Tips
Menggunakan Eskalator Di Jepang Tidak Boleh Sembarangan Loh! Ada Etikanya!
2017-08-23 12:46:24
HIS Travel

Jepang memang negri yang cukup disiplin. Bagi kalian yang pernah ke Jepang bersama H.I.S Travel, mungkin sudah pernah tau tentang tingkat kedisiplinan yang mereka punya. Bahkan di film-filmnya pun, Jepang menonjolkan budaya disiplin yang cukup kental, termasuk dengan tata cara menggunakan Eskalator di Jepang.

Kalau Anda merupakan pecinta Dorama (Film Drama) Jepang, kalian pasti dapat memperhatikan dengan seksama, kebiasan orang-orang yang membagi jalur Eskalator menjadi dua. Pada umumnya mereka berdiri dan berbaris rapi memanjang di sisi kiri dari Eskalator, kemudian membiarkan sisi kanannya kosong. Tapi, sebenarnya apasih tujuan mereka berdiri dan berbaris rapi memanjang seperti ini?

 

Kebiasaan Menggunakan Eskalator Di Jepang Yang Seperti Ini Tercipta Karena Tingginya Rasa Saling Menghargai Sesama Pengguna Eskalator


Image source : https://www.flickr.com/photos/hawkstersf/

Di Jepang, sisi kiri dari Eskalator tadi diperuntukkan bagi mereka yang tidak tergesa-gesa dan sedang dalam perjalanan santai. Mereka sengaja berbaris rapi memanjang di sisi kiri Eskalator, dan sisi kanan Eskalator sengaja dikosongkan untuk memudahkan mereka yang sedang tergesa-gesa, sehingga mereka yang tergesa-gesa dapat menaiki Eskalator sambil berjalan maju seiring dengan bergeraknya Eskalator. Tentunya, selain agar lajur kanan bisa bergerak lebih cepat, hal ini dilakukan agar pengguna yang ada di kiri tidak merasaterganggu.

Memang Jepang sendiri terkenal dengan negara yang super sibuk dan sangat menghargai waktu. Oleh karenanya, tidak mengherankan bila untuk hal seperti penggunaan Eskalator saja ada etika dan kebiasaan seperti itu.

Sekilas itu terlihat seperti hal sepele, tapi hal sepele itu bisa sangat berarti terutama pada saat jam-jam sibuk. Terlebih lagi kebanyakan orang-orang disana telah merencanakan secara rinci tentang berapa lama waktu yang mereka butuhkan untuk sampai ke tempat tujuan, jam berapa mereka akan berangkat dari rumah, akan naik kereta keberangkatan jam berapa nantinya, akan menunggu bisa berapa lama nantinya.

Apakah kalian bisa membayangkan bila tidak ada etika dalam menggunakan Eskalator di Jepang yang aktifitasnya super sibuk? Mungkin, kekacauan dan kesemrawutan akan terjadi seperti yang ada di negara Anda ini ya? Semoga Indonesia bisa mencontoh keteraturan negri Sakura ini ya!

 

Etika Menggunakan Eskalator Di Jepang Merupakan Salah Satu Norma Tidak Tertulis Yang Berlaku Di Masyarakat


Image source : https://www.flickr.com/photos/tjtj/

Hampir sebagian besar kota-kota yang ada di Jepang menerapkan kebiasaan untuk berdiri dan berbaris rapi memanjang ke belakang di sisi kiri dari Eskalator tersebut. Nah, kota-kota yang menerapkan kebiasaan ini adalah Tokyo, Hokkaido, Nara, Fukuoka dan beberapa kota besar lainnya di Jepang. 

Selain etika menggunakan Eskalator di Jepang yang tadi, ada juga kota-kota di Jepang yang menerapkan etika yang sama, namun dengan aturan berbaris yang kebalikannya. Di kota-kota ini, masyarakat terbiasa berdiri dan berbaris rapi memanjang ke belakang di sisi kanan Eskalator, dan menyisihkan lajur kiri dari escalator. Dan, kota-kota yang memiliki kebiasan tersebut adalah Osaka, Nara, dan Kobe.

 

Biarpun Aturan Menggunakan Eskalator Di Jepang Tidak Baku, Bukan Berarti Anda Boleh Seenaknya Sendiri Ya! Ingat!


Image source : https://www.flickr.com/photos/122605863@N04/14849921792/

Walaupun di beberapa kondisi Anda bisa berdiri di sisi kiri maupun sisi kanan dari Eskalator, bukan berarti Anda bisa sesuka hati ya! Alangkah baiknya Anda bertingkah sopan dan mencontoh orang yang ada di depan Anda.

