City Travel
MENGENAL TAI HANG FIRE DRAGON DANCE
2018-01-25 08:27:18
HIS Travel

Hongkong terkenal dengan tradisi Dragon Dance dan Lion Dance. Namun, ternyata hanya warga lokal saja yang tahu dengan tradisi Fire Dragon Dance dan semakin sedikit saja yang menyaksikan pertunjukannya. Tradisi ini mulai dikenal kembali sejak beberapa tahun terakhir belakangan dipromosikan oleh Hongkong Tourism Board. Tercatat sebagai Warisan Budaya China sejak tahun 2011, pada festival pertengahan musim gugur setiap tahunnya akan diadakan selama tiga malam berturut-turut.

 

Source: https://www.nationalgeographic.com

 

Panjang naga ini adalah sekitar 67 meter dengan ukuran kepala naga besar seberat 48 kilogram. Tai Hang Fire Dragon Dance ini membutuhkan 300 pria untuk membawakannya. 300 orang ini dengan usia 16 – 80 tahun merupakan warga Tai Hang yang bekerja sama untuk menarikan pertunjukan ini.

Source: http://www.justmuddlingthroughlife.com

 

Tai Hang Fire Dragon Dance biasanya diawali dengan pemanasan terlebih dahulu. Terdapat lentera yang dihiasi karakter China bertuliskan Tai Hang Fire Dragon Dance dibawa melintasi Wun Sha Street untuk mengumumkan bahwa tarian naga akan segera dimulai. Kemudian akan ada ratusan orang berkumpul di jalan-jalan dan gang kecil untuk menyaksikan acara ini.

Source: https://thesmoodiaries.com

 

Diiringi tabuhan genderang dan gong, Dragon Dance dibuka dengan munculnya dua bola api yang dibawa oleh dua orang pria. Tak hanya bagian kepala, bagian tubuh naga juga sangat berat sehingga membutuhkan banyak orang bergantian membawanya. Para pembawa tubuh naga ini akan berteriak jika butuh orang lain untuk menggantikannya. Bagian ekor naga juga cukup berat apalagi dibawa berjalan sambil naik dan turun.

Parade Tai Hang Fire Dragon Dance ini berjalan melalui Wun Sha Street, King Street, Sun Chun Street, dan Tung Lo Wan kemudian kembali lagi ke Wun Sha Street. Parade ini diadakan sebanyak dua kali dengan dua naga. Pergantian ke naga yang kedua membutuhkan waktu selama 30 menit. Ketika para pemain mempersiapkan pertunjukan kedua, kemeriahan akan diisi dengan suara-suara drum dan cymbal. Lalu pengunjung juga akan disuguhi pertunjukan kecil berupa marching band dengan anak-anak kecil berpakaian tradisional selama menunggu.

Saat pertunjukan berakhir, naga akan dibawa ke atas truk untuk dikremasi sebagai symbol mengirim naga kembali ke surga. 

 

Sejarah Tai Hang Fire Dragon Dance

Semua ini dimulai beberapa hari sebelum Festival Pertengahan Musim Gugur, sekitar 100 tahun yang lalu. Pertama, topan menghantam komunitas nelayan dan tani Tai Hang. Peristiwa ini diikuti oleh wabah, dan kemudian ketika seekor ular python memakan ternak penduduk desa, warga mulai kewalahan. Seorang peramal memutuskan satu-satunya cara untuk menghentikan kekacauan tersebut adalah dengan mengadakan tarian api selama tiga hari tiga malam pada festival yang akan datang. Penduduk desa membuat naga besar dari jerami dan menutupinya dengan dupa, yang kemudian mereka nyalakan. Dengan diiringi tabuhan genderang dan kembang api, mereka melakukan apa yang diperintahkan dan menari selama tiga hari tiga malam hingga wabah itu hilang.

Tak lenyap begitu saja, tradisi Tai Hang Fire Dragon Dance ini tetap rutin dilaksanakan hingga sekarang.

Itu tadi informasi mengenai tradisi Tai Hang Fire Dragon Dance di Hongkong. Ada banyak hal-hal menarik lainnya di seluruh Hongkong yang bisa kamu cari tahu di H.I.S. Travel Indonesia. Selain informasi-informasi tentang Hongkong bisa kamu dapatkan dengan mudah, tiket ke Hongkong murah dan tour-tour dengan harga terjangkau lainnya bisa kamu temukan!