Food
Rijsttafel, Deretan Masakan Indonesia Yang Disajikan Secara Unik Di Belanda
2017-08-08 16:44:17
HIS Travel

Indonesia terkenal dengan kulinernya yang beraneka ragam! Pengaruh Melayu, Cina, India, Arab, Belanda, Spanyol, Portugis dan Inggris juga telah mempengaruhi perkembangan masakan di Indonesia. Dengan cita rasa dan gaya memasaknya yang khas dan berbagai pilihan bumbu dan rempah-rempahnya, tak heran jika masakan Indonesia sangat terkenal di luar negeri.

Kalau kamu sedang berkunjung ke Belanda, kamu akan dengan mudahnya menemukan masakan Indonesia, terutama di kota Amsterdam. Pengaruh kuat orang Indonesia terhadap kuliner Amsterdam dapat dirasakan dengan mudah. Kalau tidak percaya, pesan saja Rijsttafel untuk mencicipi hidangan khas Indonesia - Belanda!

Rijsttafel (Rice Table) merupakan kumpulan masakan khas dari seluruh pulau di Indonesia yang disajikan secara bersamaan. Kamu akan menemukan beragam makanan di atas meja, mirip seperti prasmanan. Tapi jangan salah, rijsttafel, meski menggunakan masakan Indonesia, tapi bukan asli Indonesia. 


Image source : depaviljoen.com

Rijsttafel diciptakan agar para penjajah Belanda bisa mencicipi beragam hidangan dari Jawa, Bali, Sumatra dan pulau-pulau lain dalam waktu yang bersamaan. Jumlah hidangan yang disajikan bisa mencapai lebih dari seratus menu pada perjamuan mewah. Mereka kemudian memperkenalkan rijsttafel ke Belanda. Sejak saat itu, menu ini menjadi pilihan yang populer di restoran-restoran Belanda, terutama restoran yang menyajikan masakan Indonesia.

Pada masa penjajahan Belanda, mereka tidak memperkenalkan rijstaffel untuk menikmati beragam hidangan di satu tempat saja, tetapi juga untuk mengesankan pengunjung dengan kelimpahan eksotis masa kolonial negara mereka di Indonesia.

Pada dasarnya, rijsttafel berusaha menonjolkan berbagai rasa, warna, tingkat kepedasan, dan tekstur makanan. Aspek-aspek yang tidak biasa ditemukan dalam makanan Barat. Tekstur seperti itu bisa termasuk renyah, kenyal, licin, lembut, keras, agar-agar, dan berair.


Image source : acanadianfoodie.com

Menu rijsttafel di setiap restaurant akan berbeda, karena pemilihan hidangan sesuai dengan kebijakan sang koki. Kebanyakan rijsttafel memiliki sekitar 7 hingga 40 piring, lengkap dengan nasi putih atau nasi goreng, mie (bakmi goreng), atau kombinasi keduanya.

Dari sekian banyak hidangan yang disajikan, tapi yang paling sering ditemukan adalah nasi kuning, loempia, telur gulung, sate, tahu goreng, tempe kering, tumis sayur, perkedel, sate lilit, gado-gado, semur daging sapi, babi kecap, kerupuk udang, serundeng, sayur lodeh, rujak buah, pisang goreng, dan beberapa pilihan sambal.


Image source : acanadianfoodie.com

Selain itu disajikan pula beberapa jajanan pasar sebagai dessert seperti misalnya kue lumpur, combro, misro, bolu kukus, apem merah, kue putu ayu, dan kue pancong. Sedangkan untuk pilihan beverage, ada es cendol dan es kelapa.

Bagi warga Belanda, rijsttafel disajikan dengan cara yang unik. Nasi ditempatkan di dalam sangku kayu atau panci. Lalu mereka akan diberikan piring berukuran besar untuk tempat nasi. Beberapa piring kecil berisi lauk akan memenuhi meja, lengkap dengan beragam pilihan sambal. Setiap lauk memiliki cita rasa tersendiri. Mereka lebih memilih untuk tidak mencampur lauk dengan nasi karena cita rasa lauknya akan hilang. Mungkin bagi orang Indonesia, cara penyajian seperti itu terlihat biasa saja!

Rijsttafel hampir tersedia di semua restoran Indonesia atau Hindia Belanda di Amsterdam, tapi tentu saja, kualitasnya bervariasi. Kalau sedang berlibur ke Amsterdam, salah satu tempat yang tepat untuk mencicipi rijstaffel adalah Restoran Amsterdam Tempo Doeloe, di Utrechtsestraat 75, yang telah memperoleh penghargaan Michelin Bib Gourmand, sebagai restaurant terbaik untuk masakan Indonesia - Belanda.


Image source : awesomeamsterdam.com

Meski terkenal di Belanda dan di luar negeri, rijsttafel jarang ditemukan di Indonesia. Hal itu dikarenakan kebanyakan orang Indonesia lebih suka makan nasi yang langsung dicampur dengan satu lauk utama seperti ikan, ayam, daging, atau telur, sayur - sayuran, dan dan satu lauk pauk pendamping saja. Sedangkan lauk yang disajikan pada rijstaffel sangat banyak sekali, berkisar antara tujuh hingga empat puluh piring dalam satu kali penyajian. Akan sangat mubazir jika tidak dihabiskan semua. 

Meski demikian, di restoran Indonesia di seluruh dunia, terutama di Belanda dan Afrika Selatan, rijsttafel masih menjadi menu populer. Tidak ada salahnya untuk mencicipi rijstaffel di negeri kincir angin. Selain bisa menambah pengalaman baru, bisa juga mengobati rasa kangen dengan masakan Indonesia.

H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan kamu ke Eropa pada H.I.S!

Top image source : the4birds.com