Jepang
Menyaksikan Turnamen Sumo Autumn Basho
2016-09-20 07:56:32
HIS Travel

Jepang merupakan salah satu negara yang menjadi gudangnya seni bela diri. Selain judo dan karate, tahukah kamu apa itu sumo? Mungkin ingatanmu akan langsung tertuju pada tubuh para pemainnya yang begitu besar.

Jenis olahraga bela diri tradisional di Jepang ini, pada dasarnya memang mirip dengan gulat modern. Namun, sumo tak hanya menontonkan kekuatan saja, tetapi juga harga diri yang berbalut dengan tradisi yang kental. 

Salah satu yang menjadi ciri khas para  pesumo (rikishi) selain ukuran tubuh para pemainnya yang besar adalah dari cara mereka menggunakan ‘cawat’ dengan rambut digelung. 

Olahraga Sumo sangat identik dengan agama Shinto, karena sejatinya olahraga sumo dipakai pertama kali oleh Kuil Shinto untuk tradisi peleburan dosa. Sekarang pun, di beberapa kuil Shinto, masih diselenggarakan turnamen Sumo.

Dalam setahun ada enam turnamen besar yang disebut ‘Grand Tournaments’. Grand Tournaments ini dilaksanakan 3 kali di Tokyo yaitu pada bulan januari, Mei dan September, dan masing-masing di Osaka pada bulan Maret, Nagoya pada bulan Juli, dan di Fukuoka pada bulan November. Lamanya tiap turnamen adalah 15 hari yang dimulai pada hari Minggu dan diakhiri pada hari Minggu pula.

Nah, untuk kamu yang penasaran seperti apa pertandingan sumo di Jepang, saat ini sedang diselenggarakan turnamen ‘Sumo Autumn Basho’. Pertandingan ini berlangsung selama 15 hari dari tanggal 11 September hingga 25 September. Pertandingan ini merupakan salah satu kesempatan terakhir untukmu untuk melihat pertandingan sumo profesional di tahun 2016.

Turnamen diadakan di Ryogoku Kokugikan yang merupakan arena pertandingan sumo terkemuka di Jepang. Stadium ini bahkan bisa menampung hingga 13,000 orang di area zabuton. Selama menonton turnamen Sumo yang biasanya menghabiskan waktu hingga berjam-jam ini, kamu bisa juga menikmati hidangan bento dan camilan di tempat dudukmu.

Tahukah kamu, kalau durasi turnamen sumo yang cukup panjang ini sebenarnya sebagian besar dihabiskan untuk upacara pembukaan sebuah turnamen sumo saja lho! Karena pertandingannya sendiri berlangsung sangat cepat, sekitar 4 menit saja. 4 menit itupun banyak dihabiskan untuk berbagai ritual seperti menghentakkan kaki ke dohyo, berjongkok, mengambil ancang-ancang akan menerkam lawan yang bisa dilakukan berulang kali.

Tapi kamu mungkin akan terkagum-kagum dengan prosesi pembukaan turnamen yang masih kental dengan tradisi ini. Jangan lupa untuk menyempatkan menyaksikan turnamen ini ya!

Ryogoku Kokugikan

Image source : http://www.japan-talk.com/

Alamat : 1-3-28 Yokoduna, Sumida-ku, Tokyo

No Tel : 03-3623-5111

Akses : Ryogoku Kokugikan sangat dekat dengan Stasiun Ryogoku. Hanya berjarak sekitar 2 menit dengan berjalan kaki. 

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

http://his-travel.co.id/jepang

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia