People & Culture
Menyambut Festival Matsuyama di Ehime
2017-08-18 01:41:50
HIS Travel

Matsuyama dianggap menjadi rumah pertama bagi olahraga bisbol di Jepang, karena penyair haiku lokal Masaoka Shiki adalah penggemar bisbol pertama yang menerjemahkan istilah bisbol ke dalam Bahasa Jepang, yaitu Yakyu. Matsuyama Festival diadakan untuk merayakan sejarah ini, bukan dengan bermain bisbol atau hal sejenisnya, tetapi menarikan sesuatu yang disebut "Tarian Bisbol" selama 3 hari berturut-turut. 

Sumber gambar: japantravel.com

Festival berlangsung pada akhir pekan kedua di bulan Agustus, biasanya dimulai hari Jumat malam. Berbagai universitas, perusahaan, dan kelompok masyarakat membentuk kelompok tarian, masing-masing membuat pakaian sendiri dan merancang tarian kelompoknya. Karena festival ini berkaitan dengan sejarah bisbol, maka gerakan-gerakan pada tarian melibatkan beberapa gerakan bisbol seperti melempar bola, mengayunkan tongkat, hingga berlari mengelilingi putaran. Gerakan ini disuguhkan menjadi sebuah tarian yang sangat indah.

Festival ini biasanya melibatkan latihan dan kordinasi selama berbulan-bulan, oleh karena itu ada komunitas besar atau panitia yang mengurusinya. Mulai dari masyarakat, anak-anak sekolah, sekolah menari, perusahaan, asosiasi lingkungan, hingga pemerintah daerah ambil bagian selama tiga hari, masing-masing dari mereka akan mengenakan pakaian uniknya sendiri sehingga menjadikan festival ini sebagai acara cosplay terbesar di Ehime. Uniknya, beberapa pakaian merupakan pakaian yang dibuat sendiri sehingga tidak begitu mewah dibanding pakaian yang sewa atau beli, serta koreografinya tidak selalu menakjubkan. Tetapi, setiap orang akan melakukannya dengan antusias dan semangat. Setiap kelompok membawa sound system sendiri yang terpasang di truk masing-masing dengan musik yang sama berulang-ulang dan menjadikan siapa pun yang menontonnya akan ikut bersenandung.

Parade akan berlangsung hingga kelompok yang berada diurutan terakhir selesai menampilkan pertunjukkan mereka di atas truk. Setelah parade di sepanjang Chifune-Dori, grup terbaik akan melakukan pertunjukan lagi di lapangan Kastil Matsuyama di mana Shiki pernah bermain bisbol untuk pertama kalinya.

Apabila punya kesempatan untuk mengunjungi Ehime di musim panas, festival Matsuyama adalah festival yang harus kamu lihat. Tetapi, jangan lupa untuk membawa banyak air karena udaranya sangat panas. Biasanya, berakhirnya festival ditandai oleh kembang api yang meluncur dari pelabuhan Mitsuhama.

Musim panas di Jepang banyak menyajikan berbagai festival yang tidak boleh dilewatkan. Menikmati keseruan festival dengan menonton parade-parade atau pertunjukan yang menakjubkan bisa kamu rasakan dengan berlibur ke Jepang. Psst, sebentar lagi Cool Japan Travel Fair 2017 hadir, pengunjung bisa mendapatkan informasi selengkapnya mengenai Prefektur Ehime dari sumbernya langsung. 

Sumber gambar header: matsuyama-sightseeing.com