Info Muslim
Puasa di Jepang
2016-06-09 09:47:24
HIS Travel

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat ditunggu oleh orang Indonesia karena suasanya yang sangat spesial. Namun untuk mereka yang muslim dan saat ini tinggal di Jepang, hidup di negeri minoritas memang penuh tantangan. Salah satunya tantangan berpuasa di bulan suci Ramadhan.

Dengan mayoritas penduduknya yang beragama Shinto dan Buddha, umat Islam merupakan minoritas di Jepang. Tetapi meskipun sebagai minoritas di Jepang, masyarakat Jepang sangat menghargai dan memberikan kebebasan untuk menjalankan puasa Ramadhan bagi setiap muslim. Menunjukkan toleransi yang tinggi, entah itu dari institusi negara maupun dari sikap para masyarakat Jepang.

Namun tentu saja, ada beberapa hambatan yang akan kamu temui ketika menjalankan ibadah Puasa di negeri dimana jumlah pemeluk agama Islam-nya minoritas seperti di Jepang. 

-    Kamu tidak bisa merasakan suasana bulan ramadhan seperti yang biasa kita jalani di Indonesia. Suasana Ramadhan di Indonesia sangat semarak dan terasa sekali dengan gema adzan, sahur, dan takbiran saat malam sholat idul fitri. 

-    Kondisi cuaca di Jepang sangat menentukan dengan durasi kamu berpuasa. Karena berbeda dengan Indonesia, Jepang adalah negara yang mempunyai 4 musim. Pada musim dingin, siang lebih pendek dibandingkan malam, sedangkan pada musim panas sebaliknya, siang akan lebih lama dibandingkan malam hari. Bulan Ramadhan di bulan Juni ini, durasi puasa akan relatif lebih lama dibandingkan di Indonesia karena saat ini Jepang sedang memasuki musim panas.

-    Karena hanya kamu yang berpuasa, kegiatan di kampus atau di tempat kerja sama sekali tidak berubah. Siap-siap saja kalau jadwal kampus berbarengan dengan hari penting Islam.

Nah, untuk kamu yang sedang menghadapi bulan Puasa di Jepang, kamu bisa menghabiskan waktu dengan menyempatkan diri ke masjid agar bisa bertemu dengan banyak teman seperjuangan dan mendapatkan siraman rohani. Kamu juga bisa berkumpul dan melakukan acara buka puasa bersama. Apalagi karena makanan halal di Jepang harganya lebih mahal dibandingkan makanan biasa, kamu bisa membuat sendiri menu buka puasamu bersama dengan teman-teman.

Image source : http://english.ahram.org.eg/ 

Kamu juga bisa ikut serta dalam berbagai acara yang dilakukan untuk menyambut datangnya bulan puasa, seperti dibentuknya panitia Ramadhan di Islamic Centre Jepang yang bertugas menyusun kegiatan selama bulan puasa.

Meskipun tidak semeriah di negeri kita, Ramadhan di Jepang akan tetap memberikan nuansa tersendiri. Perjuangan berpuasa dan melakukan berbagai aktivitas ibadah bulan Ramadhan di negeri Sakura akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. 

Selamat berpuasa...

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

https://his-travel.co.id/jepang

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia

Top image source : http://www.todayonline.com/