Tips
Menjelajahi Kyushu Dengan SunQ Bus
2016-09-07 07:43:38
HIS Travel

Berkunjung ke Kyushu berarti kesempatan untuk menikmati perjalanan menarik menggunakan SunQ Bus. Moda transportasi yang satu ini disediakan untuk wisatawan yang ingin mengelilingi seluruh bagian Kyushu selama waktu liburannya. Tiket bus SunQ tersedia dan bisa digunakan sesukanya. Artinya, hanya berbekal tiket pass SunQ bus, kamu bisa menggunakan kebanyakan bus yang beroperasi di Kyushu selama empat atau tiga hari berturut-turut.

 

Tiket pass berlaku baik untuk bus lokal maupun bus tingkat yang mengambil rute lebih jauh. Fasilitas seperti tiket pass tentu sangat berguna bagi kamu yang ingin pergi menjelajahi tempat-tempat terkenal di seluruh bagian pulau Kyushu. Walaupun tiket pass hanya dijual di dalam wilayah Jepang, namun tiket yang tersedia bisa digunakan baik oleh warga Jepang maupun turis yang kebetulan berkunjung ke Kyushu.

 

Sebetulnya ada satu lagi fasilitas yang tidak kalah menarik, yakni Kyushu Rail Pass yang memanfaatkan moda transportasi kereta api. Tiket pass SunQ Bus menjadi alternatif bagi pelengkap bagi Kyushu Rail Pass. Akan tetapi Kyushu Rail Pass hanya berlaku bagi wisatawan.

 

Tiket pass SunQ Bus tersedia dalam dua versi, yakni versi “All Kyushu” yang bisa digunakan untuk menjelajahi seluruh bagian Kyushu, maupun versi “Northern Kyushu” yang hanya bisa digunakan selama tiga hari untuk perjalanan di setengah bagian utara Kyushu. Tiket pass versi “All Kyushu” dijual seharga 10,000 yen (untuk perjalanan selama 3 hari berturut-turut) dan 14,000 yen (untuk perjalanan selama 4 hari berturut-turut). Sementara itu versi “Northern Kyushu” dijual seharga 8,000 yen (untuk perjalanan selama 3 hari berturut-turut). Tiket bus hanya berlaku selama 3-4 hari.

 

Alternatif transportasi selama berada di Kyushu sudah tersedia, namun masih ada beberapa hal yang harus kamu cermati, baik sebelum maupun sesudah membeli selembar tiket pas SunQ Bus:

 

1) Pilihlah Highway Bus

 

Highway bus seringkali menjadi pilihan alternatif yang lebih menarik dibandingkan kereta api. Ini dikarenakan harga tiket bus yang lebih murah dibandingkan kereta ekspres, namun dengan kecepatan yang kurang lebih sama (kecuali kereta Shinkansen). Di beberapa rute, highway bus bahkan lebih cepat dibandingkan kereta ekspres.

 

2) Pelajari Titik Penjualan Tiket Pass

 

Tiket pass SunQ biasanya dijual di terminal bus di seluruh Kyushu. Meski begitu, kamu masih bisa menemukan beberapa terminal di seluruh wilayah Jepang yang juga menjual tiket pass tersebut. Beberapa agen perjalanan mungkin juga menjual tiket pass, namun wisawatan masih harus menukarkan voucher penjualan dengan tiket asli sebelum digunakan. Sistem pembelian online juga tersedia, namun tampaknya tiket hanya dikirimkan untuk orang yang berdomisili di Jepang.

 

3) Perhatikan Jarak Tempuh

 

Tiket pass bus SunQ tidak berlaku untuk rute bus yang dimulai atau berakhir di luar area Kyushu. Pengecualian berlaku untuk beberapa jalur bus menuju area Shimonoseki di wilayah barat Honshu. Ada sekitar 2000 rute yang dilayani oleh berbagai macam perusahaan bus, baik yang sifatnya lokal maupun highway bus.

 

4) Tiket Pass Berlaku Untuk Perjalanan Dengan Moda Transportasi Lain

 

Dengan kata lain, tiket pass SunQ Bus juga berlaku untuk beberapa perjalanan menggunakan kapal ferry, termasuk ferry yang melayani jalur di antara Kagoshima dan Sakurajima. Beberapa rute ferry di antara Kumamoto dan semenanjung Shimabara juga bisa dilayari menggunakan tiket pass SunQ. 

 

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

 

http://his-travel.co.id/jepang

 

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia