People & Culture
Momen yang Paling Dinanti Para Gadis di Jepang, Valentine!
2016-02-15 11:21:07
HIS Travel

Kemarin yang merupakan hari Valentine merupakan salah satu hari yang ditunggu-tunggu bagi banyak orang di dunia, termasuk Jepang. Kebudayaan merayakan hari Valentine pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1957 oleh seorang eksekutif dari perusahaan Mary Chocolate. Dari situlah, kegiatan para wanita untuk memberikan cokelat mulai berkembang hingga menjadi budaya yang populer di Jepang.

di Jepang, pada umumnya hari Valentine merupakan hari dimana para wanita bertarung untuk mendapatkan laki-laki yang disukainya, dengan cara memberikan hadiah, yang biasanya adalah makanan yang terbuat dari coklat mulai kue, biskuit, coklat buatan sendiri, dan hal-hal yang berbau manis lainnya.

Para wanita Jepang akan dengan semangan membuat cokelat buatan mereka sendiri dengan sekreatif dan seenak mungkin untuk diberikan kepada pria yang mereka sukai. Namun terkadang ada pula wanita-wanita yang tidak bisa membuat cokelat sendiri dikarenakan kesibukan, sehingga beralih kepada cokelat dari toko. Hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh perusahaan cokelat, toko roti dan toko cemilan untuk membuat cokelat unik bahkan cokelat yang bisa dikostumisasi oleh sang pembeli. 

Tetapi valentine tidak hanya memberikan cokelat kepada orang yang disukai, tetapi bisa kepada anggota keluarga dan teman atau sahabat pria. Yang unik disini adalah setiap cokelat berbeda tergantung kepada siapa kamu akan memberikan cokelat tersebut, karena setiap cokelat memiliki arti tersendiri.

Secara tradisi, cokelat yang diberikan kepada keluarga, rekan kerja, teman atau sahabat disebut “Giri Choco” yang berarti “cokelat kewajiban”. “Giri Choco” adalah cokelat yang biasanya harganya murah dan tidak terlalu istimewa. Maka tidak heran ketika hari valentine, pria Jepang mendapatkan lebih dari satu cokelat dari teman-teman wanitanya.

Sedangkan cokelat yang diberikan kepada orang yang disukainya disebut “Honmei Choco” atau “cokelat Spesial”. Kenapa spesial? Karena cokelat ini dibuat sendiri oleh sang wanita dengan sepenuh hati. Apabila cokelat tersebut bukanlah buatan sendiri, cokelat tersebut akanlah lebih mewah dan mahal daripada cokelat giri. Kepada orang yang spesial, cokelat spesial juga yang harus diberikan. Pihak pria juga harus menghargai pemberian cokelat tersebut entah itu rasanya enak atau tidak. Jika kamu mendapatkan cokelat tipe ini dari wanita Jepang, berari kamu adalah pria istimewa baginya.

Selain cokelat yang menjadi peran utama dalam perayaan valentine, tradisi berkirim kartu valentine pun masih menjadi suatu hal yang diminati oleh masyarakat Jepang. Biasanya kado kecil berupa barang kesukaan sang pria juga menjadi pelengkap dalam mengungkapkan kasih sayang.

H.I.S Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S!

http://his-travel.co.id/

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia