Food
Liburan Ke Hokkaido? Jangan Lupa Beli Oleh-oleh Khas Hokkaido Ini Ya!
2017-10-26 15:28:35
HIS Travel

Saat mendengar kata “Hokkaido”, apa yang terbersit di dalam benak Anda? Kebun bunga warna-warni kah? Pemandian air panas yang menakjubkan kah? Hasil laut segar yang melimpah kah? Oleh-oleh khas Hokkaido kah? Atau, musim dinginnya yang sangat dingin? Bila iya, Anda sudah tepat karena Hokkaido memang identik dengan semua hal tersebut.

Hokkaido merupakan salah satu pulau utama yang terbesar di Jepang. Pulau ini terletak di bagian paling utara Jepang. Dengan area seluas 1.148.000 hektar. Luas tersebut bahkan membuat Hokkaido memiliki luas area satu per empat bagian dari wilayah Jepang secara keseluruhan. Selain itu, Hokkaido jugalah nama prefektur yang terdiri dari 14 subperfektur.

Ada banyak lokasi wisata yang membuat wisatawan tertarik untuk mengunjungi Hokkaido. Beberapa diantaranya, yaitu taman bunga Furano, danau biru Aoi Ike, gunung Hakodate, Daisetsuzan National Park, dan banyak lainnya. Maka tak aneh bila wisatawan Hokkaido terdiri atas wisatawan mancanegara serta wisatawan domestik.

Pergi liburan tanpa membawa oleh-oleh khas Hokkaido saat kembali ke Indonesia? Duh! Sepertinya akan terasa ada yang kurang ya? Tapi sebelum nanti Anda membeli oleh-oleh khas Hokkaido saat hendak pulang dari sana, kenalan dulu yuk dengan beberapa oleh-oleh khas Hokkaido lewat artikel yang sudah disusun oleh tim H.I.S Travel Indonesia berikut ini. Selamat menyimak ya!

 

1. Keripik kentang Merupakan Salah Satu Oleh-Oleh Khas Hokkaido Yang Cukup Populer. Citarasanya Enak Sih!


Image source : http://lemongreenteaph.blogspot.co.id/

Anda sudah pernah dengar keripik kentang (potato chip) kemasan dengan merek Jack n Jill Calbee? Atau mungkin stik kentang Jagabee? Nah, produk tadi adalah beberapa makan ringan berbahan dasar kentang, yang memakai bahan kentang yang asli dari daerah Hokkaido.

Pada tahun 2016, kawasan di Hokkaido pernah dilanda angin topan yang menyebabkan tanaman kentang di sana banyak yang rusak. Tapi, Calbee Inc, tidak lantas menggunakan kentang impor sebagai bahan baku produksi mereka. Tentunya ini dilakukan demi menjaga kualitas produk.

Sudah tau kan gambaran tentang lezatnya kripik kentang yang menjadi salah satu oleh-oleh khas Hokkaido ini? Kalau begitu, Snack ini harus Anda masukan ke dalam daftar barang belanjaan Anda saat melancong ke negri sakura nanti. Harganya terjangkau!

 

2. Shiroi Koibito, Kue Coklat Yang Merupakan Salah Satu Oleh-Oleh Khas Hokkaido. Wajib Anda Beli Nih!


Image source : http://www.shiroikoibitopark.jp/

Oleh-oleh khas Hokkaido selanjutnya adalah kue cokelat Shiroi Koibito. Kue yang satu ini berwujud kepingan cokelat yang dibalut dengan lapisan sejenis kue kering semisal kue lidah kucing, dengan rasa butter. Cokelat yang langsung diproduksi di Hokkaido ini masuk ke dalam list snack populer khas Hokkaido. Jadi, bila Anda tidak membeli snack ini untuk oleh-oleh, pasti akan merasa rugi!

Penasaran dengan cara membuat kue ini? Mendaftar ke program membuat kue cokelat Shiroi Koibito di pabriknya langsung yuk! Pengunjung akan dikenakan biaya sebesar 600 yen yang yang mencakup biaya tur keliling pabrik beserta kursus singkat untuk membuat kuenya. Shiroi Koibito bisa Anda bawa pulang dengan harga 576 yen per 1 kotak, dengan isi sekitar 9 buah.

