City Travel
Nagasaki, Sendunya Kota Kecil nan Cantik
2016-04-27 08:14:11
HIS Travel

Siapa yang tidak kenal dengan Nagasaki? Kota ini sering disebut-sebut dalam buku sejarah waktu kita di bangku sekolah dulu. Bahkan seluruh dunia tidak akan melupakan peristiwa jatuhnya bom nuklir di atas kota Nagasaki. Nagasaki sendiri hampir sejauh 1,200 km dari pusat kota Tokyo. Kamu bisa pergi ke Nagasaki dengan menggunakan pesawat selama kurang lebih 1 jam perjalanan.

Memasuki kota Nagasaki, kamu bisa merasakan udara yang berbeda. Penuh nostalgia, namun begitu hidup dan terus berkembang.

Salah satu lokasi yang harus kamu kunjungi di Nagasaki adalah Peace Memorial Park. Untuk mencapai lokasi tersebut, kamu harus naik trem, kereta yang berjalan di trotoar bersisian dengan mobil, sekitar 20 menit menuju utara Nagasaki.

Taman peringatan akan berada di sisi kiri setelah kamu turun dari Trem. Akan ada tangga dengan taman kecil di tengahnya, yang jika kamu datang saat musim semi, berbagai macam bunga warna-warni akan menghiasi tangga tersebut. Atau jika kamu tidak ingin lelah, kamu juga bisa menggunakan eskalator menuju area taman. Taman ini dibangun diatas bukit hingga ujung utara titik pusat tempat meledaknya bom yang di jatuhkan di Nagasaki. Kamu tidak perlu membayar untuk masuk ke dalam area taman ini.

Sesampainya di atas, kamu akan menemukan sebuah air mancur, yang dimana di tengah air mancurnya, kamu akan melihat Patung Perdamaian yang menjadi simbol Nagasaki. Di air mancur tersebut, tertera sebuah catatan kecil anak perempuan yang terkena ledakan saat itu. Banyak sekali catatan-catatan kecil yang dituliskan di setiap monumen yang akan kamu temukan di sepanjang jalan menuju Patung Perdamaian. Bersiaplah untuk membawa tisu, karena jika kamu mengerti pesan-pesan yang mereka sampaikan lewat catatan-catatan yang tercantum tersebut, kamu tentu akan mengeryit seakan turut merasakan kesedihan dan kesulitan pada saat itu. Kamu akan menemukan banyak sekali patung anak-anak, karena memang, saat terjadi ledakan, banyak sekali anak kecil yang meninggal pada peristiwa itu.

Sosok patung besar ini pun mempunyai arti, yaitu tangan yang membentang kesamping melambangkan bom atom, tangan yang menunjuk keatas melambangkan damai, dan mata yang tertutup melambangkan para korban perang yang beristirahat.

Berjalan sekitar 5-7 menit dari area Taman Perdamaian, kamu akan menemukan Museum Bom Atom Nagasaki. Di museum tersebut diceritakan sejarah saat jatuhnya bom atom di Nagasaki pada tanggal 9 Agustus 1945, tepat pada pukul 11 lewat 2 menit. Kamu juga dapat melihat bagaimana bentuk bom nuklir yang dijatuhkan saat itu.

Tidak hanya itu, museum ini juga menunjukkan perkembangan nuklir dari dulu sampai saat ini, dan membuat petisi untuk menentangnya. Kamu dapat melihat banyak sekali bangau, lambang perdamaian, di dalam museum.

Selain Peace Memorial Park, tempat yang harus kamu kunjungi di Nagasaki adalah Glover Garden. Glover Garden sendiri dulunya adalah pemukiman milik orang asing yang datang melalui pelabuhan Nagasaki. Karena dahulu, Semenjak penutupan negeri di Jepang, atau sering disebut dengan Sakoku, pelabuhan pertama yang dibuka adalah di Nagasaki, jadi tidak aneh jika banyak ditemukan bangunan-bangunan dengan arsitektural yang tidak seperti Jepang.

Glover Garden memiliki banyak sekali bangunan perumahan orang asing, yang juga memiliki beragam bunga yang sangat indah. Taman ini juga memiliki pemandangan luar biasa untuk melihat kota Nagasaki dari ketinggian bersama dermaga dan perbukitan yang mengelilinginya.

Jadi, masukkan ke dalam list traveling kamu untuk berkunjung ke kota kecil cantik yang penuh sejarah ini.

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

http://his-travel.co.id/

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia