People & Culture
Perhatikan 6 Hal Ini Saat Wisata ke Kamboja
2017-10-25 01:27:04
HIS Travel

Kamboja kini sudah populer di mata wisatawan asing, meskipun begitu Kamboja termasuk daerah yang masih memegang erat budaya, sopan santun, dan berbusana. Saat mengunjungi suatu daerah, penting untuk mengikuti peraturan dan budaya masyarakat setempat yang berlaku. Cambodian Pocket Guide menjelaskan hal-hal penting apa saja yang harus dilakukan saat wisata ke Kamboja. Berikut ulasannya!

1. Perhatikan Cara Berpakaian

Sumber gambar: www.cambodia-hotels.com
Apabila wisatawan ingin mengenakan celana pendek, tank top, bikini, dan kaus singlet upayakan hanya mengenakannya di wilayah pantai. Sementara ketika sudah memasuki wilayah perkotaan atau tempat lain yang bukan pantai, sebaiknya wisatawan mengenakan pakaian yang menutupi wilayah dada, pundak, pusar, dan paha hingga pusar. Banyaknya kuil dan tempat-tempat wisata yang juga sekaligus merupakan tempat ibadah seperti Angkor Wat menjadi alasan untuk memperhatikan tata krama berpakaian di Kamboja.

2. Lepaskan Alas Kaki

Sumber gambar: www.gulalives.co
Tidak jauh berbeda dengan di Indonesia, ketika masuk ke sebuah tempat, perkantoran, atau rumah kadang diharuskan untuk melepas alas kaki, di Kamboja pun demikian. Terutama saat masuk ke tempat ibadah. Ada tempat penyimpanan alas kaki khusus yang disediakan di teras rumah, biasanya beberapa hostel yang menggunakan rumah lokal menerapkan sistem ini. 

3. Pelajari Kalimat Penting dalam Bahasa Kamboja

Sumber gambar: www.cambodia-hotels.com
Saat traveling atau liburan ke manapun, wisatawan setidaknya harus mengetahui atau sedikitnya mempelajari kalimat penting negara tersebut agar bisa lebih memahami budaya masyarakat setempat dan mencari pengalaman baru, termasuk juga Kamboja. Wisatawan setidaknya bisa mengerti saat berbicara dengan petugas hotel tempat menginap, saat bicara pada penduduk lokal yang dikenal, hal tersebut agar memudahkan wisatawan saat berada di Kamboja. Pelajari bahasa Kamboja sebelum pergi atau melalui aplikasi bahasa di gadget. Mungkin wisatawan akan kesulitan mengucapkan bahasa Khmer, meskipun akan sedikit ditertawakan tapi penduduk Kamboja akan menghargai saat berani menggunakan bahasa mereka. Tujuan mempelajari bahasa Kamboja salah satunya untuk mempermudah urusan tawar-menawar saat belanja. Siapa tahu kamu bisa mendapat harga murah atau dessert gratis di restoran.

4. Perhatikan Gestur Tubuh

Sumber gambar: asiancorrespondent.com
Penduduk Khmer yang merupakan penduduk asli Kamboja begitu ramah. Ada gestur tubuh yang harus diperhatikan, gestur tersebut disebut Sompiah, yaitu bentuk sapaan salam khas dengan mengatupkan kedua tangan seraya tersenyum dan sedikit membungkukkan badan. Silahkan berikan balasan dengan mengatupkan kedua tangan lebih tinggi dan rendahkan pundak, hal tersebut untuk menunjukkan bahwa kamu menghormati keramahan mereka.

5. Hindari Mengkritik Orang Lokal

Sumber gambar: asiancorrespondent.com
Penduduk di Kamboja sangat menjunjung tinggi sopan santun, jadi apabila ingin menegur atau mengritik seseorang jika salah, jangan lakukan di depan publik meskipun mereka memang salah. Tersenyumlah pada mereka dan lakukan Sompiah.

6. Biasakan Pakai Kedua Tangan
Sama seperti di Indonesia, penggunaan tangan kiri sangat dihindari di Kamboja. Apabila kamu ingin memberikan sesuatu pada orang lokal, gunakan tangan kanan atau kedua tangan. Saat kamu menggunakan tangan kanan, letakkan tangan kiri dengan menyentuh pundak kanan bawah. Tata krama ini harus benar-benar diperhatikan terutama saat bertemu atau berhadapan dengan pemuka agama atau orang yang lebih tua.

Sebagai wisatawan yang ingin diterima saat traveling ke negara lain, cobalah untuk memahami tata krama dan kebiasaan penduduk setempat. Jangan sampai mendapat pengalaman buruk saat traveling ke sebuah negara, salah satunya Kamboja. Maka, perhatikan hal-hal di atas agar kamu mendapat pengalaman yang berharga saat traveling.

Nah, mulai tertarik untuk berkunjung ke Kamboja? Ada banyak referensi mengenai informasi wisata, one day tour, dan paket-paket wisata di H.I.S. Travel Indonesia. Kunjungi lebih banyak tempat-tempat wisata untuk dapatkan pengalaman yang lebih banyak.