 

3. Pecinta Biskuit? Beli Saja Marusei Butter Sandwich! Cocok Untuk Teman Minum Teh Loh!


Image source : http://uu-hokkaido.com/

Jika Anda pecinta biskuit, rasanya kurang lengkap kalau belum membawa pulang Marusei Butter Sandwich. Marusei Butter Sandwich adalah oleh-oleh khas Hokkaido yang berupa biscuit krim sandwich yang diisi dengan cokelat putih, butter dan kismis yang dibuat dari 100% susu murni khas Hokkaido.

Karena lezatnya rasa biscuit ini, sampai-sampai Marusei Butter Sandwich menjadi biscuit yang best-selling dan paling banyak dicari oleh wisatawan saat sedang melancong ke Hokkaido. Marusei ini beragam harganya tergantung dari banyaknya isi dalam 1 kotak. Untuk 1 kotak Marusei berisi 10 buah dihargai 1.300 yen.

 

4. Melon yubari, Buah Khas Hokkaido Kebanggaan Negri Sakura


Image source : https://www.livestrong.com/

Pernah dengar tentang Melon Yubari? Melon ini adalah melon andalan Hokkaido yang juga menjadi buah yang mewakili Jepang. Melon ini identik dengan daging buahnya yang berwarna oranye dan teksturnya yang lembut. Aromanya yang harum dan rasa manis yang pas membuat buah yang satu ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Hokkaido.

Melon Yubari memiliki harga yang bervariasi, ada yang perbuahnya dibanderol 10.000 yen, bahkan ada yang sampai 300.000 yen ber buahnya. Penasaran ingin mencoba? Tenang! beberapa toko disana menjual melon ini dengan harga mulai 500 yen per potong.

 

5. Double Fromage, Cheesecake Spesial Asal Hokkaido. Nikmatnya Ngangenin!


Image source : https://matcha-jp.com/

Pecinta keju rasanya sayang kalau melewatkan kue yang satu ini. Double Fromage merupakan cheesecake spesial asal kota Otaru, Hokkaido yang diproduksi oleh toko LeTAO. Ia terdiri dari 2 lapisan, dan menggunakan keju langka bernama mousse yang tidak dibakar (no baked cheesecake).

Selain keju mousse, digunakan pula keju lain yang dibakar (baked cheesecake) sehingga perpaduan kedua keju tadi menghasilkan cita rasa yang unik. Penasaran? Double Fromage ini bisa Anda dapatkan dengan harga 1.728 yen.

 

6. Ingin Sesuatu Yang Beda? Berikan Kotak Musik Khas Hokkaido Saja!


Image source : http://m.digitaljournal.com/

Nah, kalau dari nomer 1 sampai 5 sudah bahas jenis-jenis makanan, di nomer 6 ini ada cinderamata khas Otaru yang bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh. Cinderamata yang paling terkenal adalah kotak musik dengan desain yang unik.

Berawal dari beberapa orang kaya yang pulang dari Inggris dengan membawa kotak musik sebagai buah tangannya, masyarakat Otaru pun akhirnya banyak yang menjadi pengrajin kotak musik. Kotak musik ini berasal dari material dengan kualitas yang baik dan musiknya pun berasal dari lagu-lagu jepang modern. Harga kotak musik khas Otaru mulai dari 1.000 yen. Masih mampu terjangkau untuk kantong orang Indonesia kok!

 

Oke, itulah tadi 6 Oleh-oleh khas Hokkaido yang H.I.S Travel Indonesia rekomendasikan. Dari yang kami sebutkan tadi di atas, mana saja oleh-oleh yang ingin Anda beli dan bawa pulang ke Indonesia? Yang manapun pilihan Anda, usahakan agar buah tangan tersebut disukai oleh si penerima ya!

Baik, cukup sekian dulu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya ya!