Info Muslim
Menikmati Yoshitomoan Halal di Shinjuku
2016-08-04 10:38:12
HIS Travel

Kata “Soba” agaknya menjadi satu-satunya kata yang sering digunakan untuk para pelancong dari luar Jepang, yang agaknya melampai kata-kata lain seperti “sushi” dan “ramen”. Di Tokyo kini hadir restoran bernama Yoshitomoan yang menjual menu Soba, dan menjadi satu-satunya restoran Soba halal di kota itu, yang menyajikan Soba tanpa minuman beralkohol maupun mengandung daging babi. Soba yang digunakan juga adalah soba lokal nan legendaris dari Tsuguru, perfektur Aomori. Restoran tersebut bisa ditemukan di alamat 10 Nandomachi, Shinjuku-ku, Tokyo dan cukup dekat dengan pusat keramaian di kota metropolis Tokyo. Restoran Soba tersebut menyajikan beberapa set menu makan siang yang tidak mengandung babi maupun alkohol.

Image source : https://gurunavi.com/

Ada tiga pilihan yang disediakan, yakni Tamagotoji soba set, kake soba set, dan agemochi  soba set. Kamu harus membayar sekitar 1000 yen untuk menikmati salah satu maupun ketiganya. Ya, harga ketiganya sama dan ketiga menunya menghadirkan tempura dan dihidangkan dalam mangkok kecil. Karena ada tempura sebagai bagian dari menu, kamu bisa memakannya dengan mencelupkan tempura ke dalam saus. Atau pilihan lain: kamu bisa menaburkan garam di atasnya. Bila memesan tahu dingin (hiyayakko), kamu bisa memakannya dengan cara menuangkan saus kedelai (berlabel halal) yang disediakan pihak restoran. Permen tradisional Jepang yang disebut “warabimochi” juga disediakan di sana, dan ini terbuat dari pati akar pakis yang diambil dari tanaman liar. Sejenis gula-gulaan juga disediakan sebagai hidangan penutup/pencuci mulut.

Image source : https://gurunavi.com/

Menu yang menjadi highlight restoran, Tsuguru Soba, adalah sebuah soba yang memiliki gaya unik. Kuahnya terbuat dari kacang kedelai yang diperas. Jadi, alih-alih menggunakan air biasa selama proses pembuatan soba, Tsuguru Soba menggunakan air yang diperas dari dalam kacang kedelai. Sungguh unik dan patut dicoba! Tsuguru Soba menjadi sebuah sajian unik karena sebetulnya gaya pembuatan soba semacam itu sudah hampir punah, bahkan di Aomori sendiri. Beberapa pengunjung muslim dari luar Jepang yang sudah mencicipi menu di Yoshitomoan mengaku bahwa rasa soba di restorang tersebut sangat enak, dan mereka bahkan mengaku bahwa pengalaman mencicipi soba disana menjadi sebuah pengalaman yang menarik dan lucu.

Image source : https://gurunavi.com/

Jadi pada dasarnya yang ditawarkan Yoshitomoan adalah pengalaman makan yang menyenangkan dan membuat bahagia, bahkan bagi kamu yang tidak pernah memakan soba sebelumnya. Restoran Yoshitomoan memberikan kesempatan bagus bagi muslim untuk mencicipi soba halal nan legendaris yang diproses dengan cara unik. Bila kamu berkesempatan mengunjungi Tokyo dan ingin mencicipi Soba, Yoshitomoan lah tempatnya. 

Mencari restoran Yoshitomoan di Tokyo tidaklah sulit. Ambil jalur kereta menuju stasiun Ushigomekagurazaka, kemudian naik ke pintu keluar A1. Sampai di luar kamu akan menemukan Uedo-line, ambillah jalan menuju ke kanan. Berjalanlah sebentar sampai bertemu perempatan Ushigomekitamachi dan kemudian beloklah ke jalanan menurun di sebelah kiri menuju Ushigomechudori. Susuri jalan tersebut sebentar, kemudian kamu akan menemukan Yoshitomoan di bagian kiri setelah melewati sebuah cafe. 

Yoshitomoan

Alamat  : 10 Nandomachi, Shinjuku-ku, Tokyo

Jam buka : 12:00 p.m. to 2:30 p.m. (last order 2:00 p.m.) / 6:00 p.m. to 9:00 p.m. (last order 8:30 p.m.)

Tutup : Senin; minggu (pada minggu pertama dan ketiga setiap bulannya)

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

http://his-travel.co.id/jepang

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia

Top image source : https://gurunavi.com/