Food
Oleh-oleh dari 20 Prefektur di Jepang
2017-09-29 08:00:42
HIS Travel

Wisatawan kadang kebingungan saat membeli oleh-oleh dari Jepang untuk dibawa ke Indonesia. Selain merchandise khas Jepang, oleh-oleh berupa makanan pastinya jadi pilihan. Ada berbagai macam kemasan makanan di Jepang yang memang sudah disediakan untuk oleh-oleh, kemasan yang unik dengan berbagai macam jenis cemilan khas Jepang di prefekturnya masing-masing.

Biasanya, setiap prefektur memiliki andalan oleh-olehnya sendiri. Nah, berikut ini ada 20 oleh-oleh khas dari 20 prefektur di Jepang yang bisa menjadi pilihan setiap wisatawan!

1. Hokkaido, Royal Fresh Cream Chocolate

Sumber gambar: yelp.com

Hokkaido merupakan prefektur yang banyak dikunjungi wisatawan, terkenal dengan keindahan alamnya serta kuliner lautnya yang lezat. Oleh-oleh yang populer adalah cokelat. Royce merupakan salah satu jenis cokelat yang sering dicari wisatawan, berbahan dasar cokelat berkualitas tinggi serta susu dan krim yang lezat.

2. Prefektur Miyagi, Shin-Tan

Sumber gambar: momogirl.jp

Kemasan baru yang dihadirkan Gyu-tan, yaitu lidah sapi. Shin Tan memiliki tekstur daging yang tebal dan segar. Yang lebih menariknya lagi, lidah sapi yang digunakan berasal dari Australia dan Selandia Baru.

 

3. Aichi, Yukari Ebi Senbei (Yukari Japanese prawn crackers)

Sumber gambar: tomaty.jp

Senbei merupakan cemilan khas yang sering dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan. Cemilan yang renyah ini sering juga disebut kraker beras. Ada berbagai macam senbei di Jepang, salah satunya Yukari Ebi yang berasal dari Aichi. Yukari Ebi merupakan senbei dengan berbahan dasar udang, dibuat dengan teknik yang spesial dan selalu menjadi favorit wisatawan.

4. Toyama, Masu no Sushi

Sumber gambar: kikkoman.com

Masu no Sushi merupakan makanan khas Toyama, prefektur yang kaya dengan kuliner lautnya ini punya banyak jenis makanan dan cemilan dengan berbahan dasar hasil laut. Masu no Sushi dibungkus dengan daun bambu hijau dan dikemas dalam kotak kayu berbentuk lingkaran, begitu tradisional dan cocok dijadikan oleh-oleh. Pertama kali dibuat pada tahun 1717 oleh suku asli dari Toyama.

 

5. Ishikawa, Tori Yasai Miso

Sumber gambar: wdf.jp

Miso menjadi salah satu masakan yang paling populer di Jepang, menjadi menu yang selalu disajikan bersama dengan makanan utama. Miso bisa dijadikan oleh-oleh dalam bentuk kemasan instan. Bumbu miso bisa langsung dimasukkan ke dalam panci dengan rebusan sayuran dan ayam.

 

6. Tochigi, Reito Nama Gyoza

Sumber gambar: ch.nicovideo.jp

Gyoza merupakan cemilan yang berasal dari Tiongkok. Pangsit dengan irisan kubis yang dicincang, bawang putih, daun bawang, serta daging ini menjadi populer juga di Jepang. Disebut-sebut, Gyoza terbaik bisa ditemukan di Restoran Min Min di Tochigi. Antriannya selalu panjang dan kemasan Gyoza sering menjadi oleh-oleh untuk dibawa wisatawan.

 

7. Kagoshima, Satsuma-age Chizu Iri

Sumber gambar: planetyze.com

Fishcake ini begitu terkenal di Kagoshima, sebagai prefektur dengan berbagai kelezatan kulinernya, Kagoshima menawarkan cemilan khas berupa fishcake dengan keju di dalamnya. Rasa segar ikan serta gurihnya berpadu dengan keju yang lezat. Oleh-oleh ini selalu menjadi andalan wisatawan setelah berkunjung ke Kagoshima.

8. Aomori, Ki Ni Naru Ringo

Sumber gambar: goinjapanesque.com

Bisa juga disebut Apple Pie, tetapi pie ini terbuat dari apel utuh yang dilapisi adonan sehingga menjadi sebuah cemilan yang begitu segar. Cemilan populer ini berbahan dasar apel Aomori yang terkenal kelezatannya, dipanggang bersama dengan adonan, dan dikemas dengan menarik.

9. Kanazawa, Kiyoken no Shiumai

Sumber gambar: macromacrobiyoko.blogspot.co.id

Terdapat Chinatown yang terbesar di Kanazawa, memiliki varian oleh-oleh yang sering dicari wisatawan. Shiumai yang biasanya identik dengan Tiongkok, menjadi populer sebagai oleh-oleh yang harus dibawa dari Kanazawa.

