Food
Momiji Manju, Kue Unik Khas Hiroshima
2016-11-09 03:44:43
HIS Travel

Manju adalah bentuk kue khas Jepang dengan isi berupa selai kacang merah yang dibungkus adonan tepung atau bahan lainnya dengan proses kukus. Ada banyak jenis-jenis Manju di Jepang, salah satunya adalah Momiji Manju yang paling terkenal di Hiroshima.

 

Hiroshima adalah kota pelabuhan di tepi Laut Pedalaman Seto dengan sejarah yang begitu melekat dalam ingatan banyak orang. Tragedi bom atom pada Agustus 1945 mengukir sejarah kelam bagi Hiroshima. Tetapi, kini Hiroshima telah bangkit menjadi kota yang begitu indah dan damai. Sehingga banyak wisatawan yang memilih Hiroshima menjadi destinasi wisata mereka, mulai dari keindahan alam hingga bangunan-bangunan bersejarahnya.

Selain destinasi wisata yang menakjubkan, Hiroshima juga terkenal dengan kue uniknya yang disebut Momiji Manju. Kue dengan bentuk daun mapel atau yang biasa disebut daun Momiji dalam bahasa Jepang ini begitu lezat sehingga Momiji Manju menjadi kebanggaan masyarakat di daerah Hiroshima. Bahkan menjadi salah satu souvenir yang paling populer di Hiroshima, terutama di kawasan wisata Kuil Itsukushima di Pulau Miyajima.

 

Momiji Manju dibuat dari tepung beras, didalamnya berisikan selai kacang merah dan gula sebagai pemanisnya. Namun seiring dengan perkembangan zaman, isinya dibuat semakin inovatif mulai dari selai buah, cokelat, keju hingga teh hijau.

Kue khas Hiroshima ini diperkirakan sudah ada lebih dari 100 tahun yang lalu, dan pertama kali dibuat pada Zaman Meiji akhir (1868-1912). Seorang pembuat wagashi (panganan khas Jepang) yaitu Takatsu Tsunesuke menyediakan wagashi untuk ryokan (penginapan khas Jepang) yang berlokasi di kawasan wisata Momiji-dani yang populer di Miyajima dan merupakan kawasan dengan pemandangan musim gugur paling menakjubkan. Pemiliki ryokan kemudian meminta untuk dibuatkan souvenir manis yang cocok dengan nama Momiji-dani. Kemudian, Takatsu akhirnya menyempurnakan Momiji Manju pada tahun 1906.

Mengapa kue unik ini berbentuk daun Momiji? Dengan tampilan warna kecoklatan setelah proses pemanggangan, membuat kue ini terlihat seperti daun Momiji di musim gugur. Kue ini begitu lembut di tangan dan tidak mudah hancur, ketika dipatahkan dengan tangan hasil potongannya tidak menjadi remah. Momiji Manju sangat cocok dihidangkan bersama teh hangat.

Momiji Manju dijual mulai dari 500 sampai 1000 Yen atau sekitar 55.000 rupiah sampai 110.000 rupiah. Isinya terdiri dari 5 potong kue, beberapa diantaranya dijual dalam kemasan kertas atau disediakan kotak untuk dijadikan souvenir. Momiji Manju dapat ditemukan di toko-toko souvenir atau minimarket di seluruh kota Hiroshima. Di kawasan wisata seperti Pulau Miyajima kue ini juga tersedia di kedai-kedai yang khusus menjual Momiji Manju, kemasan dan rasa yang beragam membuat wisatawan puas menikmati Momiji Manju. Bahkan di area Kuil Itsukushima bisa ditemukan Momiji Manju yang digoreng, rasanya yang gurih berpadu dengan isi yang manis menjadikan pengalaman berwisata di Hiroshima semakin menyenangkan.

 

Momiji Manju bisa dinikmati secara langsung atau dijadikan souvenir, sebaiknya kue ini disantap maksimal seminggu setelah pembuatannya karena setelah itu teksturnya tidak menjadi lembut lagi.

 

Untuk mencapai kota Hiroshima, akses transportasi dari Narita maupun Haneda bisa dilakukan dengan Japan Air Pass/HAnavi, ini adalah paket yang menawarkan gabungan paket Tiket Penerbangan Domestik di Jepang beserta Hotel dengan harga yang murah. Japan Air Pass ini adalah kerjasama antara H.I.S Travel dengan ANA (All Nippon Airways). Dengan demikian bagi traveler yang hendak ke Jepang bisa mendapatkan kombinasi antara tiket dan penginapan dengan harga terjangkau.

 

H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S!