City Travel
Menelusuri Jejak Sejarah Bom Atom di Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima
2017-05-24 00:46:38
HIS Travel

Hiroshima Peace Memorial Park (Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima) terletak di jantung kota Hiroshima. Taman ini memang sengaja dibangun untuk mengenang para korban bom atom pada masa silam. Di taman ini, kamu tidak hanya melihat beberapa monumen peringatan saja, tetapi terdapat pula museum mengenai bom atom Hiroshima. 

Karena terletak di jantung kota Hiroshima, kota pertama yang terkena ledakan bom atom, maka Hiroshima Peace Memorial Park juga menjadi tempat berkumpul bagi mereka yang menginginkan perdamaian dan menghindari peperangan. 

Tempat pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Peace Memorial Museum. Di dalam museum ini terdapat banyak sekali benda-benda peninggalan sejarah bom atom Hiroshima, termasuk koleksi fotografi mengenai kota Hiroshima sebelum dan sesudah terkena ledakan bom atom. Ditampilkan pula beberapa benda milik para korban seperti pakaian yang terbakar dan kaca jendela yang meleleh. Seolah-olah menunjukan kepada kamu betapa dahsyatnya ledakan bom atom.


Image source : theweek.in

Bola merah pada diorama kota hiroshima mengindikasikan titik ledakan bom atom. Memberikan pemahaman kepada kamu mengenai satu ledakan bom atom dapat menghancurkan seluruh kota Hiroshima.


Image source : lynkformer.com

Selain museum, di Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima terdapat beberapa bangunan dan monumen lainnya yang mengingatkan kepada pengunjung mengenai bahaya lingkungan yang diakibatkan oleh bom atom dan untuk mengenang para korban seperti Atomic Bomb Dome, Children’s Peace Monument, makam Cenotaph, dan Hiroshima National Peace Memorial Hall.

Atomic Bomb Dome atau Genbaku Domu merupakan sebuah simbol untuk mengingat kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh bom atom di kota Hiroshima. Letaknya berada di seberang sungai dekat Peace Memorial Park. Bom atom Hiroshima dipercaya meledak tepat di atas dome, tetapi bangunan tersebut menjadi salah satu bangunan yang tetap utuh meski terkena ledakan. 


Image source : wikimedia.org

Sedangkan Cenopath yang terletak di tengah-tengah taman merupakan sebuah makam dengan atap melengkung untuk mengingat para korban bom atom Hiroshima. Di dalamnya terdapat batu menyerupai peti mati dengan pahatan nama-nama para korban yang dapat teridentifikasi namanya. Jika kamu datang berkunjung pada tanggal 6 Agustus maka kamu akan melihat upacara peringatan untuk mengenang para korban. Akan ada banyak karangan bunga di sekitar Cenopath. 


Image source : thousandwonders.net

Cenopath sendiri didesain sesuai dengan tradisi Shinto, untuk melindungi arwah para korban. Pada batu nisannya terdapat tulisan "安らかに眠って下さい 過ちは 繰返しませぬから", yang memiliki arti “Tidur dengan tenang, karena kejahatan tidak akan terulang”.

Selain itu terdapat pula Children’s Peace Monument yang dibangun untuk mengingat anak-anak tak berdosa yang menjadi korban ledakan bom atom Hiroshima. Di monumen ini terdapat patung Sadako Sasaki yang sedang memegang origami burung berwarna emas di atas kepalanya. 


Image source : neinvalid.ru

Jika kamu belum mengetahui sosok Sadako Sasaki, dia adalah seorang gadis kecil berusia 11 tahun yang menderita leukimia akibat radiasi dari ledakan bom atom. Dia membuat 1000 origami burung dengan harapan Tuhan memberikan kesehatan kepadanya. Sayangnya, Sadako Sasaki meninggal sebelum ia berhasil membuat 1000 origami. Lalu teman-teman sekelasnya yang melanjutkan origami tersebut hingga selesai.

Semua bangunan dan monumen di sekitar taman Peringatan Perdamaian Hiroshima dapat dicapai dengan berjalan kaki. Kamu bisa menggunakan kereta dari stasiun Hiroshima untuk menuju kesini. Taman ini dibuka setiap hari, tetapi akan lebih indah jika kamu mengunjunginya pada bulan April ketika bunga sakura bermekaran.

 

H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S!

http://his-travel.co.id/

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia

Top image source : voanews.com