Tips
Perbandingan Penggunaan Tokyo Metro Pass dengan PASMO
2018-02-07 13:12:18
HIS Travel

Tokyo merupakan kota besar yang menawarkan banyak tempat wisata yang menarik. Demi kemudahan dan kenyamanan para wisatawan, pemerintah kota Tokyo terus berupaya untuk memberikan berbagai fasilitas-fasilitas yang ada, terlebih dalam sektor transportasi. Selain itu, disediakan pula berbagai pass yang masing-masing jenisnya memiliki kelebihan tersendiri.

Salah satu yang paling diminati oleh wisatawan adalah Tokyo Metro Pass. Tokyo Metro Pass merupakan kartu pass yang memberikan akses untuk para penggunanya untuk dapat menggunakan transportasi Tokyo Metro dan Toei Subway sepuasnya dengan rute kemana saja di Tokyo dalam jangka waktu tertentu. Harganya sudah tentu sangat hemat di kantong. Selain itu, karena harganya yang sangat murah, pass ini hanya bisa dibeli oleh wisatawan mancanegara.

Hmmm.. semurah apa sih memangnya Tokyo Metro Pass ini?

Tokyo Metro Pass tersedia ke dalam 3 tipe, yaitu Pass 1 Hari (24 jam), Pass 2 Hari (48 jam) dan Pass 3 Hari (72 Jam) dengan harga per masing-masing tipe yaitu 800 yen, 1.200 yen dan 1.500 yen. Semakin Panjang durasi Pass yang kamu pilih, maka semakin banyak kamu bisa menekan biaya transpotasi selama di Tokyo. Murah bukan? Apalagi kalau mengingat harga tiket yang bisa mencapai 250 yen untuk satu kali perjalanan. Harga yang dikenakan untuk pass ini sangatlah murah.

Sistem pengaktifannya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu memasukkan kartumu ke dalam slot yang sudah disediakan di gerbang mesin pembaca kartu. Secara otomatis kartu akan membaca dan mencetak tanggal dan jam pertama kali kartu kamu gunakan.

Ingat, kartu ini tidak boleh hilang atau rusak selama masa penggunaan. Ketika akan masuk atau keluar stasiun, mesin pembaca yang digunakan untuk membaca kartu ini berbeda dengan mesin pembaca IC Card. Dan ketika kamu memasukkan kartu, mesin akan membaca data yang ada di kartu pass ini dengan cepat. Jadi kamu harus segera mengambil lagi kartumu, dan jangan meninggalkannya di mesin.

Selain menggunakan Tokyo Metro Pass, ada lagi nih, kartu yang biasanya menjadi pilihan untuk digunakan selama di Tokyo, yaitu PASMO dan SUICA. Berbeda dengan Tokyo Metro Pass, kedua jenis kartu ini merupakan karti IC Card, atau kartu yang digunakan untuk transaksi pengganti uang.

Baca juga Cara Mudah Menggunakan SUICA dan PASMO di sini.

Karena Tokyo Metro Pass hanya dapat digunakan untuk penggunakan kereta Tokyo Metro dan Toei Subway, kamu bisa menggunakan kartu ini untuk penggunaan kereta diluar jalur yang dicover oleh Tokyo Subway Pass. Misalnya untuk penggunaan kereta JR atau Jalur Yurikamome yang digunakan untuk menuju ke Odaiba.

Selain itu, kartu PASS dan SUICA ini tidak terbatas untuk penggunaan di Tokyo saja, lho. Kamu juga bisa menggunakannya untuk pembayaran tiket kereta di daerah luar Tokyo seperti di Kyoto dan Osaka. Namun tidak semua mesin pengisian ulang kartu bisa menerima kartu tersebut. Karena pada dasarnya, masing-masing daerah juga sudah menyediakan kartu IC Card nya masing-masing.

(image source : http://www.japan-guide.com/)

Kelebihannya dari kartu ini adalah, terkadang akan dikenakan harga khusus yang lebih murah daripada kamu membeli tiket satuan.

Kartu PASMO dan SUICA ini juga bisa berfungsi sebagai alat transaksi selain penggunaan kereta dan bus, lho. Kamu bisa menggunakannya untuk berbelanja di supermarket, mini market, ataupun di mall.

Pokoknya sangat praktis.

Nah, sudah tahu seperti apa perbedaan diantara kedua kartu tersebut, manakah yang menjadi pilihanmu?

H.I.S. Travel Indonesia kini menyediakan Tokyo Metro Pass dan kartu SUICA lho. Jangan lupa cek websitenya untuk mendapatkan informasi berbagai promo menarik dan produk untuk kemudahanmu berwisata ya..

Selamat berlibur…