Tips
Penting! Panduan Untuk Wisatawan Muslim Di Jepang
2018-03-17 13:36:02
HIS Travel

Berwisata ke Jepang memang menyenangkan. Namun tentunya, kesenangan tersebut jangan sampai membuat Anda melanggar aturan yang ada di dalam agama Islam, terlebih bila Anda merupakan pemeluk dari agama yang membawa rahmat untuk semesta alam ini.

Untuk itu, Anda tentu memerlukan Panduan Untuk Wisatawan Muslim di Jepang bukan? Tenang saja, kami sudah mempersiapkannya secara spesial untuk Anda. Penasaran dengan apa saja sih Panduan Untuk  Wisatawan Muslim di Jepang? Yuk kita baca artikel tentang Panduan Untuk Wisatawan Muslim di Jepang yang sudah H.I.S Travel Indonesia rangkumkan. Selamat menyimak ya!

 

1. Tips Mencari Makanan Halal Ala Panduan Untuk Wisatawan Muslim Di Jepang Dari H.I.S Travel Indonesia


Image source : https://japanesestation.com/

Makanannya halal gak ya? Kalimat atau pemikiran tersebut pasti selalu tertancap di pikiran wisatawan muslim ketika berlibur ke Jepang. Tenang saja! penulis mengerti kegelisahan wisatawan muslim tentang makanan halal kok!

Namun sebelum berpanjang lebar, saat ini beberapa restoran di Jepang menjuluki restorannya dengan sebutan “makanan halal”, namun ada kemungkinan restoran masih menggabungkan piring dan peralatan makan dengan makanan non-halal di dapur.

Panduan pertama Untuk Wisatawan Muslim di Jepang dari H.I.S Travel Indonesia adalah siapkan tisu basah untuk mengelap peralatan makan yang Anda terima. Tujuannya adalah untuk menjaga kehalalan makanan sehingga Anda nyaman menikmati hidangan.  

 


Image source : http://bonvoyagejapan.com/

Restoran halal di Jepang tersedia di beberapa kota besar seperti Tokyo, Osaka, Sapporo, Bandara Tokyo Narita atau Haneda dan juga beberapa hotel besar. Jika berada di hotel, catat keinginan Anda akan makanan halal ketika memesan agar pihak hotel dapat menyiapkannya.

Namun jika Anda makan di luar hotel sambil menikmati Jepang, maka H.I.S Travel Indonesia menyarankan Anda untuk pergi ke restoran – restoran Mesir, Indonesia, Iran, Indonesia, Malaysia, Maroko, Pakistan, dan Turki agar terjamin kehalalannya.

Jika wisatawan berkunjung ke kota – kota kecil atau pedesaan, mungkin wisatawan akan lebih kesulitan mendapatkan makanan halal. Atasi masalah tersebut dengan membeli bahan – bahan makanan di supermarket lalu siapkan makanan serta peralatannya sendiri.

Anda masih ragu dengan kehalalan makanan yang akan Anda konsumsi? Tak perlu cemas! Kini sudah ada loh website yang menyediakan informasi terkait makanan serta restoran halal! Penasaran? Cek langsung yuk disini.

 

2. Mencari Masjid Dan Musholah? Mudah! Praktikan Panduan Untuk Wisatawan Muslim Di Jepang Berikut Ini Yuk!


Image source : http://jpninfo.com/

Meskipun sedang liburan, bagi wisatawan muslim jangan sampai melalaikan kewajiban sholat, ya! Tak perlu cemas kesulitan mencari masjid dan mushola di Jepang karena sudah banyak tersedia di bandara, hotel, dan fasilitas publik.

Bahkan mushola di Bandara Narita, Haneda, dan Kansai menyediakan fasilitas berupa kamar mandi khusus wudhu, mukena, sarung, sajadah, dan Al-Qur’an. Lengkap banget, ya!

