Tips
Saatnya Menghadapi Salju!
2016-02-09 09:36:17
HIS Travel

Pertengahan Januari hingga Februari adalah musim-musimnya salju untuk turun. Perlu diketahui kalau sebenarnya salju ada beberapa macam, lho. Seperti yang dialami Tokyo, Ibukota Jepang ini putih tertutup salju pada pertengahan Januari silam. Saljunya bukan salju kering biasa, tetapi salju basah! Alias salju bercampur hujan, sehingga saljunya akan basah, bahkan bisa sampai menembus sepatu bootsmu!

Untuk tetap bisa beraktivitas di tengah hujan dan tumpukan salju, berikut adalah tipsnya.

1.    Boots Plastik

Sekedar sepatu boots biasa, bahkan yang terbuat dari kulit sekalipun bisa saja rembes karena basah. Untuk mencegannya, pakailah sepatu boots yang terbuat dari plastik untuk mencegah basahan dari salju masuk ke dalam sepatumu. Atau kamu juga bisa menggunakan spray anti air yang bisa kamu beli di department store mana saja. selain boots plastik, ada pula boots khusus untuk menerjang salju tebal yang memiliki beberapa lapisan di dalamnya sehingga menjaga kakimu tetap kering dan hangat. Pilih pula sepatu boots dengan heels yang sedikit lebih tinggi, atau lebih baik bukan heels yang lancip melainkan yang wedges untuk menghidari jatuh tersandung atau tersangkut es.

2.    Sedia Penutup Telinga

Saat salju turun, bisa saja suhu turun draastis hingga menuju minus. Telinga adalah bagian yang sensitif untuk merasakan perubahan cuaca di sekitar. Untuk menjaga telinga tetap hangat, juga agar kamu tidak pening dan pusing karena udara dingin, kamu bisa membeli penutup telinga yang tetap fashionable dan lucu yang tersedia di berbagai toko di Jepang dengan berbagai model. Atau kamu mau sekalian menggunakan topi untuk menutup kepala juga sangat direkomendasikan. Karena udara ekstrim yang terlalu dingin dan kalau kamu tidak terbiasa untuk itu, bisa jadi kamu sakit kepala.

3.    Sedia Payung Sebelum Salju

Jangan kira salju hanyalah butiran ringan yang tidak dapat membasahimu. Kalau kamu berpikir begitu, siap-siap saja untuki basah. Salju juga merupakan butiran air juga, namun dengan suhu tertentu membeku dan menjadi butiran halus yang putih nan indah. Ada memang salju yang kering, tanpa terlalu basah, tetapi tteap kamu harus antisipasi untuk salju yang basah. Jadi bawa selalu payung lipatmu kemana-mana agar tetap aman dan kering pastinya!

4.    Pakai Stocking

Kalau kamu pakai celana atau rok, usahakan kamu juga memakai stocking sebagai penghangat tambahan. Kalau kakimu sudah aman, nyaman, dan hangat, dijamin kamu bisa bebas beraktivitas tanpa menggigil!

5.    Penghangat Tempel

Image source : https://japan365.wordpress.com/

Di Jepang dijual semacam penghangat tempel yang berfungsi selayaknya koyo namun mengeluarkan hangat yang dapat kamu bawa kemana-mana. Jangan tempelkan langsung penghangat ini ke kulit, paling tidak kamu memasukkannya di saku baju, atau tempat lain yang tidak bersinggungan langsung dengan kulit. Penghangat tempel yang khusus dapat langsung dipakai bersentuhan dengan kulit adalah yang untuk alas kaki. Karena kulit pada telapak kaki sedikit lebih tebal dari kulit lalinnya, ada penghangat khusus untuk kaki yang bisa kamu hunakan sebelum kamu memakai kaus kaki. Dengan begitu, kamu bisa tetap hangat bermain di salju.

untuk lebih jelasnya bisa kamu lihat di posting sebelumnya tentang "Kairo"

6.    Sarung Tangan Kulit

Sarung tangan rajut biasanya banyak dijual dimana-mana saat musim dingin. Hangatnya tergantung ketebalan bahan, namun kadang tidak tahan air. Oleh karenanya, jika kamu ingin bermain salju, sarung tangan yang tepat adalah sarung tangan berbagan kulit, dengan dalaman bahan thermal yang sekaligus dapat menghangatkanmu. Sebagian besar sarung tangan kulit anti basah, jadi kamu bisa membuat bola salju semaumu. Satu lagi kelebihan sarung tangan kulit adalah kamu dapat membuat bola salju yang bulat sempurna lho!

Jadi, sudah siap bermain salju di Jepang ‘kan sekarang? Beraktivitas boleh asal kamu sudah diap dengan peralatannya agar tubuh tetap gangat dan kesehatanmu juga tetap terjaga ya!

H.I.S Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S!

https://his-travel.co.id/

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia