City Travel
Menyusuri Keindahan Kota Para Gladiator - Roma
2017-06-22 12:59:09
HIS Travel

Berbicara tentang negara Italy, tentu tidak asing dari kota Roma. Kota yang erat kaitannya dengan perkembangan bangsa romawi ini acapkali dijadikan lokasi untuk syuting film-film ternama seperti Angel & Demon dan Mission Impossible III. Pemilihan kota Roma tidaklah salah, karena kota ini menawarkan suasana romantis abad renaissannce dan baroque yang kental melalui peninggalan karya seni dan arsitektur dari seniman legendaris dunia yang tidak lekang ditelan perkembangan jaman.
Waktu terbaik bagi anda untuk bepergian ke kota yang satu ini adalah saat musim panas menjelang, yaitu antara bulan Juli hingga bulan Agustus. Suhu rata-rata pada musim itu berkisar di angka 26’C, sedikit lebih sejuk daripada suhu di kota-kota besar di Indonesia. Atau apabila anda ingin menikmati riuh festival, anda dapat menjadwalkan liburan anda menjelang tanggal 21 April, hari jadi kota Roma. Destinasi wisata yang patut anda kunjungi saat berlibur di kandang dari tim sepakbola Lazio ini adalah :


Coloseum

image source : www.pixabay.com
Inilah bangunan yang paling menyita perhatian para turis di kota Roma. Pada era kejayaan bangsa Romawi, para gladiator dihadapkan satu sama lain dan mengucapkan pujian dan sambutan kepada caesar dan lebih dari 50.000 penonton dengan perkataan Ave, imperator, morituri te salutant ("Yang Mulia, Penguasa, kami yang akan meninggal (kali ini) memberikan hormat padamu”). Hanya dengan menapakkan kaki pada lantai dua, anda sudah dapat menyaksikan kemegahan dari interior pada Coloseum dan mendapatkan pemandangan yang penuh atas arena yang digunakan dalam pertempuran para gladiator.
Diluar Coloseum, anda dapat menemukan beberapa lelaki yang berpenampilan selayaknya gladiator dan dapat anda ajak berfoto dengan memberikan sejumlah uang. Cukup untuk membuat teman dan rekan kerja anda iri dengan liburan anda di Roma.


Pantheon

image source : www.pixabay.com
Memasuki bangunan ini, anda akan merasakan sensasi abad pertengahan yang kental seperti pada film serial/series yang anda ikuti. Bangunan yang telah berdiri sejak tahun 125 sesudah masehi ini merupakan salah satu bangunan yang paling terjaga kondisinya di kota Roma. Dahulu, bangunan ini dipergunakan sebagai kuil untuk penyembahan dewa-dewa jaman klasik, sesuai dengan namanya yang berarti “semua (Pan) dewa (Theon)”.
Di dalam bangunan ini anda dapat menemukan salah satu pencapaian terbesar di bidang arsitektur pada masa kejayaan Romawi -dan masih merupakan rekor sampai saat ini, yaitu kubah terbesar di dunia yang dibangun tanpa menggunakan rangka besi di dalamnya.


Air Mancur Trevi

image source : www.commons.wikipedia.org
Air mancur ini terkenal akan tradisi yang kental dalam benak para turis dan warga roma. Berawal dari kebiasaan warga roma jaman dahulu yang meminta keselamatan dari dewa air dalam perjalanannya, kebiasaan ini sekarang menjadi sebuah tradisi wajib bagi para pengunjung kota Roma.
Konon, apabila anda melemparkan sebuah koin pada kolam air mancur Trevi, anda dipastikan akan berkunjung kembali ke kota Roma. Dan apabila anda ingin mencari pacar, anda dapat melempar 2 koin. Bersama dengan pasangan anda, lemparkan 3 koin untuk menjaga agar hubungan anda awet hingga ke jenjang pernikahan.


Mausoleum Hadrian / Castel Sant'Angelo

image source : www.commons.wikipedia.org
Destinasi wisata ikonik ini menjadi sangat terkenal setelah digunakan sebagai setting lokasi shooting film Angel & Demon. Memasuki areal kastil, anda akan disambut beberapa patung malaikat yang diletakkan saling berhadapan. Asal mula nama kastil ini adalah dari adanya legenda malaikat Michael yang terlihat menyarungkan pedang yang dibawanya diatas kastil ini dan menandai akhir dari kemarau panjang yang memakan banyak nyawa rakyat Roma kuno.
Arsitektur dari bangunan yang kini digunakan sebagai museum ini mengundang decak kagum dari para perancang bangunan. Dengan menggunakan bentuk dasar lingkaran dan silinder, kastil ini dibangun dengan ketelitian sangat tinggi dengan alat yang jauh terbelakang dari perkembangan jaman saat ini.


Piazza Navona

image source : www.pixabay.com
Dapat dikatakan bahwa tempat ini adalah jantung dari kota Roma; tidak peduli pada waktu kapanpun anda mengunjungi tempat ini, anda akan selalu menemukan aktivitas warga Roma yang dibalut dengan suasana yang teduh dan cocok untuk bersantai. Dengan jarak hanya 2 menit berjalan kaki dari Pantheon, anda dapat sejenak memanjakan mata dan hati Anda pada keindahan air mancur garapan seniman Bernini yang terletak ditengah-tengah obyek wisata Roma yang satu ini.
Sembari melepaskan penat, dapat menyicipi suguhan hidangan khas italia dan secangkir kopi terbaik di kota Roma pada cafe dan kedai kopi disekitaran lokasi ini.