People & Culture
Mengenal Bayanihan: Kebiasaan Pindah Rumah yang Unik
2016-09-15 08:22:04
HIS Travel

Salah satu kebiasaan unik yang hanya bisa ditemukan di Filipina adalah Bayanihan, yang secara harafiah diartikan sebagai memindahkan seluruh bagian rumah ke lokasi baru. Jangan dibayangkan hanya orang dan barang-barangnya yang dipindahkan. Di Filipina, praktik perpindahan rumah berarti memindahkan seluruh bagian rumah dari tempat lama ke tempat baru. Orang-orang desa di Filipina biasanya akan mengangkat seluruh bagian rumah, termasuk strukturnya, dan membawanya ke lokasi baru dalam jarak tertentu. Mengapa mereka mau repot-repot melakukan itu? Ada beberapa alasan. Di beberapa kasus, Bayanihan dilakukan untuk menghindari kerusakan bangunan akibat banjir atau tanah longsor. Namun banyak juga yang melakukan itu karena alasan yang lebih sederhana, seperti misalnya ingin memindahkan rumah ke dalam lingkungan yang lebih baik.

Kebiasaan seperti Bayanihan umumnya muncul di daerah pedesaan, sebab kebanyakan rumah yang dibangun di daerah pedesaan terbuat dari bahan ringan seperti bambu maupun pohon palem nipa. Tetapi kamu jangan membayangkan bahwa Bayanihan berarti memindahkan semua bagian rumah. Memang betul bahwa Bayanihan juga kerap dilakukan di daerah urban, namun perpindahan sebuah rumah di daerah urban biasanya hanya mencakup beberapa item seperti jungkat-jungkit maupun ayunan, hardware, dan lapangan basket. Di daerah urban biasanya material yang digunakan sebuah rumah lebih berat, karena itu tidak memungkinkan untuk mengangkat seluruh bagian rumah dan memindahkannya ke tempat baru.

Image source : http://www.theapricity.com/

Kata Bayanihan diturunkan dari “bayan”, yang berarti komunitas. Secara literal, bayanihan berarti “menjadi seorang bayan”, dimana mengacu pada semangat persatuan komunitas, kerjasama, dan kerja tertentu yang dilakukan guna mencapai tujuan tertentu. Menurut sejarahnya, tradisi bayanihan bisa dilacak balik ke cara hidup orang-orang desa, dimana orang-orang biasanya bakal meminta bantuan orang lain untuk membantu sebuah keluarga yang akan memindahkan rumahnya ke tempat baru. Normalnya dibutuhkan sekitar 20 orang untuk mengangkat sebuah rumah bersama-sama ke tempat baru. Keluarga yang meminta bantuan ke orang-orang kemudian akan menjamu orang yang membantunya ketika proses perpindahan selesai.

Tentu sangat sulit dibayangkan memindahkan rumah orang-orang kota, yang umumnya terbuat dari semen dan besi, yang membuatnya memiliki berat yang tidak bisa diusung oleh puluhan orang. Karenanya menjadi wajar bila tradisi seperti Bayanihan hanya terjadi di daerah pedesaan, sebab banyak rumah di sana yang terbuat dari material yang sangat ringan dan bisa diangkat menggunakan tenaga puluhan orang saja. Hari ini, semangat seperti yang ditunjukkan tradisi Bayanihan bisa mengambil banyak bentuk, meski akarnya tetap bisa dilihat dari semangat orang-orang pedesaan Filipina yang membantu tetangganya untuk memindahkan seluruh bagian rumahnya. Dengan kebiasaan seperti itu, semangat untuk saling membantu tetap terpelihara dengan baik. Orang yang membantu tidak mengharapkan imbalan, namun yang dibantu akan berusaha memberikan imbalan pantas semisal mengadakan perjamuan makan setelah proses perpindahan selesai dilakukan.   

Semangat gotong-royong Bayanihan yang ditunjukkan oleh orang-orang Filipina sebetulnya menunjukkan nilai lain, yakni sebuah konsep dimana sekumpulan orang membantu orang lain tanpa mengharapkan imbalan apapun. Orang Filipina umumnya percaya bahwa membantu sesamanya adalah sebuah mentalitas dan semangat terbaik. Di zaman sekarang, semangat Bayanihan masih hidup dengan baik, dan ditunjukkan tidak hanya pada saat memindahkan rumah, melainkan juga di saat bencana alam. Orang-orang Filipina akan pergi keluar untuk membantu rekan-rekan yang membutuhkan. Semangat Bayanihan pada dasarnya adalah salah satu hal terbaik yang dimiliki oleh budaya orang-orang Filiipina. Dan mereka bangga akan hal itu.     

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

https://his-travel.co.id

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia