Tips
Ingin Mengambil Yen di ATM Jepang? Simak Yang Berikut Yuk!
2018-03-15 14:35:18
HIS Travel

Saat akan traveling ke negara Jepang, biasanya wisatawan akan dihadapkan dengan berbagai hal yang harus dipersiapkan. Hal tersebut semisal perlengkapan pribadi, info mengenai destinasi wisata Favorit, hingga wawasan yang terkesan sepele semisal mengambil yen di ATM Jepang.

Hal ini tersebut cukup diakui oleh para wisatawan yang pergi ke luar negri bersama H.I.S Travel Indonesia, terutama mereka yang baru pertama kali menginjakan kakinya di negri sakura. Apakah Anda termasuk? Bila iya, jangan merasa minder ya! Anda tidak sendiri kok!

Membawa uang tunai ke mana-mana memang beresiko. Terlebih, bila Anda melakukan traveling dalam waktu yang lama. Disamping membahayakan, membawa uang tunai berlebih juga bisa membuat Anda lebih hemat dalam pengeluaran bukan? Untuk itu, mengambil uang yen di ATM Jepang dapat menjadi solusi.

Namun, dimana dan bagaimana sih cara mengambil yen di ATM Jepang? Mau tau? Yuk, simak penjelasan H.I.S Travel Indonesia mengenai cara mengambil yen di ATM Jepang berikut ini!

 


Image source : https://www.flickr.com/photos/maynard/16455280347/

Dari namanya saja mudah diketahui bahwa mesin ATM satu keluaran dengan gerai Seven Eleven atau 7-Eleven. Mesin ini adalah satu dari sekian banyak mesin tarik tunai yang populer di kalangan wisatawan asing di Jepang. Pasalnya, ATM ini tersedia di lebih dari 24.000 gerai 7-Eleven di seantero Jepang loh!

ATM Seven Bank merupakan sebuah terobosan baru yang sangat ramah bagi wisatawan asing. Tidak percaya? Coba saja gunakan sendiri!

 

List Kartu bank yang diterima ATM Seven Bank

Sebenarnya, kartu bank mana saja sih yang diterima oleh ATM Seven Bank? Jawabannya, hampir semua kartu debit/kredit yang berasal dari bank Indonesia dapat mengambil yen di ATM Seven Bank Jepang.

Asalkan, kartu yang Anda gunakan memiliki logo VISA, MasterCard, Maestro, Plus, Diners Club International ya! Kartu yang berlogo American Express, JCB, Discover, UnionPay dan Cirrus juga bisa kok! Tenang, biasanya bank-bank di Indonesia sudah masuk ke beberapa jaringan tersebut. Tapi agar aman, cek lagi yuk!

 

Jumlah maksimal tarik tunai

Nah, untuk masalah nominal, dalam 1 hari kerja Anda hanya bisa mengambil maksimal 100.000 yen saja. tapi, jika Anda menggunakan kartu dengan jaringan UnionPay, Anda dapat mengambil uang sampai maksimal 200.000 yen loh!

Jadi, pintar-pintar lah berhemat dalam menggunakan uang yang ada untuk 1 hari ya! Uang yang dikeluarkan mesin ini biasanya dalam pecahan 1.000 yen. Meskipun begtu, nilai tersebut sudah cukup lumayan bila dikonversikan ke mata uang Rupiah.

 

Kurs dan Biaya Tambahan Dalam Mengambil Yen Di ATM Jepang

Hal yang paling sering ditanyakan perihal mengambil uang yen di ATM Jepang adalah masalah kurs atau nilai tukar uang. Anda tentu memiliki pertanyaan serupa kan?

Kurs nilai tukar Rupiah-Yen selama ini berkisar antara 116-126 rupiah per 1 yen, yang bisa dikatakan cenderung stabil. Soal biaya tambahan, hal ini berlaku seperti transaksi pada umumnya. Bank-bank Indonesia biasanya akan mengenakan biaya administrasi 20-30 ribu rupiah untuk transaksi internasional. Jadi, jangan lupa atur strategi ya!

 

Cara mengambil yen di ATM Jepang

Cara mengambil yen di ATM Jepang relative sama dengan pengambilan uang di ATM Indonesia. Kabar baiknya, ATM ini menyediakan lebih dari 12 bahasa! Jadi, untuk kamu yang tidak mahir berbahasa asing, bisa kok mengatur format bahasa yang hendak dipakai ke format bahasa Indonesia!

 


Image source : https://www.flickr.com/photos/fumitake1969/16536967685/

Nah, untuk mengambil yen di ATM Jepang, ini dia caranya:

  1. Masukkan kartu Anda ke dalam slot yang tersedia. Masukan kartu dengan lapisan magnetic menghadap ke bawah
  2. Pilih bahasa yang diinginkan.
  3. Pilih jenis transaksi, “Tarik Tunai atau Cek Saldo”. Untuk transaksi tarik tunai, aka nada halaman peringatan kalau transaksi internasional akan dikenakan biaya. Klik konfirmasi untuk menyetujui
  4. Pilih akun rekening yang dananya ingin Anda tarik. Biasanya pilih “Tabungan”
  5. Masukkan nomor pin Anda lalu tekan “konfirmasi”
  6. Pilih jumlah uang (Yen Jepang) yang akan Anda tarik. Maksimal penarikan tunai 100.000 yen. Klik “Konfirmasi”
  7. Ambil uang lewat ATM. Jangan lupa ambil kartu dan struk ATM Anda

 

Jam operasional yang patut Anda perhatikan

Bila Anda membutuhkan uang tunai dan ingin mengambil di ATM Seven Bank lewat dari jam 10 malam, sepertinya Anda harus sabar menunggu sampai pagi. Apalagi jika Anda sedang berada di kawasan pedesaan, pengunungan atau wilayah yang jauh dari kota.

Sebab, jam operasional ATM Seven Bank menyesuaikan dengan jam buka gerai 7-Eleven. Namun, hal serupa tidak akan terjadi jika Anda sedang berada di kota besar. Di kota-kota besar seperti Tokyo, Kyoto, Sapporo atau Osaka, Anda dapat mengambil uang selama 24 jam non-stop!

 

Mencari ATM Seven Bank? Mudah Saja!

Di Jepang, untuk menemukan gerai 7-Eleven tidaklah sulit. Anda dapat menemukan gerai 7-Eleven di stasiun kereta, bandara, pusat perbelanjaan dan bahkan di toko-toko komersial.

Masih merasa kesulitan? Anda bisa juga memanfaatkan bantuan aplikasi Japan ATM Navigation kok! Banyak solusi alternative nya kan?

Japan ATM Navigation merupakan aplikasi yang khusus dikeluarkan oleh Seven Bank. Aplikasi ini akan memberikan Anda petunjuk jalan menuju ATM terdekat dari posisi Anda saat ini.

Di aplikasi ini tersedia dua pilihan tampilan. Bisa peta, atau visualisasi. Anda hanya perlu memilih mana yang lebih mudah dan nyaman untuk Anda gunakan. Japan ATM Navigation dapat Anda download di App Store maupun Google Play secara gratis.

Bagaimana? Anda sudah mengerti tentang cara mengambil yen di ATM Jepang yang kami jelaskan tadi bukan? Mulai sekarang, perkara mengambil uang yen di ATM Jepang bukanlah hal sulit yang harus Anda takuti deh!

 

Kami harap, artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa di artikel H.I.S Travel Indonesia berikutnya ya! Selamat traveling dengan nyaman dan aman!

 

Top image source : https://www.flickr.com/photos/maynard/16455280347/