 

10. Shiga, Baumkuchen

Sumber gambar: shun-gate.com

Kue tradisional dari Jerman ini merupakan kue yang sangat populer di Jepang. Di masyarakat terkenal sebagai kue yang diberikan setelah pesta pernikahan karena bentuknya seperti cincin. Baumkuchen bisa dijadikan oleh-oleh dari Jepang, tepatnya dari Shiga yang disebut-sebut memiliki baumkuchen terlezat di Jepang.

 

11. Mie, Nagamochi

Sumber gambar: nagamochi.co.jp

Mochi yang biasanya berbentuk bulat, kini bisa ditemukan dalam bentuk yang panjang. Nagamochi merupakan cemilan khas dari Mie yang berisi pasta kacang merah yang manis.

 

12. Kochi, Shiokenpi

Sumber gambar: tegopure.com

Shiokenpi merupakan cemilan yang terlihat seperti keripik, tetapi cemilan ini memiliki rasa yang manis seperti permen. Kochi merupakan prefektur yang terkenal dengan pertarungan anjing di Tosa, menariknya lagi etimologi ini dipakai menjadi nama cemilan khasnya yaitu Kenpi yang berarti kulit anjing.

13. Akita, Inaniwa Hoshi Udon

Sumber gambar:jpninfo.com

Udon merupakan mie dengan tekstur kenyal dan ukuran yang sedikit besar, mie ini sangat terkenal di Jepang. Tetapi udon di Akita ini memiliki bentuk sangat tipis. Kemasan udon ini bisa menjadi pilihan oleh-oleh saat berkunjung ke Akita.

 

14. Nara, Kaki no Ha Sushi

Sumber gambar: matcha-jp.com

Sushi yang berasal dari Nara ini memiliki bentuk persegi, disebut sebagai Pressed Sushi. Daun persimmon yang ditaburi garam dipakai sebagai pembungkusnya membuat sushi terasa segar dan memiliki aroma yang sedap.

15. Yamanashi, Kikyou Shingen Mochi

Sumber gambar: matome.naver.jp

Nama cemilan Kikyou Shingen Mochi merupakan simbol kehormatan kepada Takeda Shingen sebagai panglima perang di daerah Yamanashi. Kue beras ini dibentuk seperti mochi, biasanya dimakan dengan sirup gula merah dan tepung kedelai. Untuk dijadikan oleh-oleh biasanya Kikyou Shingen Mochi dibungkus dengan furoshiki atau bungkusan khas Jepang dengan berbagai motif kain.

 

16. Miyazaki, Chizu Manju

Sumber gambar: shop.miyazaki-airport.co.jp

Manju merupakan cemilan khas yang ada di berbagai prefektur di Jepang, di Miyazaki wisatawan bisa menemukan manju yang berisi keju, ketika dimakan keju akan memeleh di mulut. Kemasan yang cantik cocok dijadikan oleh-oleh tentunya.

 

17. Tokushima, Katsu Ten

Sumber gambar: bussankan.jp

Katsu yang dibuat dari ikan ini sangat populer di Tokushima. Rasa ikan yang segar dengan balutan tepung yang gurih menjadikan cemilan ini cocok dijadikan oleh-oleh.

 

18. Nagano, Kuri Kanoko

Sumber gambar: mogurogu.cocolog-nifty.com

Kuri kanoko merupakan kue berbahan dasar kenari. Terbuat dari gula, kenari, dan agar-agar. Kue ini sering menjadi makanan penutup saat menyantap hidangan di Nagano.

 

19. Gifu, Mizu Manju

Sumber gambar: blog.livedoor.jp

Cemilan yang selalu populer sepanjang musim panas, Mizu Manju memiliki tektur yang lembut, manju yang berbentuk bola transparan ini berisi pasta kacang merah yang manis.

 

20. Iwate, Kamome no Tamago

Sumber gambar: takashimaya.co.jp

Cemilan berbahan dasar telur ini dibuat dari pasta kacang dan dilumuri cokelat di bagian luarnya. Perpaduan telur yang sehat serta pasta kacang dan cokelat yang manis membuat cemilan ini banyak dicari wisatawan.

 

Itulah 20 oleh-oleh dari setiap prefektur yang bisa wisatawan bawa pulang. Rasakan uniknya setiap makanan dari setiap prefektur dan dapatkan pengalaman kuliner di Jepang yang menakjubkan.

 

Ada banyak kuliner menarik lainnya di seluruh penjuru Jepang yang bisa kamu cari tahu di H.I.S. Travel Indonesia. Selain informasi-informasi tentang Jepang bisa kamu dapatkan dengan mudah, tiket ke Jepang murah dan tour-tour dengan harga terjangkau lainnya bisa kamu temukan!