Jepang
Museum Handuk di Imabari
2016-06-14 07:38:13
HIS Travel

Menyeberang lautan yang memisahkan antar pulau Honshu dan Shikoku, kamu akan melewati beberapa jembatan dengan beragam bentuk arsitektur. Deretan jembatan inilah yang menghubungkan pulau utama Honshu dengan sebuah pulau kecil di bagian utara Jepang, Shikoku.

Sebuah jembatan besar bernama “Great Bridge of Seto” yang akan kamu lewati, dan setelah itu tibalah di Prefektur Ehime. Dengan pemandangan pulau-pulau kecil nan indah, kapal-kapal nelayan, juga deretab bukit-bukit, Prefektur Ehime di wilayah Shikoku ini terlihat begitu asri.

Lanjutkan perjalananmu sampai masuk ke sebuauh kota bernama Imabari, maka kamu akan melihat papan petunjuk kecil mengenai sebuah museum handuk. Ya, Imabari sendiri merupakan salah satu daerah produsen handuk terbesar dan paling terkenal di Jepang.

Museumnya sendiri berjarak sekitar 2 jam dari kota utama Hiroshima dengan menggunakan mobil pribadi. Atau kamu juga bisa menggunakan kereta dengan melalui JR Yosan Line dan naik busa sekitar 25 menit dari stasiun Imabari menuju museum tersebut.

Sebuah bangunan tua menyerupai kastil atau bahkan terlihat seperti sebuah hotel mewah akan membuatmu terkejut, karena sangat kontras dengan lokasinya yang benar-benar berada di tengah-tengah pedesaan. Namun karena lokasinya tersebut, nilai plus dari musim ini juga kamu bisa menikmati pemandangan sekitar yang masih sangat asri.

Biaya masuk ke dalam museum ini adalah 800 ten atau sekita Rp 87,000. Kamu akan mendapatkan sebuah sapu tangan handuk kecil sebagai souvenir cantik. Di pintu masuk saat kamu membeli tiket, kamu juga bisa berfoto ria di display ragam patung-patung lucu yang terbentuk dari handuk dan kapas-kapas.

Museum ini terdiri dari 5 lantai. Lantai 1 dan lantai 2 merupakan toko souvenir, dan kamu bia memulai tour museum dari lantai 3. Di lantai 3 tersebut ini, kamu akan melihat beberapa mesin pemintal, sehingga dapat melihat bagaimana cara membuat sebuah handuk.

Tidak hanya mesin-mesin, di tembok-tembok lantai ini juga di display ‘lukisan’ yang terbuat dari handuk dengan gambar-gambar menarik tertentu.

Image source : http://regex.info/blog/ 

Museum Handuk di Imabari ini memiliki tema yang berganti di setiap musimnya. Kamu bisa menemukan lukisan besar dan beragam display yang berhubungan dengan akuarium untuk musim ini, dan display lain di musim berikutnya. Terkadang, kamu juga bisa melihat display khusus mengenai beberapa karakter-karakter kartun terkenal seperti Disney, MooMin, dll.

Museum ini juga mempertunjukkan karya-karya seniman lokal yang diaplikasikan ke dalam lukisan-lukisan dalam handuk. Kamu juga dapat melihat ragam warna yang digunakan dalam benang-benang yang dipakai dalam membuat handuk.

Jika kamu lapar setelah berputar dalam museum ini, kamu juga bisa menikmati makanan khas Jepang juga makanan Barat di restoran yang terletak di samping museum. Tepatnya lagi di dalam sebuah taman di samping museum. 

Dari taman ini, kamu bisa melihat pemandangan sekitar dari atas bukit. Kamu juga bisa menemukan jam unik di tengah-tengah taman, yang konon merupakan jam cinta pengikat hubungan antar kekasih.

Sebelum pulang, jangan lupa untuk membeli beberapa souvenir cantik dari toko mereka. Banyak sekali ragam model handuk dan produk lain yang bisa kamu temukan di sini dan tidak di tempat lain.

Museum Handuk Imabari

Alamat : 2930, Oaza Asakura-kamikou, Imabari City, Ehime Prefecture 799-1607

Tiket Masuk : 800 yen

Top image source : http://regex.info/blog/