People & Culture
Sampel Makanan di Jepang
2016-04-19 09:30:07
HIS Travel

Ketika kamu sedang berada di restoran di Jepang, hal pertama yang akan kamu lakukan adalah mengagumi sampel makanan yang terpajang di jendela depan restoran. Sampel makanan tersebut sangat mirip dengan aslinya dan dibuat dengan sangat detail. Melihat sampel makanan seperti itu, siapa yang tidak tergugah seleranya untuk mencoba makanan di restoran tersebut?

Di Indonesia, hal tersebut merupakan hal yang masih jarang ditemukan. Namun di Jepang, budaya menggunakan sampel makanan merupakan bagian dari budaya Jepang yang telah ada selama sekitar 80 tahun. Mereka menggunakan sampel makanan tersebut sebagai salah satu cara untuk mengiklankan menu-menu yang menu yang mereka jual. Hal tersebut membuat pengunjung bisa lebih mudah memilih menu yang mereka suka.

Budaya sampel makanan di Jepang yang biasa disebut “Shokuhin Sanpuru” (食品サンプル) ini dimulai sekitar 1917-1932. Budaya ini merupakan salah satu cara yang digunakan untuk memperkenalkan masakan Barat yang pada saat itu mulai masuk ke Jepang. Saking populernya budaya ini, orang Jepang yang melakukan perjalanan ke luar negeri sering mengeluh kalau mereka merasa sulit membayangkan makanan yang ada di menu karena jarang sekali ada restoran yang menampilkan sampel makanan.

“Shokuhin Sanpuru” di Jepang dibuat dengan penuh ketelitian sampai detail terkecil untuk menghasilkan produk yang sangat mirip dengan aslinya. Tidak hanya bagi orang Jepang, sampel ini juga sangat membantu kita para wisatawan ketika akan memesan makanan di restoran.

“Shokuhin Sanpuru” ini tidak hanya menjadi sampel di restoran, lho. Saat ini sampel makanan tersebut dibuat menjadi aneka souvenir. Mulai dari gantungan kunci, usb, gantungan handphone, Iphone, bahkan aksesoris! Sampel ini bisa menjadi oleh-oleh unik untuk keluarga dan teman-teman kamu di rumah.

Bahan yang digunakan untuk membuat Shokuhin Sanpuru ini adalah dengan lilin. Tetapi seiring berjalannya waktu, bahan lilin diganti menjadi menggunakan plastik agar sampel menjadi lebih kuat dan tahan lama. Namun kamu masih bisa melihat cara pembuatan sampel yang menggunakan lilin, kok. Saat ini banyak dibuka workshop untuk kamu yang penasaran bagaimana cara membuat Shokuhin Sanpuru.

Penasaran? Kamu bisa memilih produk H.I.S. Travel untuk proses mencoba belajar membuat Shokuhin Sanpuru ini ya!

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

https://his-travel.co.id/

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia