People & Culture
Menyewa Hanbok, Pakaian Tradisional Korea, di Hanok Village
2017-07-28 16:52:54
HIS Travel

Ada banyak cara untuk merasakan tradisi dan budaya negeri ginseng, Korea Selatan. Seperti mencicipi makanan khas, mengunjungi istana Dinasti Joseon, dan mengikuti berbagai festival tradisional Korea Selatan. Namun, tidak lengkap rasanya jika kamu belum berfoto sambil mengenakan Hanbok.

Hanbok, pakaian tradisional Korea, telah dipakai selama berabad-abad oleh penduduk Korea. Bahkan, menjadi ikon khas Korea dan masih tetap digunakan pada acara-acara tertentu. Meskipun Hanbok umumnya hanya dipakai pada acara tertentu, popularitas Hanbok terus meningkat di mata wisatawan.  

Hanbok memiliki beragam jenis. Ada yang digunakan untuk keperluan upacara adat, pakaian sehari-hari, dan ada pula yang dikelompokkan berdasarkan gender, usia, dan musim. Telepas dari jenisnya yang sangat beragam, desain Hanbok tetap terlihat sederhana dan menawan. Desainnya yang eye-catching dengan ukuran yang lebar membuat Hanbok cocok untuk dipakai oleh siapapun, termasuk kamu! 

Jika kamu tertarik dan ingin memakai Hanbok secara langsung di negara asalnya, kamu bisa mengunjungi beberapa pusat kebudayaan di Korea Selatan. Kamu bisa menyewa atau mencoba Hanbok secara cuma-cuma. Desain, jenis, dan biaya sewa berbeda-beda tergantung Hanbok yang dipilih.


Image source : minienmonde.com

Tempat menyewa Hanbok biasanya tidak jauh dari tempat-tempat tujuan wisata. Masing-masing pemilik rental Hanbok memiliki peraturan dan tarif yang berbeda-beda. Namun, semua tempat sewa mengharuskan kamu untuk menyerahkan kartu identitas (paspor) dan membayar uang jaminan. Durasi sewa juga bervariasi mulai dari 30 menit hingga berhari-hari. Aksesoris seperti sanggul dan norigae juga bisa disewa secara terpisah.

Salah satu tempat sewa Hanbok yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Korea Selatan adalah Namsangol Hanok Village, yang merupakan desa tradisional dengan latar belakang Korea tempo dulu. Biaya sewa Hanbok di Hanok Village berkisar antara 10.000 won untuk durasi 60 menit. 

Tentu saja, kamu bisa memilih desain dan warna kesukaanmu. Namun, untuk hasil foto yang lebih bagus sebaiknya memilih warna cerah seperti padu padan antara atasan jaket berwarna krem pastel dengan rok berwarna cerah. Warna rok yang cerah akan terlihat menonjol, sehingga hasil foto terlihat lebih hidup. 

Di Namsangol Hanok Village juga terdapat lima rumah tradisional dari kasta yang bebeda, mulai dari milik petani hingga bangsawan. Kelima rumah tradisional tersebut telah dibangun sejak masa Dinasti Joseon, dan letaknya tidak jauh dari pusat desa Hanok. 


Image source : onedaykorea.com

Perabotan di rumah tersebut ditata secara khusus untuk membantu para pengunjung memahami kehidupan sehari-hari di masa lalu. Rumah-rumah tradisional yang bersih, serta barang-barang antik mereka akan memudahkan kamu memperoleh foto yang bagus. Foto yang kamu abadikan sambil mengenakan Hanbok di desa ini akan membawa kamu ke masa silam. Sayangnya, untuk melindungi warisan yang rapuh ini, hanya satu rumah Hanok yang terbuka untuk umum, yaitu rumah Yoon.

Sejak bulan Maret 2016, rumah Yoon selalu mengadakan upacara minum teh, biasa disebut Yoon’s Tearoom. Pengunjung hanya dapat menyaksikan dari luar saja, tetapi dengan adanya upacara ini, mereka bisa mendapatkan pengetahuan baru, terutama mengenai budaya minum teh di Korea Selatan dengan suasana yang menenangkan.


Image source : iamontheroad.net

Selain menyewa Hanbok, kamu bisa melihat pertunjukan dan kegiatan tradisional lainnya seperti melipat hanji (kertas tradisional Korea), kaligrafi Korea, upacara minum teh, dan meminum jamu tradisional. Ada juga Taekwondo dan beberapa kegiatan olahraga tradisional. Selain itu, kamu bisa mencoba bermain Yutnori (board-game tradisional). Jangan khawatir jika kamu tidak bisa berbahasa Korea selama mengikuti kegiatan disana, ada pemandu yang akan menjelaskan menggunakan bahasa Inggris, Jepang, atau Mandarin.

Meskipun banyak hal yang mungkin akan terus berubah, Hanbok tetap merupakan warisan budaya Korea yang indah. Tidak hanya untuk nilai historisnya, tetapi juga untuk kepentingan artistik khas Korea, dan akan terus berlanjut selama bertahun-tahun yang akan datang.

H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan kamu ke Korea Selatan pada H.I.S!