Tips
Panduan 5 Rute Utama dengan Tokyo Metro Pass
2017-08-07 12:05:25
HIS Travel

Tokyo merupakan ibukota Jepang, kota metropolitan dengan rute transportasi yang tidak sederhana dan sangat padat. Kebanyakan wisatawan akan merasa bingung saat melihat pertama kali rute-rute di kota Tokyo, tetapi sarana transportasi yang baik mulai dari bus, kereta, dan subway akan memudahkan wisatawan meskipun baru pertama kali datang ke Tokyo.

Image source: tokyometro.jp

Ada berbagai pilihan bagi wisatawan untuk berkeliling kota Tokyo, salah satunya adalah Tokyo Metro Pass, bagi wisatawan dengan budget pas-pasan Tokyo Metro Pass bisa menjadi solusi terbaik. Dengan harga 600 yen wisatawan bisa menggunakan seluruh jalur Metro, yaitu Subway yang terdiri dari sembilan jalur dengan simbol warna yang berbeda. Nah, ini juga menjadi kemudahan bagi wisatawan dalam membaca rute transportasi di Tokyo. Jalur-jalur yang bisa dijangkau Tokyo Metro Pass meliputi keseluruhan tempat-tempat wisata populer di Tokyo, jadi akan sangat membantu untuk wisatawan berkeliling kota Tokyo seharian hanya dengan satu tiket unlimited.

Cara pembeliannya sangat mudah, mesin-mesin tiket di setiap stasiun dengan layanan bahasa Inggris menyediakan tiket One Day Pass yang bisa dibeli dengan mudah oleh wisatawan, terutama wisatawan yang sama sekali tidak bisa membaca tulisan kanji. Tiket yang sudah dibeli bisa langsung digunakan untuk masuk ke dalam peron melalui pintu otomatis. Caranya dengan memasukkan tiket ke mesin di pintu otomatis, kemudian tunggu tiket di sisi ujungnya, tiket yang sudah keluar ditandai dengan lubang di ujungnya. Jangan sampai lupa untuk mengambilnya lagi karena tiket yang sama akan digunakan kembali untuk perjalanan selama seharian hingga pukul 24.00. 

Saatnya berkeliling Tokyo dengan tiket yang sudah dibeli. Pertama-tama, pilih lokasi keberangkatan terdekat, kemudian pilih salah satu tujuan wisata di kota Tokyo. Berikut ini panduan 5 rute utama bagi wisatawan yang ingin jalan-jalan di pusat kota Tokyo!

Image source: tokyometro.jp

1. Yamanote Line (Hijau)
Line membentuk lingkaran yang menghubungkan seluruh pusat kota Tokyo yang utama.

2. Keihin-Tohoku Line (Biru)
Jalur sejajar dengan Yamanote Line yang membentuk lingkaran di sebelah timur.

3. Chuo/Sobu Line (Lokal)
Jalur yang melintasi Yamanote Line (Jalur layanan lambat)

4. Chuo Line (Rapid)
Jalur yang melintasi Yamanote Line (Jalur cepat). Menghubungkan Stasiun Tokyo dan Stasiun Shinjuku.

5. Saikyo Line
Jalur yang sejajar dengan Yamanote Line terletak di sebelah barat. Dari Stasiun Osaki, beberapa kereta akan beroperasi di sepanjang jalur Rinkai menuju Odaiba.

Berikut adalah jalur-jalur Tokyo Metro Pass yang bisa dijadikan panduan bagi wisatawan yang akan jalan-jalan di kota Tokyo. Pembelian Tokyo Metro Pass bisa dilakukan saat wisatawan masih berada di Indonesia. H.I.S. Travel Indonesia menyediakan tiket Tokyo Metro Pass serta kebutuhan wisata lainnya.

Image source: Japan Guide