People & Culture
Mengenal Rumah Tradisional Jepang
2016-07-11 09:00:43
HIS Travel

Apa sih yang menjadi salah satu kegiatan yang paling ingin kamu lakukan kalau kamu jalan-jalan ke Jepang? Pastinya bernarsis ria di depan rumah tradisional Jepang termasuk ke dalam daftarmu. Bagaimana tidak, rumah tradisional Jepang merupakan salah satu rumah tradisional yang paling digemari di dunia. Di Jepang, Minka (民家) merupakan nama umum untuk rumah tradisional Jepang dan merupakan hunian untuk rakyat biasa

Gaya arsitektur rumah tradisional Jepang juga populer di negara barat sebagai gaya arsitektur “Zen” karena gayanya yang dapat dengan mudah dikombinasikan dengan gaya minimalis. Hampir semua material rumah Jepang menggunakan kayu, dan dibuat sederhana serta tidak terlalu banyak barang. 

Rumah tradisional Jepang terdiri dari beberapa ruangan utama, yaitu Washitsu (ruang serba guna yang dapat digunakan sebagai ruang tamu, kamar tidur dan ruang keluarga), genkan (area pintu masuk), dapur dan washiki (toilet).

Washitsu

Washitsu adalah ruang beralaskan tatami dalam bangunan tradisional Jepang. tatami adalah semacam tikar berbahan jerami yang berasal dari Jepang yang dibuat secara tradisional. Ukuran luas sebuah ruangan bisa diukur dilihat dari jumlah tatami yang diletakkan di lantai. Meskipun washitsu adalah ruang serba guna untuk berbagai keperluan, terdapat satu washitsu utama yang disebut zashiki (座敷). Di dalam rumah tradisional Jepang, zashiki berada di bagian paling dalam rumah, dan dipakai sebagai ruang tamu.

Fungsi washitsu berubah tergantung kepada alat rumah tangga mana yang dipakai. Hal ini dimungkinkan karena semua perabotan bersifat portable, yang disimpan dalam oshire (bagian kecil dari rumah yang digunakan untuk menyimpan barang). Washitsu berubah menjadi ruang belajar bila diletakkan meja, menjadi ruang tidur bila diletakkan futon (matras tidur), menjadi ruang makan apabila diletakkan meja besar. 

Genkan

Salah yang mencirikan rumah Jepang adalah genkan, atau pintu masuk. Genkan adalah koridor tempat penghuni rumah atau tamu masuk dan melepas sandal atau sepatu mereka. Penggunaan Genkan adalah untuk menghindari mengotori tatami mereka.

Toilet

Toilet tradisional Jepang adalah kloset jongkok. Saat ini tipe toilet tersebut masih sering dijumpai bila berkunjung ke Jepang. Untuk penggunaannya kebalikan dengan yang ada di Indonesia dimana mereka menghadap ke dinding di belakang toilet.

Dapur

Ada dua jenis dapur di rumah tradisional Jepang, yang pertama adalah dapur dengan tungku dan yang kedua adalah dengan cara digantung. Kedua cara ini sama-sama menggunakan kayu bakar.

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

https://his-travel.co.id/jepang

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia