Food
Berwisata Ke Vietnam? Intip List Oleh-oleh Dari Vietnam Berikut Yuk! Pasti Suka!
2018-01-16 16:15:30
HIS Travel

Pergi liburan tanpa membawa oleh-oleh dari Vietnam saat kembali ke Indonesia? Duh, rasanya ada yang kurang ya! Oleh-oleh dan liburan layaknya dua sisi koin yang tidak pernah terpisah. Biasanya saat hendak pergi liburan, kita sudah membuat daftar oleh-oleh yang akan dibeli sebelum tiba di tanah air. Lantas, apakah Anda sudah membuat list tersebut?

Bila belum, tenang saja! Di negeri Paman Ho ini, ternyata ada banyak lokasi yang bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk berburu oleh-oleh dari Vietnam. Mulai dari Benh Thanh Market, Old Quarter, Pasteur Street dan bahkan di obyek wisata, seperti Delta Mekong, dan Cu Chi Tunnel. Selain tempat yang kami sebutkan tadi, masih banyak lagi tempat yang bisa Anda kunjungi selama disana.

Namun sebelum Anda membuat daftar belanja oleh-oleh dari Vietnam, mungkin alangkah baiknya bila Anda berkenalan terlebih dahulu dengan beberapa oleh-oleh khas Vietnam yang sudah disusun oleh tim H.I.S Travel berikut ini. Penasaran? Oke, langsung saja simak yuk!

 

1. Anda Berada Di Lingkaran Pecinta Kopi? Kopi Vietnam Wajib Anda Beli Sebagai Oleh-oleh Dari Vietnam!


Image source : https://www.viet-coffee.com.au/

Kopi Vietnam terkenal memiliki aroma dan cita rasa yang kuat. Berasal dari biji kopi robusta, meski tidak harum, rasa dari kopi ini mampu bertahan lama. Di negara asalnya, kopi Vietnam biasa disajikan dengan cara dripping untuk memisahkan ampas dari sari kopi. Dimana pada bagian bawah dripnya sudah tersedia gelas yang telah diberi susu kental manis.

Bila Anda ingin tetap bisa merasakan cita rasa kopi Vietnam setibanya di Indonesia, Anda tidak perlu khawatir lagi. Karena, kini kopi Vietnam sudah tersedia dalam bentuk sachet dengan beragam merek. Salah satu yang terkenal adalah Trung Ngu Yen. Anda dapat membawa pulang kopi ini dengan kisaran harga 45.000 VND sampai 55.000 VND saja.

 

2. Lebih Suka Teh Ketimbang Kopi? Beli Teh Lotus Juga Sah!


Image source : http://pprvietnam.com/

Teh lotus alias teh teratai memiliki aroma yang harum dan menenangkan saat diseduh. Cocok sekali untuk Anda yang menyukai relaksasi dengan meminum teh. Meskipun Anda menyeduh teh lotus tanpa tambahan pemanis, teh ini tetap terasa enak dan tidak pahit seperti teh pada umumnya.

Ada banyak khasiat yang bisa Anda dapat dari meminum teh lotus ini. Khasiatnya antara lain dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi nyeri haid pada saat menstruasi dan mengobati diare. Anda dapat membawa pulang teh lotus dengan harga mulai dari 21.000 VND per boksnya.

 

3. Bahn Pia, Bakpia Nya Orang Vietnam Yang Tak Kalah Sedap!


Image source : http://www.dacsanbanhpia.com/

Kalau di Indonesia khususnya di Jogja, populer dengan bakpia, maka di Vietnam ada Bahn Pia. Serupa dengan bakpia Indonesia, hanya saja bedanya jika Indonesia memiliki bakpia dengan beragam varian rasa, di Vietnam bahn pia ini hanya memiliki varian rasa durian.

Satu bungkus bahn pia denga nisi 4 buah dapat Anda bawa pulang dengan harga 45.000 VND. Wah, bagi Anda pecinta durian, tentunya snack yang satu ini wajib masuk ke daftar belanjaan Anda sebagai oleh-oleh dari Vietnam yang satu ini!

