Tips
Pilihan Transportasi di Ishigaki
2016-08-16 05:05:21
HIS Travel

ISHIGAKI merupakan sebuah pulau sekaligus sebuah kota yang terletak di selatan Jepang. Saat ini Ishigaki menjadi tujuan utama wisata pantai di Jepang. Ishigaki menyuguhkan pemandangan laut yang indah, hamparan pasir putih, laut biru yang menyejukkan mata dan sangat terkenal di kalangan wisatawan.

Tidak hanya menikmati keindahan pantai di pulau Ishigaki saja, kamu juga bisa mencoba menjelajahi pulau-pulau lain di Kepulauan Yaeyama.

Nah, untuk bisa menikmati berbagai objek wisata menarik yang ada di ishigaki, transportasi menjadi informasi terpenting yang tidak boleh kamu lewatkan. Pulau Ishigaki memberikan beragam akses transportasi untuk menuju ke objek wisata baik itu dalam pulau maupun antar pulau. 

Ishigaki memberikan cukup banyak pilihan transportasi umum untuk mengelilingi Ishigaki. 

Bus

Image source : http://8yama.com/access/935.html 

Bus di Ishigaki merupakan salah satu transportasi umum terbaik untuk mengelilingi Ishigaki. Selain servis bus yang menghubungkan ke berbagai tujuan wisata dalam pulau, fasilitas bus yang bersih dan nyaman pun memberikan poin tersendiri. Memang kalau dilihat dari transportasi umum di Jepang, kebersihan dan kenyamanan di dalam transportasi umum merupakan suatu hal yang lumrah. Namun, kamu akan tetap terkejut mengingat Ishigaki yang cukup jauh dari pulau utama namun tetap memberikan servis terbaiknya dalam hal memuaskan para wisatawan.

Ada beberapa rute yang menjadi rute utama bus di Ishigaki, yaitu rute Bandara menuju Kabira, Kabira Line , Yonehara Camp Bus Line dan Hirano Bus Line. Detail dari jalur-jalur bus tersebut bisa kamu lihat di sini.

Selain itu, kalau kamu berencana untuk di Ishigaki dalam waktu yang cukup lama, kamu bisa mencoba menggunakan 5 Day Bus Pass! Dengan pass ini, kamu bisa menekan budgetmu cukup besar karena kamu bisa menggunakan pass ini selama 5 hari hanya dengan 2000 Yen! Pass ini bahkan meng-cover untuk jalur di bagian timur pulau seperti Hirakubo yang tidak di cover oleh pass 1000 Yen.

Ferry

Tidak hanya wisata di dalam pulau dan pusat kota, Ishigaki juga telah membuat pulau-pulau tetangganya, yaitu Pulau Taketomi, Kuroshima dan Kohama yang termasuk ke dalam Kepulauan Yaeyama ikut dibanjiri wisatawan. Mereka juga memberikan diskon khusus untuk tour di Kepulauan Yaeyama

3 pulau di atas memberikan day trips yang sangat menarik. Selain pemandangannya yang tidak kalah menakjubkan dengan Ishigaki, di sana kamu juga bisa mencoba pergi ke Iriomotejima yang memberikanmu suasana pantai yang masih sangat alami dan cantik dengan berbagai aktivitas seperti trekking, diving bahkan mencoba kayak.

Harganya untuk setiap tujuan berbeda tergantuk jarak yang ditempuh. Kamu bisa cek di website resmi Ishigaki untuk tahu harga dan bagaimana cara untuk mendapatkan diskon tersebut ya.

Taxi

Taxi dapat kamu temukan di bandara, hotel-hotel besar dan di sekitar terminal ferry. Namun kalau kamu ingin memesan taxi, kebanyakan dari mereka tidak bisa berbahasa Inggris jadi kamu mungkin harus minta bantuan kepada staff hotel untuk melakukan pemesanan.

Kamu bisa juga langsung menghentikan taxi yang lewat di jalan, tetapi mungkin taxi yang akan kamu temui bukanlah taxi dari perusahaan yang bisa dipercaya, terlebih apabila kamu menghentikan taxi di jalan-jalan kecil.

Sewa Mobil

Sewa mobil memang menjadi pilihan terbaik untuk berwisata keliling Ishigaki. Bagaimana tidak, dengan jadwal bus yang bisa dibilang cukup jarang, itinerary kamu bisa-bisa terancam apabila kamu ketinggalan jadwal bus yang kamu inginkan. Akhirnya mau tidak mau kamu harus menunggu lama untuk kedatangan bus yang berikutnya.

Untuk kamu yang ingin menghindari masalah di atas, memang menyewa mobil akan menjadi alternatif terbaik. Karena selain kamu bisa bepergian kemana saja dengan jadwal yang bisa kamu atur sesuka hati, jasa penyewaan mobil di sana bisa dibilang cukup terjangkau. Tarif mulai dari 3000 yen untuk sewa 12 jam.

Kalau kamu ingin memilih untuk menyewa mobil, sebaiknya kamu melakukan reservasi terlebih dahulu agar bisa memastikan ketersediaan mobil.

Sepeda

Kalau berjalan-jalan santai mungkin terlalu berat untukmu karena teriknya matahari, bersepeda akan menjadi pilihan terbaik untuk berkeliling santai di Ishigaki. Banyak hotel yang memberikan servis penyewaan sepeda dengan harga sekitar 500 yen per harinya. Kalau kamu ingin mengunjungi pulau lain, terdapat beberapa kapal ferry yang memperbolehkan untuk mengangkut sepeda dengan tambahan harga. 

Kerbau Air

Nah, ini dia wisata yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berada di Pulau Taketomi, yang jaraknya tidak jauh dari Pulau Ishigaki. Tour berkeliling di pulau Taketomi dengan menggunakan Kerbau Air telah menjadi pilihan transportasi populer apabila kamu berkunjung ke sana. Dalam sekali jalan, kerbau air ini bisa menarik pedati yang diisi hingga 16 orang!

Tetapi untuk mencoba tour ini kamu harus merogoh kocek yang lumayan dalam. Pasalnya untuk sekali jalan, harga yang dipatok adalah sekitar 1200 yen. Tetapi menikmati pemandangan Pulau Taketomi yang cantik diiringi oleh nyanyian khas Okinawa sambil bermain samisen oleh sang kusir akan memberikan pengalaman tersendiri yang sayang kalau kamu lewatkan.

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

http://his-travel.co.id/jepang

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia