City Travel
Roller Cave National Park, Gua yang Dikunjungi Para Raja Thailand
2017-10-13 11:06:39
HIS Travel

Selama ini banyak orang menganggap pantai dan laut menjadi objek wisata andalan negara Thailand. Padahal sesungguhnya Thailand tak hanya menawarkan pantai-pantai dan lautnya yang indah saja. Di negeri gajah putih ini, kamu juga bisa menikmati pemandangan alam lainnya. Misalnya saja spot wisata berupa gua yakni Phraya Nakhon Cave atau juga dikenal dengan nama Roller Cave National Park. Spot wisata yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai petualangan di alam bebas.

Mistis dan Misterius

Gua yang satu ini sangat berbeda dengan gua-gua lain pada umumnya. Phraya Nakhon Cave atau Roller Cave National Park ini disebut-sebut sebagai landmark Thailand yang mistis dan misterius. Ada cukup banyak foto-foto gua ini yang bisa kamu temukan di media online. Namun hanya sedikit ulasan ataupun kisah mengenai gua ini. Minimnya informasi membuat gua ini semakin misterius dan sekaligus mengundang rasa ingin tahu.

Meskipun tergolong sebagai gua yang indah, sayangnya tak banyak wisatawan yang mampu mencapai spot wisata yang satu ini. Penyebabnya adalah medan menuju gua yang terbilang berat untuk dilalui. Karena itu hanya wisatawan yang benar-benar tangguh dan gemar berpetualang saja yang mampu mencapai gua ini. Mereka yang menyukai petualangan di alam bebas pasti tergiur mendatangi Phraya Nakhon Cave atau Roller Cave ini.

Phraya Nakhon Cave atau Roller Cave berada di Khao Sam Roi Yot National Park, provinsi Prachuap Khiri Khan. Untuk mencapai gua ini, kamu terlebih dahulu harus mendatangi sebuah perkampungan kecil yang bernama Bang Pu. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan perahu atau bisa juga ditempuh dengan berjalan selama 30 menit melewati daerah perbukitan. Selanjutnya masih ada medan yang paling sulit dilalui yakni memanjat bagian atas gua dengan tinggi sekitar 430 meter yang terjal dan curam.

Perjalanan yang sangat menantang ini sungguh sepadan dengan pemandangan indah yang akan kamu temukan. Jangan membayangkan sebuah gua yang gelap gulita. Gua yang akan kamu lihat adalah sebuah gua yang diterangi sinar matahari yang menembus di bagian atasnya. Sorot sinar matahari itulah yang membuat gua terlihat sangat indah.

Memang tak mudah untuk mencapai gua ini. Tetapi kamu tak perlu kuatir, sebab seorang pemandu biasanya sudah tersedia saat kamu memasuki taman nasional. Dengan membayar biaya masuk ke taman nasional sebesar kurang lebih 200 baht, kamu akan dipandu untuk sampai ke Phraya Nakhon Cave atau Roller Cave. Sebaiknya, mulailah perjalanan di pagi hari agar kamu bisa merasakan segarnya udara dan indahnya sinar matahari pagi yang menembus gua.

Paviliun Dalam Gua

Phraya Nakhon Cave atau Roller Cave diketahui keberadaannya lebih 200 tahun yang lalu. Gua yang disebut-sebut sebagai gua paling menarik di Thailand ini ditemukan pertama kali oleh seorang pelaut yang bernama Nakhon Si Tammarat. Kala itu sang pelaut harus berhenti di tepi pantai karena angin ribut yang mengganggu perjalanannya. Posisi gua yang berdekatan dengan pantai membuat sang pelaut secara tak sengaja menemukannya.

Gua Phraya Nakhon memiliki keindahan yang berbeda jika dibandingkan dengan gua-gua lainnya karena di bagian dalam gua terdapat paviliun. Paviliun yang bernama Kuha Karuhas dibangun pada tahun 1890 oleh Rama V atau Raja Chulalongkorn. Paviliun di dalam gua ini berfungsi sebagai tempat untuk bersantai sambil menikmati keindahan pemadangan gua.

Rama VII atau Raja Prajadhipok dan Rama IX atau Raja Bhumibol Adulyadej juga pernah berkunjung ke paviliun Kuha Karuhas ini. Jika kamu berkunjung ke gua Phraya Nakhon atau Roller Cave, kamu akan mendapati tanda tangan kedua raja Thailand tersebut di dinding ruang utama paviliun. Kunjungan para raja Thailand ini tentunya menandai bahwa gua ini bukanlah sembarang gua. Keindahan gua ini bahkan telah menarik perhatian para raja untuk datang.

Jika kamu sudah puas menikmati keindahan gua Phraya Nakhon atau Roller Cave, maka selanjutnya bersiaplah untuk melakukan perjalanan pulang. Perjalanan ini sesungguhnya tak lebih ringan dibandingkan dengan perjalanan menuju ke gua. Kamu harus berhati-hati dengan bebatuan yang cukup licin agar tidak terpeleset.

 

Sembari berkunjung ke Roller Cave atau gua Phraya Nakhon, kamu bisa sekalian berkunjung ke Monkey island. Monkey island adalah sebuah pulau yang dihuni monyet-monyet. Pemandangan unik ini bisa melengkapi perjalananmu setelah menikmati pemandangan gua alami.

Mengingat perjalanan yang tak mudah, sebaiknya persiapkan diri dengan baik. Latihan-latihan fisik ringan bisa membantu otot-otot tubuh agar tak kaget menempuh perjalanan yang cukup berat. Lakukan latihan-latihan fisik beberapa saat sebelum memulai perjalanan agar otot-otot tidak kaku.

Bekali pula dirimu dengan air mineral yang cukup agar tak mengalami dehidrasi selama dalam perjalanan. Gunakan sepatu dan pakaian yang nyaman agar perjalananmu tidak terasa berat. Celana panjang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melindungi tubuh dari gigitan serangga dalam perjalanan di alam terbuka. Jangan lupa untuk menyiapkan topi agar tidak kepanasan.

Nah, setelah mengetahui sekelumit gambaran tentang Phraya Nakhon Cave atau Roller Cave National Park, apakah kamu semakin tertarik untuk mengunjunginya? Spot wisata yang satu ini wajib dikunjungi jika kamu termasuk tipe orang yang menyukai tantangan alam. Tentu saja kamu harus mempersiapkan fisik dengan baik agar bisa mencapai gua ini dengan mudah.

H.I.S Tours & Travel memiliki 279 cabang yang siap memberikan pelayanan terbaik untuk kamu. Serahkan perjalanan kamu ke Thailand pada H.I.S Travel Indonesia!