 

4. Ingin Oleh-oleh Dari Vietnam Yang Terlihat Unik Bagi Wanita? Coba Deh Belikan Ao Dai!


Image source : http://vaiaodaiduyen.com/

Ao Dai merupakan pakaian tradisional yang umumnya dikenakan oleh wanita Vietnam. Bentuk ao dai sendiri layaknya gaun panjang sampai mata kaki dengan belahan di kedua sisi kaki sampai naik ke pinggul dengan lengan panjang. Terlihat sangat anggun apabila dikenakan pas dengan ukuran tubuh.

Bila Anda berniat untuk memberikan oleh-oleh kepada ibu, kakak, adik atau teman perempuan, dan bahkan istri. Anda dapat menjadikan ao dai sebagai hadiah istimewa untuk mereka. Harga satu potong ao dai dimulai dari 400.000 VND, tentunya tergantung dari bahan dan desain yang digunakan.

 

5. Tas, Dompet, Gantungan Kunci dan Magnet Kulkas Juga Cocok! Murah Meriah!


Image source : http://www.ikutilangkahkaki.com/

Tas dan dompet Vietnam sebagian besar terbuat dari bahan silk yang dibordir dengan desain khas negeri Paman Ho.  Begitu juga dengan gantungan kunci dan magnet kulkas. Mau pilih yang berdesain gadis Vietnam dengan caping, bambu, atau becak Vietnam, semua terserah selera Anda.

Tas ukuran kecil dan dompet biasa dijual secara lusinan dengan harga mulai 100.000 VND. Sedangkan untuk gantungan kunci dan magnet kulkas dihargai mulai 5.000 VND sampai 20.000 VND per buah. Jangan lupa dibeli,ya! Oleh-oleh murah nan unik ini akan mengingatkan Anda dengan Vietnam.

 

6. Membelikan Kaos dan Topi Sebagai Oleh-oleh Dari Vietnam Untuk Sahabat? Tak Ada Salahnya!


Image source : https://www.flickr.com/photos/7940234@N08/5139148159/

Sama halnya dengan oleh-oleh nomor 5, kaos dan topi ini termasuk barang yang sangat mudah ditemukan.. Banyak kaos dan topi dengan desain beragam yang dapat Anda pilih. Diantaranya, “Just Pho you”, “Good Morning Vietnam”, gadis Vietnam, becak Vietnam, dan lain-lain.  

Selain dijual per buah, Anda dapat membeli topi dengan jumlah per pak. Di mana 1 pak topi berisi 6 buah dengan harga mulai 100.000 VND. Untuk kaos dengan kualitas cukup bagus, bisa Anda dapatkan mulai harga 90.000 VND.

 

7. Kolega Anda Pecinta Tembikar? Sempatkan Saja Untuk Berburu Tembikar! Pasti Mereka Akan Terkesan!


Image source : https://totosp.wordpress.com/

Tembikar Vietnam memiliki bentuk yang beaneka rupa, seperti mangkuk, vas bunga, nampan, piring, gelas dan lain-lain. Tembikar ini dikerjakan dengan berbagai teknik melalui cara yang tradisional. Desain yang ditawarkan pun banyak macamnya, ada yang  diukir, ditempeli cangkang telur atau dilukis.

Tembikar dengan kualitas bagus akan memiliki hasil akhir yang sangat halus dan detail.  Anda bisa membelinya di obyek wisata atau Pasar benh Thanh dengan harga mulai 200.000 VND

 

8. Ingin Yang Oleh-oleh Dari Vietnam Yang Lebih Bernuansa Seni? Bagaimana Dengan Lukisan?


Image source : https://nimadesriandani.files.wordpress.com/

Lukisan khas Vietnam memiliki banyak ragam media lukis, antara lain kanvas, bambu, dan bahkan cangkang telur. Anda bisa di beli di obyek wisata seperti Delta Mekong atau Cu Chi Tunnel.

Harga yang ditawarkan beragam, tergantung dari kualitas lukisan dan media yang digunakan. Untuk kualitas rendah, bisa Anda beli dengan harga 100.000 VND. Desain lukisan biasanya bertema Delta Mekong, gadis Vietnam dengan caping dan baju ao dai, naga, dan lain-lain.

Jadi, dari 8 jenis oleh-oleh rekomendasi H.I.S Travel di atas, mana saja oleh-oleh yang ingin Anda beli dan bawa pulang ke Indonesia? Semoga artikel tentang oleh-oleh dari Vietnam ini bermanfaat untuk Anda. Sampai bertemu di artikel selanjutnya, ya!

Top image source : http://www.ikutilangkahkaki.com/