Info Muslim
Muslim Friendly di Karuizawa dan Hakuba
2017-05-03 04:41:31
HIS Travel

Kalau berbicara mengenai Nagano, Jepang, pasti tidak lepas dari pusat perbelanjaan besar di Karuizawa serta ski resort yang ada di Hakuba bukan?

Kedua kota yang menjadi salah satu tempat wisata favorit para wisatawan tersebut saat ini juga sedang mengembangkan berbagai fasilitas untuk memanjakan wisatawan muslim, lho.

Salah satunya berada di Karuizawa Prince Shopping Plaza. Meskipun tidak banyak orang yang mengetahuinya, sebenarnya salah satu mall terbesar di Jepang ini menyediakan beberapa masakan yang muslim friendly serta ruangan untuk beribadah.

Terlebih lagi, ruangan yang disediakan juga cukup besar dan bisa menampung hingga 15 jamaah. Meskipun tidak tersedia mukena untuk wanita shalat, tapi fasilitas lainnya sudah sangat baik.

Di ‘Prayer Room’ yang ada di Karuizawa Prince Shopping Plaza ini disediakan tempat untuk berwudhu, sajadah, serta ruang pembatas untuk laki-laki dan perempuan.

Untuk bisa mendapatkan akses ke tempat ini, kamu hanya perlu pergi ke Information Center. Prayer Room di Karuizawa Prince Shopping Plaza memang biasanya terkunci, karena masih belum banyak wisatawan yang menggunakan fasilitas Prayer Room tersebut.

Beranjak dari Karuizawa, berikutnya adalah kota yang penuh dengan ski resort, yaitu Hakuba. Dikelilingi pengunungan es dengan ketinggian hingga 3.000 meter, Hakuba yang kaya akan pemandangan alam yang indah menjadikan pariwisata sebagai andalan perekonomian Hakuba.

Hakuba tidak hanya indah di musim dingin. Di musim semi, panas dan musim gugur, tempat ini selalu penuh dengan pengunjung.

Pariwisata Hakuba juga terus mengembangkan berbagai fasilitas guna meningkatkan kenyamanan para wisatawan. Tak luput juga peningkatan untuk para pengunjung muslim. Memang sejak tahun 2010, Hakuba mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan muslim.

Ada salah satu hotel di Hakuba yang kini ikut dalam “Muslim Friendly Project”, dan menyediakan berbagai fasilitas untuk wisatawan muslim, lho. Hakuba Sun Valley Hotel kini telah menyediakan menu makanan halal untuk umat islam. Bahkan untuk pengunjung muslim, pemilik akan menyediakan sambal yang diimpor dari Malaysia untuk memanjakan lidah para pengunjung.

Tidak hanya makanan halal, Sun Valley juga menyediakan ruang beribadah, lengkap dengan tempat untuk berwudhu dan sajadah. Karena ruangan yang disediakan juga cukup besar, wisatawan juga bisa melakukan shalat berjamaah di sini.