City Travel
Mengunjungi Museum-Museum Unik di Jepang
2018-02-16 16:51:23
HIS Travel

Bagi kebanyakan orang, museum membangkitkan kenangan akan tour wisata sekolah di masa lalu, sambil mengamati setiap benda yang dipamerkan dan kemudian mengangguk tercengang. Namun, museum tidak semuanya membosankan!

Seperti kebanyakan negara di dunia, Jepang juga memiliki beberapa museum yang sedikit berbeda, beberapa orang mungkin akan menganggapnya sedikit aneh, misalnya Museum Ghibli dimana para tamu bisa mengenang film dan kenangan masa kecil favorit mereka, dan museum ramen di mana kamu bisa belajar tentang sejarah ramen dan bahkan membuat mie ramenmu sendiri.

Museum di Jepang bisa didedikasikan untuk apa saja, mulai dari yang aneh, indah, modern, hingga kotor. Berikut ini beberapa museum unik yang bisa kamu kunjungi saat berwisata ke Jepang.

1. Museum Ghibli
Museum Ghibli menawarkan tampilan eksklusif di balik layar Studio Ghibli dan bagaimana mereka membuat film mereka. Ada banyak benda yang dipamerkan, mulai dari ruangan yang penuh dengan gambar ilustrasi serta sebuah ruangan yang memiliki tujuh film pendek yang diputar secara eksklusif di museum dan tidak bisa kamu lihat di tempat lain.

Museum ini juga menawarkan toko buku bernama Tri Haws yang dipenuhi dengan buku-buku yang direkomendasikan oleh Hayao Miyazaki. Anak-anak bisa bermain di Catbus Room, dimana ada replika Catbus raksasa dari film "My Neighbor Totoro" yang bisa mereka mainkan. Selain melihat banyak hal di dalam museum, kamu juga bisa berjalan-jalan di sekitar taman untuk melihat patung seukuran robot dari film "Castle in the Sky".

Museum Unik Jepang
Image spurce : fatlace.com

Kalau ingin berkunjung, kamu bisa memesan tiket terlebih dahulu di situs yang mereka sediakan. Museum buka dari pukul 10.00 - 18.00 dan tutup setiap hari Selasa, kecuali untuk tanggal tertentu.

Lokasi : 1 Chome-1-83 Shimorenjaku, Mitaka, Tokyo

2. Museum Pasir Tottori
Museum Pasir Tottori adalah satu-satunya tempat di dunia yang memamerkan beragam patung pasir buatan manusia, yang dibuat secara eksklusif dan diambil dari Tottori Sand Dunes terdekat. Dengan tema yang berbeda-beda setiap tahun, kamu tidak akan kecewa untuk mengunjungi museum ini.

Bahkan, seniman dari seluruh dunia diundang untuk datang dan menciptakan seni pasir di sana. Patung-patung juga dilindungi oleh tenda atau dome besar dan masing-masing patung biasanya selesai dalam waktu sekitar enam minggu. Untuk menyelesaikannya, dibutuhkan sekitar 3.000 ton pasir dan patung-patung itu juga dapat berdiri selama delapan bulan.

Museum Unik Jepang
Image source : webs-of-significance.blogspot.co.id

Tidak ada erosi alam sehingga patung-patung tersebut harus dibuldozer setiap tahun untuk untuk memberikan ruang bagi seniman di tahun berikutnya. Museum ini juga mempu menarik sekitar 100.000 pengunung.

Lokasi : 〒689-0105 Tottori Prefecture, Tottori

3. Museum Parasit Meguro
Menjadi satu-satunya museum di dunia yang sepenuhnya ditujukan untuk parasit, museum kecil yang unik ini telah menjadi daya tarik populer di Meguro. Dari lantai dasar mungkin sudah terlihat tidak biasa. Ada peta berukuran besar dengan titik-titik lampu yang menunjukan tempat asal parasite ditemukan, dan ada juga beragam jenis parasite yang biasa menginfeksi hewan. 

Sedangkan lantai dua berfokus pada parasit yang menginfeksi manusia. Kamu juga bisa melihat pengawetan testis yang membesar akibat terjangkit parasit. Di sebelahnya, kamu bisa melihat parasit herpetologis raksasa yang menyembul dari kepala kura-kura.

Museum Unik Jepang
Image source : wikimedia.org

Museum ini memiliki koleksi lebih dari 45.000 spesimen parasit. Selain itu, ada juga toko souvenir kecil yang menjual berbagai macam t-shirt, gantungan kunci, dan kartu ulang tahun bertema parasit.

Lokasi : 4 Chome-1-1 Shimomeguro, Meguro, Tokyo

4. Museum Selokan 
Sewerage Science Musuem di Osaka berusaha meningkatkan minat warga lokal maupun wisatawan asing mengenai pentingnya dan kompleksitas saluran pembuangan air di Jepang. Setibanya di museum, kamu bisa memilih apakah ingin turun ke lantai basement atau naik hingga ke lantai lima.

Ruang basement menunjukan proses pengolahan air limbah selokan. Lantai atas memberikan informasi lebih lanjut tentang pentingnya air dan sains di belakang pengelolaan selokan. Lantai tiga didedikasikan sepenuhnya untuk teknologi pengolahan air limbah tingkat lanjut.

Museum Unik Jepang
Image source : tripadvisor.cz

Lantai keempat berfokus pada mekanisme pemindahan air dan dilengkapi dengan simulasi pengaruh intensitas hujan. Lantai lima memberikan informasi tentang anomali air, serta hubungan antara air dan lingkungan global. Sedangkan lantai keenam adalah taman botani yang tumbuh secara hidropponik.

Lokasi : 1 Chome-2-53 Takami, Konohana-ku, Osaka

5. Museum Ramen
"Shinyokohama Ramen Museum" adalah museum unik tentang ramen, hidangan mie Jepang yang sangat populer yang awalnya diperkenalkan dari China.

Di lantai pertama, Shinyokohama Ramen Museum menampilkan berbagai jenis mie, sup, topping dan mangkuk ramen yang digunakan di seluruh Jepang, dan menunjukkan bagaimana mie ramen dibuat. Di lantai dua, pengunjung dapat menjelajahi replika 1: 1 dari beberapa jalan dan rumah-rumah di Shitamachi, kota tua Tokyo, sekitar tahun 1958, ketika popularitas ramen meningkat dengan cepat.

Museum Unik Jepang
Image source : japantimes.co.jp

Sembilan restoran ramen juga bisa kamu temukan di sana, masing-masing menampilkan hidangan ramen dari berbagai wilayah di Jepang. Kalau kamu ingin mencoba beberapa ramen sekaligus, setiap toko menawarkan "mini ramen" dengan porsi yang kecil.

Lokasi : 2 Chome-14-21 Shinyokohama, Kōhoku-ku, Yokohama

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi salah satu museum unik di Jepang, yuk persiapkan perjalanan wisata kamu bersama HIS! H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. 

Top image source : webs-of-significance.blogspot.co.id