Jepang
oleh oleh unik "daruma" dan sejarahnya
2018-05-01 09:17:16
HIS Travel

Kembali lagi bersama HIS Travel Indonesia, kali ini kami akan memberikan kepada kalian semua sebuah infromasi penting mengenai negara Jepang. Sehingga kalian yang akan berkunjung ke Jepang bisa sedikit banyak mengetahui informasi tentang Jepang. Kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada kalian mengenai oleh oleh unik "daruma" dan sejarahnya. Sehingga kalian tahu lebih jelas lagi mengenai boneka daruma khas Jepang ya. Kalian juga bisa menjadikan bonek ini sebagai oleh-oleh juga ya. Tidak usah berlama-lama, berikut ini adalah beberapa informasi yang bisa kami bagikan :

Sejarah boneka daruma

Hasil gambar untuk daruma doll

image source : Wasabi - Japanese Culture Media

Kali ini kami akan memberitahu kalian mengenai daruma. Mungkin kalian semua sudah tahu boneka daruma, namun ada beberapa orang juga yang belum mengetahui boneka yang satu ini. Boneka daruma adalah salah satu boneka yang paling terkenal dan populer di Jepang. Tidak usah berlama-lama, kami akan menginfromasikan kepada kalian semua mengenai sejarah awal munculnya boneka khas Jepang ini.

Pada abad ke-5, bapak dari buddhisme Xen yang bernama Daruma itu baru saja sadar jika selama 9 tahun ia telah duduk di kursi yang sama dan menghadap ke arah dinding. Kebiasaan daruma itu akhirnya diturunkan turun temurun ke generasi. Cara penyebarannya adalah diajarkan oleh para pekerja magang ke generasi selanjutnya. Yang awalnya dari China lalu menyebar ke Jepang.

Seorang penulis buku Omucha, Josef Kyburz mengatakan jika pembuat boneka Daruma yaitu Daruma sendiri menciptakan atau menggambarkan sesuatu sebagai media yang bisa menangkal kecelakan dan juga kemalangan. Ia menggambar sebuah pesona baru yang diharapkan bisa menghadirkan kebahagiaan dan kemakmuran. Diyakini oleh masyarakat Jepang, jika daruma muncul setelah itu. Banyak juga masyarakat yang mempercayai jika Daruma ini muncul setelah pendeta kesembilan Togaku menjawab permintaan dari para umat yang membutuhkan media pada saat tahun baru untuk mendapatkan kemakmuran dan juga kesejahteraan. Pada abad ke-18 seorang bernama Yamagata Goro membuat atau mengukir boneka Daruma yang pertama. Yamagata Goro membuat ukiran tersebut dan mendapatkan petunjuk cetakan Daruma tersebut dari pendeta Togaku. Pendeta Togaku meletakkan catatan tentang boneka Daruma di sebuah kertas Jepang dan digunakan oleh Yamagata Goro.

Sejak saat itu, boneka Daruma yang ada di Jepang diproduksi secara masal karena banykanya permintaan di Jepang. Banyak orang yang menjadikan Daruma sebagai jimat kepercayaan untuk kesuksesan, rejeki, kemakmuran, dan juga bisa menjadi penangkal kesialan. Bahkan hingga saat ini, boneka asli Jepang itu mendapatkan banyak perhatian dari wisatawan maupun warga lokal dan sangat populer di Jepang sendiri.

Festival Daruma yang harus kalian kunjungi

Hasil gambar untuk daruma doll

image source : Japan Bullet

Setelah mengetahui oleh oleh unik "daruma" dan sejarahnya. Sekarang kita akan mengajak kalian semua untuk mengetahui satu hal lainnya mengenai boneka Daruma. Karena saking populer dan terkenalnya di Jepang, sampai diadakan festival Daruma setiap tahunnya. Di Jepang sendiri setiap tahun selalu diadakan festival Daruma Doll tahunan atau yang sering disebut sebagai daruma-ichi. Festival meriahini diadakan untuk memperingati keberadaan boneka Daruma yang dipercaya menjadi pembawa keberuntungan, rejeki, dan juga bisa menolak segala malapetaka. Festival Daruma Doll ini diadakan di Takasaki, Prefektur Gunma. Festival ini adalah perayaan  ulang tahun Daruma yang dilaksanakan di tempat pembuatan pertama Boneka Daruma.

Jika kalian ingin pergi ke festival yang satu ini maka jauh-jauh hari segera merencanakannya ya. Menurut pejabat Takasaki, tiap tahunnya ketika festival ini diadakan maka kota ini menjadi sangat ramai dan penuh sesak. Karena lebih dari 400.000 orang hadir untuk melihat festival yang diadakan untuk memperingati boneka Daruma ini. Selain itu banyak orang yang membeli boneka Daruma di festival ang satu ini. Alasannya adalah karena kota Takasaki adalah produsen terbesar di Jepang yang membuat boneka daruma. Di festival ini kita tidak hanya bisa melihat dan membeli berbagai jenis boneka Daruma saja ya. Ada juga pembacaan 24 jam sutra yang dilakukan oleh para Bhiksu Shorinzan dengan tujuan untuk mendoakan perdamaian dunia.

Membeli Daruma Doll sebagai oleh-oleh

Gambar terkait

image source : matcha-jp.com

Jika kalian akan pergi ke Jepang maka kami sarankan agar kalian mampir ke kota Takasaki di Prefektur Guma Jepang. Karena disana banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Selain itu kamu juga bisa mengikuit festival Daruma yang diadakan setiap tahunnya ya. Selain itu kamu mungkin juga bisa melihat bagaimana pembuatan Daruma dan juga membeli berbagai macam jenis model dan warna boneka Daruma disana.

Jika kalian ingin memberikan souvenir atau oleh-oleh kepada para kerabat setelah berpergian dari Jepang maka dan mungkin masih bingung ingin memberikan hadiah atau oleh-oleh apa maka kami sarankan agar kalian memberikan Daruma saja ya. Di Toyo atau kota yang lainnya sebenarnya banyak dijual boneka ini. Namun jika ingin mendapatkan hargaa yang murah dan model yang lengkap kalian bisa langsung datang ke kota Takasaki ya.

Itulah beberapa infromasi yang bisa kami sampaikan kepada kalian mengenai oleh oleh unik "daruma" dan sejarahnya. Jika ingin membeli boneka Daruma di Jepang maka kalian bisa mengkuti paket travel ke Jepang dari HIS Travel Indonesia ya. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bermanfaat bagi kalian semuanya ya! Segera cek website kalian untuk mendapatkan berbagai macam paket diskon untuk penerbangan ke Jepang ya!