Bila orang di depan Anda berdiri di sisi kiri, maka Anda harus mengikutinya di sisi kiri. Dan bila pun orang di depan Anda berdiri di sisi kanan, maka Anda harus mengikutinya di sisi kanan. Untuk kota yang memiliki peraturan samar seperti ini, adalah kota Kyoto.

Menjadi tempat pemberhentian shinkansen yang berasal dari Osaka maupun Tokyo yang notabenenya memiliki kebiasaan yang berbeda dalam menggunakan Eskalator, membuat Kyoto menerapkan peraturan ganda. Dimana, orang yang akan menaiki atau menuruni Eskalator disarankan untuk mengikuti orang yang ada di depannya agar kondisi escalator tetap teratur dan tetap tersedianya jalur untuk mereka yang sedang tergesa-gesa.

 

Sebenarnya, Aturan Menggunakan Eskalator Di Jepang Tidak Melulu Diberlakukan Loh! Namun Tetap Jaga Sopan Santun Dan Perhatikan Sekitar Ya!


Image source : https://www.flickr.com/photos/seikinsou/

Selain kota atau tempat dengan kebiasaan dalam menggunakan Eskalator seperti diatas, ternyata ada juga tempat di Jepang yang benar-benar tidak menerapkan peraturan atau kebiasaan dalam menggunakan Eskalator seperti yang sudah disebutkan diatas. Tempat ini berada di prefektur Okinawa, yang memang tidak memiliki kebiasaan khusus tentang menggunakan Eskalator.

Bagi orang-orang yang memang sedang tergesa-gesa, mereka biasanya cukup mengatakan “sumimasen” yang artinya permisi. Bila Anda berada di depannya, Anda wajib menyediakan jalan bagi mereka yang sedang tergesa-gesa.

 

Tak Cuma Etika Menggunakan Eskalator Di Jepang, Kamu Wajib Memperhatikan Caramu Dalam Memasuki Antrian!


Image source : https://www.flickr.com/photos/61146871@N07/16503091721/

Selain masalah posisi berdiri di Eskalator, masalah antrian juga harus Anda perhatikan. Di Jepang, sebaiknya kalian jangan asal memotong antrian untuk menaiki ataupun menuruni Eskalator dengan langsung menuju sudut Eskalator saat ingin menaiki atau menuruninya.

Cara ini memang akan membuat Anda akan lebih cepat ke Eskalator, tetapi untuk menghargai orang lain, alangkah baiknya bila Anda berjalan mengikuti antrian yang sudah ada. Dan, hal ini juga termasuk kedalam etika yang harus diterapkan dalam penggunaan Eskalator di Jepang.

 

Menggunakan Eskalator Di Jepang Harus Memanfaatkan Fasilitas Pegangan Yang Ada Ya! Ini Wajib Untuk Keselamatan!


Image source : https://www.flickr.com/photos/jsmags/3494841843/in/photostream/

Selain hal-hal yang sudah dibahas diatas, ada satu hal lagi yang tidak kalah penting. Hal itu menyangkut masalah pemanfaatan pegangan pada Eskalator. Disana, kalian juga harus memegang pegangan yang ada pada Eskalator demi keselamatan diri kalian sendiri. Selain itu, hal ini juga masih menyangkut serangkaian etika dalam menggunakan Eskalator di Jepang.

Itulah tadi artikel singkat kami tentang etika menggunakan escalator di Jepang. Sekedar saran, saat kalian disana nanti, ada baiknya bila Anda terlebih dahulu memperhatikan orang-orang di sekitar, sebelum menggunakan Eskalator.

Hal ini wajib Anda lakukan. Mengingat, Jepang merupakan negara yang agak berbeda dengan Indonesia. Agar semua bisa merasa nyaman saat menggunakan Eskalator di Jepang, Anda tidak bisa seenaknya berdiri di sisi kanan maupun di tengah. Memang sih tidak ada sanksi hukum bila Anda melanggar etiket tersebut, tetapi siap-siap saja kena teguran dari orang lain atau mendapat tatapan yang terkesan kurang menghormati dan tidak menyenangkan dari orang lain.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi kalian sebelum berwisata ke Jepang bersama H.I.S Travel ya! Ingat, jangan sampai lupa tentang aturan menggunakan Eskalator di Jepang yang sudah kami sampaikan tadi!

 

Top image source : https://www.flickr.com/photos/hawkstersf/