuil Asakusa. Festival dengan nama Sanja Matsuri merupakan festival yang diadakan di area Kuil Asakusa setiap tahunnya. Hampir dua juta orang yang mengunjungi Kuil Asakusa sepanjang 3 hari selama fetsival berlangsung menjadikan Sanja Matsuri sebagai festival paling populer di Tokyo.

Sanja Matsuri menampilkan pertunjukan mikoshi yaitu ribuan kuil kecil yang bisa diangkat dan diarak ke seluruh area Asakusa, melambangkan Dewa Shinto yang diharapkan membawa keberuntungan di sepanjang jalan yang dilalui hingga bisnis dan penduduk sekitar. Tiga mikoshi terbesar biasanya akan muncul pada hari minggu. Keseluruhan dari festival ini diikuti kedai-kedai makanan yang berjajar di sepanjang pintu masuk Kuil Asakusa, permainan, hingga sukacita orang-orang yang menikmati musik khas Jepang dengan tabuhan taiko atau drum Jepang.

Parade yang mengisi Sanja Matsuri dimulai pada hari Jumat sore dengan Daigyoretsu Parade, pemimpin prosesi festival, geisha, para pemusik, hingga penari dengan pakaian khas zaman Edo. Mereka semua berjalan dari Yanagi Dori hingga Kuil Sensoji dan Kuil Asakusa. Upacara Shinto diadakan sesaat setelah parade, diikuti tarian tradisional untuk mendoakan hasil panen dan kemakmuran seluruh manusia. Setelah itu, mikoshi yang diangkat warga lokal Asakusa dibawa melalui jalan yang diikuti dengan para pemusik yang memainkan taiko.

Pada hari Sabtu, seluruh warga sekitar yang banyaknya hampir 100 orang dari 44 daerah membawa mikoshi mengintari Kuil Sensoji dan Kuil Asakusa untuk menebarkan keberuntungan dan kemakmuran. Banyak dari warga yang juga membawa serta anak-anak dan juga para perempuan untuk mengangkat mikoshi.

Hingga sampailah pada acara utama di hari Minggu, dimulai pada pukul 6 pagi ratusan orang berkumpul di Kuil Asakusa, kemudian mengangkat 3 mikoshi terbesar yang utama. Seluruh orang akan berdesakan karena antusias membawa mikoshi terbesar tersebut, sehingga penonton atau wisatawan tidak diperbolehkan melebihi batas masuk Kuil Sensoji selama festival berlangsung demi kenyamanan dan keamanan bersama. Setelah dua jam parade ketiga mikoshi terbesar ini berlangsung dari arah yang berbeda, orang-orang akan membawa mikoshi ke jalan-jalan, tempat belanja, hingga rumah-rumah di sekitar Asakusa sebelum kembali ke Kuil asakusa.

Image source: www.japan-guide.com

Bagi kamu yang ingin mencoba pengalaman seru menonton festival populer musim panas ini, kamu bisa menemukan Kuil Asakusa dengan mudah. Ginza Subway Line, Asakusa Subway Line, dan Tobu Railways melayani akses menuju stasiun Asakusa, stasiun terdekat dari Kuil Asakusa.

Apabila kamu memilih kebarangkatan dari stasiun Tokyo, ambil JR Yamanote Line menuju stasiun Kanda dengan harga sekitar 140 Yen dan transit ke Ginza Subway Line untuk menuju stasiun Asakusa dengan harga 170 Yen.

Nah, ada lagi rute dari stasiun Shinjuku. Ambil rute JR Chuo Line menuju stasiun Kanda dengan harga 170 Yen, kemudian seperti rute sebelumnya, transit ke Ginza Subway Line untuk menuju stasiun Asakusa dengan harga 170 Yen.

Image source: www.japan-guide.com

Sanja Matsuri merupakan festival di musim panas yang tidak boleh kamu lewatkan di Jepang. Cari tahu festival tradisional lainnya di seluruh Jepang dalam www.his-travel.co.id, selain informasi-informasi tentang Jepang bisa kamu dapatkan dengan mudah, tiket ke Jepang murah dan tour-tour dengan harga terjangkau lainnya bisa kamu temukan. Kunjungi juga Cool Japan Travel Fair 2017 yang diadakan pada tanggal 7-10 September di Mal Taman Anggrek, Jakarta!