Tips
Panduan Wisata ke Hokkaido
2017-11-27 11:08:12
HIS Travel

Memasuki musim dingin, wilayah bagian utara Jepang akan selalu menjadi destinasi yang populer, terutama Hokkaido. Hokkaido begitu ramai dikunjungi sekitar bulan Januari sampai Maret, di mana resor ski terkenal seperti Niseko selalu menjadi daya tarik bagi wisatawan asing yang ingin menikmati hamparan salju yang menakjubkan serta aktivitas musim dingin yang bisa dilakukan bersama keluarga, pasangan, atau teman-teman. Selain itu, onsen dan pemandangan alam yang indah juga menjadi nilai tambah bagi wisatawan yang datang ke Hokkaido.                                                                             

Sumber gambar: hokkaidolikers.com

Kota terbesar di Hokkaido adalah Sapporo, yang memiliki bandara terdekat Bandara New Chitose (CTS), tempat ini bisa menjadi destinasi utama di Pulau Hokkaido. Selain Sapporo, Hakodate juga kini menjadi kota yang selalu ramai dikunjungi wisatawan saat musim dingin.

Nah, bagaimana rute transit dari Bandara Haneda ke Hokkaido?

Wisatawan akan dimudahkan dengan adanya 11 bandara di Hokkaido, 9 di antaranya memiliki rute penerbangan langsung dari Bandara Haneda. Dalam satu hari ada 10 penerbangan dari Bandara Asahikawa, 8 dari Bandara Hakodate, 7 dari Bandara Obihiro, 6 dari Bandara Kushiro, dan 3 dari Bandara Memanbetsu (Kitami). Sedangkan dari Bandara Wakkanai, Monbetsu, Nemuro Nakashibetsu masing-masing terdapat 1 penerbangan.

Bandara New Chitose di Sapporo bida dikatakan sebagai bandara paling sibuk di Hokkaido, dalam satu hari ada lebih dari 50 pesawat yang datang di bandara ini. Jarak tempuh dari Bandara Haneda ke Bandara New Chitose memakan waktu selama 1 jam 30 menit dengan tarif sekitar IDR 800,000 - 4,000,000. 

Di Jepang terdapat beberapa maskapai dengan budget terbatas seperti Vanilla Air, Peach Air, Skymark, dan Jetstar Japan. Untuk rute Tokyo ke Sapporo bisa kamu dapatkan dengan harga tiket sekitar IDR 700,000 untuk penerbangan satu arah jika beli saat promo, harga tersebut belum termasuk biaya bagasi dan biaya lainnya. Peraturan bagasi penerbangan domestik di Jepang cukup ketat jadi kamu harus memperhatikan dengan teliti mengenai jumlah barang yang boleh dibawa ke dalam kabin dan berat barang di bagasi.

Untuk maskapai seperti ANA (Air Nippon Airways) saat ini menawarkan ANA Experience Japan Fare. Tiket penerbangan ini hanya bisa dibeli oleh wisatawan asing (bukan orang Jepang) yang biasanya diminta menunjukkan tiket pesawat Internasional (keluar dan masuk Jepang) dari maskapai mana pun. Harga tiket penerbangan ini sekitar IDR 1,200,000 untuk penerbangan satu arah dengan rute apa pun yang dilayani oleh ANA. Jadi kamu bisa berangkat dari Osaka, Fukuoka, bahkan Okinawa ke Sapporo dengan tarif yang sama. Tentu saja tarif ANA sudah termasuk bagasi dan pelayanan makanan. Sangat memudahkan bagi wisatawan yang ingin melakukan perjalanan ke Hokkaido bukan?

Selain penerbangan domestik, ada juga layanan penerbangan internasional dari berbagai negara di Bandara New Chitose. Bandara ini menempati urutan ketiga sebagai bandara dengan jumlah kedatangan penumpang terbanyak di Jepang setelah Bandara Haneda dan Narita. Selain itu, di sini dibuat fasilitas-fasilitas menarik, seperti shopping mall dan pemandian air panas bagi penumpang agar tidak bosan menunggu jadwal penerbangannya di bandara.

Dari Bandara New Chitose juga ada penerbangan ke bandara Hakodate, Kushiro, Memanbetsu, Wakkanai dan Nakashibetsu, sehingga jika ingin pergi ke berbagai tempat di Hokkaido, cara ini juga praktis. Selain itu, saat ini juga dikembangkan transportasi bus Bandara dari New Chitose ke Kota Sapporo yang memakan waktu sekitar 50-90 menit (biaya sekitar IDR 200,000). Transportasi paling cepat adalah naik kereta express JR yang memakan waktu 37 menit saja (biaya sekitar 200,000).

Kemudahan akses bandara dari Bandara Haneda ke Hokkaido menjadikan wisatawan tidak perlu khawatir mengenai akses menuju Hokkaido yang begitu mudah. Ada banyak tempat yang bisa dikunjungi di Hokkaido, jadi bagi kamu yang ingin menikmati Hokkaido lebih menyeluruh, kamu bisa menyusun jadwal perjalanan hanya di Hokkaido saja tanpa harus ke Kyoto, Osaka, dan lainnya.

Kota-kota yang menjadi sasaran turis di segala musim terutama adalah Sapporo, Otaru, dan Hakodate. Sedangkan Furano terkenal dengan ladang bunga lavender dan bunga matahari bisa dikunjungi di musim panas. Hotspring paling terkenal ada di Noboribetsu, beberapa jam perjalanan kereta dari Sapporo. Cari tahu lebih banyak keindahan musim dingin di Jepang bersama H.I.S. Travel Indonesia, selain informasi-informasi tentang Jepang bisa kamu dapatkan dengan mudah, tiket ke Jepang murah dan tour-tour dengan harga terjangkau lainnya bisa kamu temukan.