Wisatawan juga bisa sholat di masjid kota – kota besar seperti Masjid Kobe dan Masjid Camii di Tokyo. Kebingungan cari masjid lain? Tidak usah khawatir, ada situs yang memuat alamat-alamat masjid di Jepang. Para wisatawan muslim bisa lihat di sini.  

 

3. Ingin Sholat Di Penginapan Saja? Wajib Tau Dong Arah Kiblat Di Jepang! Agar Makin Sah Sholatnya!


Image source : https://www.androidout.co.id/

Boleh saja sholat di penginapan, asal jangan lupa cek arah kiblat, ya! Catat Panduan Untuk Wisatawan Muslim di Jepang dari H.I.S Travel tentang arah kiblat di beberapa kota besar: Sapporo 293,3º,  Osaka 290,84 º, Yokohama 293,01 º, Tokyo 293,02 º, Kyoto 290,95 º,  Sendai 293,50 º , Fukuoka dan area Nagasaki 288,39 º.

Supaya lebih akurat, H.I.S Travel menyarankan Anda untuk menggunakan aplikasi kompas di handphone sehingga hilang, deh segala keraguan!

 

4. Jangan Hanya Tahu Tentang Arah Kiblatnya Saja! Pahami Juga Waktu Sholat Di Jepang!


Image source : https://www.infojepang.net/

Kalau sudah tahu arah kiblat, maka wisatawan juga harus paham waktu sholat di Jepang supaya tak ketinggalan. Para turis harus mengetahui waktu sholat sesuai dengan musim di Jepang. Ingat ya traveler, Jepang sebagai negara 4 musim memiliki perbedaan waktu sholat di tiap musim, biasanya antara 30-50 menit tergantung daerah dan lokasi.

Ada Panduan Untuk Wisatawan Muslim di Jepang bagi yang ingin sholat, yaitu pengunjung bisa meminta jadwal sholat ketika berkunjung ke masjid di Jepang. Kalau mau lebih gampang, wisatawan mengunduh aplikasi jadwal sholat di handphone.

 

5. Untuk Yang Tercinta, Pastikan Anda Membeli Oleh-oleh Halal Ya! Berikut Panduan Untuk Wisatawan Muslim Di Jepang Dalam Mencari Buah Tangan


Image source : http://www.tenkai-japan.com/

Oleh – oleh memang hal yang ditunggu orang tercinta karena barang tersebut akan menjadi kenang- kenangan baginya, meskipun orang terkasih tak ikut liburan. Menemukan oleh – oleh halal di Jepang tak sesulit dulu. Saat ini wisatawan mudah mencari dan mendapatkannya di stand atau tempat belanja Jepang.  Banyak stand atau pusat perbelanjaan menyediakan oleh – oleh halal bagi turis muslim.

 


Image source : https://prtimes.jp/

Salah satu pusat perbelanjaan yang menyediakan buah tangan halal adalah LAOX Shinjuku yang tempatnya mudah diakses turis karena dekat stasiun Shinjuku, Tokyo. Di sana turis bisa menemukan oleh oleh halal khas Jepang di pojok “Muslim Welcome”. Toko tersebut juga menyediakan tempat ibadah terpisah bagi laki – laki dan perempuan.

 


Image source : https://matcha-jp.com/

Toko halal yang lainnya ada di Asakusa, yakni Don Quijote Asakusa. Lokasi toko berada di tengah pusat perbelanjaan dekat kuil Sensoji. Toko ini menyediakan pojok halal dengan sebutan NPNA (Non Pork and Non Alcohol). Barang-barang halal yang dijual antara lain ramen Jepang, matcha, dan bungkusan makanan lainnya.

Oke, artikel mengenai Panduan Untuk Wisatawan Muslim di Jepang cukup sampai di sini. H.I.S Travel Indonesia sudah merangkum panduannya maka tak ada alasan lagi untuk melewatkan ibadah serta batasnya, ya traveler! Catat baik – baik tips yang sudah H.I.S Travel Indonesia rangkum di kesempatan kali ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

 

Top image source : https://www.japantimes.co.jp/