City Travel
Mengenal Festival Yokote Kamakura
2017-11-09 22:31:11
HIS Travel

Jepang memiliki berbagai kebudayaan yang unik. Beberapa festival tradisional setiap bulannya selalu diadakan. Salah satunya Festival Yokote Kamakura yang berlangsung di Yokote ini.

Festival Yokote Kamakura (Yokka no Yuki Matsuri) memiliki sejarah sekitar 450 tahun. Acara ini diadakan setiap tahun pada tanggal 15 dan 16 Februari di kota Yokote di tenggara Prefektur Akita. Festival ini menampilkan banyak rumah salju mirip igloo, yang disebut kamakura, yang dibangun di berbagai lokasi di seluruh kota.

Di setiap kamakura ada sebuah altar salju yang didedikasikan untuk dewa air, kepada siapa orang berdoa untuk air yang cukup. Brazier arang diatur untuk memberikan kue kue kehangatan dan panggangan. Di malam hari (18:00 sampai 21:00), anak-anak mengundang pengunjung festival ke kamakura mereka dan menawari kue beras dan amazake, sejenis anggur manis dengan kandungan alkohol nol atau sangat rendah. Sebagai gantinya, para pengunjung melakukan persembahan kepada dewa air di altar.

Sumber gambar: www.japan-guide.com

Daerah festival meluas ke timur Stasiun Yokote ke Yokote Castle, yang terletak sekitar dua kilometer dari seberang Sungai Yokote. Mulai dari stasiun, pengunjung dapat menikmati jalan-jalan santai di sepanjang jalan-jalan kota dan menghargai pemandangan kamakura yang dibangun di samping rumah-rumah di lingkungan sekitar. Hal ini juga memungkinkan untuk mengambil bagian dalam pembuatan kamakura di salah satu sesi langsung di Taman Komyoji.

Aula Kamakurakan menyimpan beberapa kamakura sepanjang tahun di sebuah ruangan berukuran kecil -10 derajat celcius, sehingga memungkinkan para pengunjung melihat rumah-rumah salju ini bahkan selama bulan-bulan yang hangat. Di daerah yang dekat dengan aula, banyak kamakura, patung salju dan kios makanan festival dapat ditemukan, berkontribusi pada suasana yang semarak.

Sumber gambar: www.japan-guide.com

Di sepanjang Sungai Yokote, ratusan kamakura kecil seukuran lentera dibuat. Kamakura mini ini diterangi oleh lilin dari senja sampai sekitar pukul 21:00 dan menciptakan lautan cahaya yang indah. Di dasar Minami Elementary School, lebih banyak mini kamakura dan beberapa patung salju dipajang di depan gedung sekolah yang bagus. Anak-anak dapat menikmati bermain dengan salju dan berkuda di atas salju.

Lebih jauh ke timur laut, 10-15 menit memanjat sebuah bukit kecil mengarah ke Kastil Yokote, sebuah rekonstruksi modern (1960an) terbuat dari beton. Penjaga istana setinggi empat lantai ini memiliki dek pengamatan di tingkat atas yang memberikan pemandangan indah ke kota. Kastil ini biasanya ditutup dari bulan Desember sampai Maret, namun dibuka secara khusus selama masa festival dari pukul 10:00 sampai 22:00, memberi pengunjung kesempatan langka untuk melihat pemandangan siang dan malam kota dari dek observasi (jam buka normal di luar musim dingin pukul 09.00-16.30).

Sumber gambar: www.japan-guide.com

Ada dua rute menuju Yokote, yaitu melalu Omagari dan Kitakami. Yokote dan Omagari terhubung dengan kereta lokal per jam di sepanjang Jalur JR Ou (20 menit, 320 yen). Stasiun Omagari dapat dicapai oleh Akita Shinkansen dari Tokyo (3,5 jam, sekitar 17.000 yen) atau dari Sendai (2 jam, sekitar 9.000 yen). Perjalanan kereta api ditutupi oleh Japan Rail Pass, JR East Tohoku Area Pass dan JR East South Hokkaido Pass.

Sementara itu apabila memilih melalu Kitakami, stasiun Yokote dan Kitakami dihubungkan oleh kereta lokal di sepanjang Jalur JR Kitakami (80 menit, 1140 yen, satu keberangkatan setiap dua jam). Ketika datang dari Tokyo atau Sendai, pendekatan ini jauh lebih murah, tapi lebih lambat dan kurang sering daripada jalan memutar melalui Omagari yang dijelaskan sebelumnya.

Wisatan bisa menghabiskan waktu di Yokote. Pejalan kaki yang baik dapat mencakup seluruh festival dengan berjalan kaki dari Stasiun Yokote. Aula Kamakurakan berjarak sekitar 10 menit berjalan kaki ke timur dari stasiun sementara dibutuhkan sekitar 40 menit untuk mencapai Istana Yokote. Selama malam festival, bus loop bebas membentang di antara Aula Kamakurakan, Sekolah Dasar Minami, dan Kastil Yokote. 

Sebagai wisatawan, mengenal tradisi daerah yang dikunjungi adalah pengalaman yang begitu berharga. Jangan sampai lewatkan festival ini. Cari tahu lebih banyak keindahan Jepang di H.I.S. Travel Indonesia, selain informasi-informasi tentang Jepang bisa kamu dapatkan dengan mudah, tiket ke Jepang murah dan tour-tour dengan harga terjangkau lainnya bisa kamu temukan.