Tips
6 Oleh-Oleh Khas Turkey yang Wajib Dibeli!
2018-02-17 05:19:51
HIS Travel

Turkey adalah salah satu negara yang sedang ramai dikunjungi sebagai tempat wisata. Negara yang berada di Eropa ini menjadi ramai dikunjungi karena memang memiliki beberapa destinasi wisata yang indah. Jika kalian mau berwisata ke Turkey tentu saja harus memikirkan beberapa oleh-oleh bukan? Karena ketika pergi ke sebuah tempat tentu saja harus membeli oleh-oleh untuk keluarga dan juga kerabat. Jika Kalian ingin pergi ke Turkey dan masih belum tahu apa saja yang akan Kalian beli maka kami akan menunjukkanya kepada Kalian beberapa referensi oleh-oleh yang bisa kita beli di Turkey. Apa saja? Berikut adalah oleh-oleh khas Turkey yang wajid dibeli!

1. Turkish Delight

Hasil gambar untuk turkish delight

image source : https://www.stayathomemum.com.au

Oleh-oleh pertama yang bisa kita bawa dari Turki bernama Turkish Delight. Jika Kalian berkunjung ke Turki maka wajib untuk membeli ini sebagai oleh-oleh, Turkish Delight adalah makanan manis yang sangat digemari oleh warga asli Turki. Manisan yang di negara asalnya disebut juga dengan Lokum ini dijual dalam berbagai varian rasa dimana kita bisa mencoba semuanya ya. Rasa yang sering dijadikan sebagai perasa dalam Tukrish Delight atau Lokum ini adalah rasa lemon, kacang, kayu manis, mint, dan rasa mawar. Selain itu Turkish Delight atau lokum ini biasanya akan ditaburi atau dilapisi dengan tepung gula atau tepung kelapa sehingga tidak lengket satu sama lain. Harganya cukup terjangkau ya jadi gak perlu takut kantong akan jebol.

2. Minyak zaitun

Hasil gambar untuk olive oil

image source : www.businessinsider.com

Siapa sih yang tidak mengenal minyak zaitun? Minyak zaitun adalah salah satu olahan dari buah zaitun yang sangat bermanfaat bagi manusia. Mulai untuk kecantikan sampai kesehatan sekali pun. Minyak zaitun ini mengandung kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga bagus untuk kulit dan juga kesehatan kita. Jika kalian akan berlibur ke Turki maka jangan lupa untuk memasukkan minyak zaitun ke dalam list belanja oleh-oleh kalian! Karena Turki merupakan salah satu negara pemasok minyak zaitun terbesar di dunia kita akan mendapatkan minyak zaitun dengan kualitas yang sangat baik. Selain itu ada juga olahan dari minyak zaitun yang bisa kita beli seperti misalnya krim untuk tangan, wajah, sabun, hingga vitamin atau pelembab rambut. Harganya dijual mulai dari 50 ribuan jika dirupiahkan. So, beli minyak zaitun sebagai oleh-oleh dari Turki!

3. Peci merah

Gambar terkait

image source : http://www.50plusser.nl

Satu lagi yang tidak boleh kita tinggalkan jika ingin membeli oleh-oleh dari Turki yaitu Peci merah unik yang memiliki tali hitam di tengahnya. Peci warna merah ini adalah warisan khas Yunani Kuni yang juga disebut sebagai Fez oleh masyarakat setempat. Walau menjadi warisan budaya, peci merah ini dijual secara umum dan bisa kita pilih sebagai oleh-oleh ya. Bisa kita temukan dengan mudah di kios penjual souvenir yang ada di Turkey. Selain itu ada 2 jenis yang bisa kita pilih, yang memiliki tali dan juga yang tidak memiliki tali. Bisa memilih sesuai selera saja ya!

4. Gantungan kunci

Hasil gambar untuk gantungan kunci turki

image source : http://dolphinantik.blogspot.com

Salah satu oleh-oleh dari berbagai negara yang harganya cukup murah dan terjangkau adalah gantungan kunci. Jika kamu pergi ke Turkey, tidak ada salahnya juga untuk membeli gantungan kunci khas Turkey karena memiliki harga yang sangat terjangkau dan bisa menjadi oleh-oleh. Gantungan kunci ini bisa menjadi kenang-kenangan jika kamu pernah berkunjung ke negara ini, salah satu model gantungan kunci yang terkenal adalah gantungan kunci berbentuk lingkaran yang mana ada tulisan dan ukiran khas Turkey. Karena harganaya yang sangat terjangkau maka kita bisa membeli beberapa sekaligus, di Turkey sendiri gantungan ini dijual mulai dari harga 3 ribu rupiah saja kalau dirupiahkan!

5. Magnet Kulkas

Hasil gambar untuk magnet kulkas turki

image source : https://www.tokopedia.com

Oleh-oleh kelima yang bisa kita beli di Turkey adalah magnet kulkas. Jika Kalian adalah salah satu orang yang suka mengkoleksi magnet kulkas maka Kalian harus membeli magnet kulkas ketika berkunjung ke Turkey. Market Turkey ini memiliki banyak sekali bentuk dan juga jenis yang unik dan lucu. Selain itu kita bisa tenang karena harganya tidaklah terlalu mahal sehingga tidak sampai menghabiskan uang di kantong kita. Kalian bisa membeli berbagai macam jenis magnet kulkas untuk ditempel di kulkas Kalian. Kalian juga bisa membawa magnet kulkas sebagai oleh-oleh untuk kerabat Kalian.

6. Nazar Bonjuk

Hasil gambar untuk nazar boncuk

image source : http://superyachtturkey.expert

Oleh-oleh keenam yang bisa Kalian pilih sebagai oleh-oleh dari Turkey bernama Nazar Bonjuk. Nazar Bonjuk atau yang sering disebut sebagai Turkish Blue Eyes ini adalah salah satu souvenir atau cinderamata yang tidak boleh kalian lewatkan. Nazar Bonjuk ini merupakan hiasan yang sering dijadikan sebagai gantungan di rumah atau di pohonyang ada di depan rumah, warga lokal mempercayai jika gantungan berwarna biru cantik yang hampir berbentuk seperti mata ini dipercaya menjadi tolak bala atau sebagai media penolak kesialan untuk masyarakat. Selain itu ada juga warga yang menggunakan Nazar Bonjuk ini sebagai hiasan untuk mempercantik perhiasan atau mungkin dijadikan sebagai tasbih. Ada juga yang dijadikan sebagai gantungan kunci, kalian tidak perlu khawatir dengan harganya karena harga dari Nazar Bonjuk ini sangatlah terjangkau.

Nah sekarang sudah tahu kan apa saja oleh-oleh khas Turkey yang bisa kita beli ketika berlibur ke Turkey. Jika kalian ingin mendapatkan liburan yang terjangkau dan berkualitas maka bisa melihat berbagai paket liburan ke luar negeri di H.I.S Travel Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Kalian semua!