Info Muslim
Menelusuri Sejarah Peradaban Islam di Granada dan Cordoba, Spanyol
2017-07-30 17:40:55
HIS Travel

Bagi seorang Muslim yang akrab dengan wilayah Arab dan Timur Tengah, kunjungan ke Spanyol ternyata bisa menjadi sebuah wisata ziarah. Namun, berbeda dengan ziarah ke tanah suci Mekah, wisata religius di Spanyol akan membangkitkan emosional yang berbeda karena kejayaan Islam di wilayah tersebut telah berakhir.

Ada beberapa jejak peradaban Islam yang bisa kamu telusuri di Spanyol, tetapi yang paling jelas adalah di provinsi Andalusia. Di tempat tersebut, berdiri dua kota yang menjadi saksi bisu kejayaan Islam Spanyol: Granada dan Cordoba. 

Kini keduanya menjadi kota warisan yang dilindungi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Tentu saja, Granada dan Cordoba dirawat secara baik oleh Pemerintah Spanyol karena selain sebagai kota warisan, juga merupakan sumber pendapatan wisata yang sangat besar.

Granada
Meski lima abad telah berlalu sejak berakhirnya kejayaan Islam, pengaruh budaya Islam di Granada masih bisa dirasakan hingga kini. Terlihat dari arsitektur bangunan, pakaian, dan kehidupan sehari-hari masyarakat Granada.

Jalan-jalan yang sempit dengan arsitektur Timur Tengah, bau dupa oriental dari toko-toko dan kafe Arab, semuanya mengingatkan kamu pada semenanjung Arab.


Image source : pw.org

Daya tarik utama Granada adalah komplek istana Alhambra yang terletak di atas bukit dekat Sierra Nevada. Istana Alhambra, yang juga berfungsi sebagai benteng, dibangun pada abad XIV oleh perwakilan dinasti Moorish terakhir di Andalusia. 

Istana Alhambra mencerminkan tradisi dan budaya Muslim pada masa itu. Sedangkan saat ini, Alhambra adalah salah satu destinasi wisata utama di Spanyol yang mampu menarik ribuan wisatawan, terutama umat Muslim, dan merupakan bukti peradaban Islam di Spanyol.


Image source : forbes.com

Meskipun umat Kristen Granada telah melakukan beberapa perubahan kecil di dalam istana, pondasi dan bentuk istana yang dulu di bangun oleh umat Muslim tetap dipertahankan sampai hari ini. Bahkan, dinding benteng berwarna merah juga tetap dipertahankan, dimana sebutan “al-hambra”, yang berarti merah dalam bahasa Arab, berasal. Dari atas istana Alhambra, kamu juga bisa menikmati pemandangan kota yang berbukit-bukit.


Image source : spain-holiday.com

Saat ini, Granada adalah sebuah kota dimana komunitas Muslim terbesar di Spanyol tinggal. Kota ini juga merupakan rumah bagi sejumlah besar imigran Muslim dari wilayah Afrika Utara dan Barat.

Cordoba
Kota sejarah peradaban Islam lainnya di Andalusia adalah Cordoba, didirikan sejak zaman kuno, tetapi lebih dikenal sebagai ibukota kekhalifahan Cordoba yang terkenal. Sekitar abad 10, Cordoba adalah salah satu pusat kebudayaan dan ekonomi dunia, dan mungkin kota terpadat di Eropa Barat.


Image source : journeyaroundtheglobe.com

Meskipun demikian, arsitektur peninggalan umat Islam terus menarik wisatawan untuk berkunjung ke Spanyol. Baru-baru ini, Cordoba dinyatakan oleh UNESCO sebagai salah satu kandidat untuk pusat kebudayaan Eropa pada tahun 2016. Tidak seperti Granada, Cordoba terasa lebih Spanyol, nuansa Islam di sana tidak begitu kental.

Diantara beberapa bangunan peninggalan Islam di Spanyol, yang paling menyentuh adalah Masjid Agung Cordoba (Grand Mosque), yang dibangun pada abad ke-8 oleh Emir Abdul Rahman. Saat ini, Masjid Agung Cordoba menjadi daya darik utama di kota tersebut, mengingatkan kamu akan kejayaan Islam pada masa lalu.


Image source : wikipedia.com

Pada awalnya, bangunan tersebut merupakan sebuah gereja Kristen, bukan sebuah masjid. Namun, salah satu khalifah Muslim pertama di Cordoba, Abd al-Rahman I, membangun masjid di dalamnya. Kemudian, para ulama terus membangunnya sampai berkembang menjadi salah satu masjid terbesar, dan telah menjadi salah satu simbol Islam di Spanyol.


Image source : mediterraneannetworks.weebly.com

Setelah masa kejayaan Islam di Cordoba berakhir pada tahun 1236, masjid tersebut diubah kembali menjadi gereja Kristen. Jika diperhatikan, Masjid Agung Cordoba terlihat sangat indah dan terasa seperti dua agama telah berkumpul dalam harmoni. 

Beruntungnya, orang Spanyol begitu tercengang dengan kemegahannya, sehingga mereka memutuskan untuk menjaga masjid itu dalam bentuk aslinya. Sekarang, bangunan tersebut berfungsi sebagai museum dan merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO.


Image source : theroamingboomers.com

Masa kejayaan Islam di Granada dan Cordoba telah berakhir sejak lebih dari 700 tahun yang lalu, tetapi warisan yang mereka tinggalkan tetap menawan. 

H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. H.I.S siap menemani kamu menelusuri sejarah peradaban Islam Eropa di Granada dan Cordoba Spanyol!

Top image source : flicker.com