Info Muslim
Mencoba Kimono dengan Hijab
2016-03-22 08:02:50
HIS Travel

Siapa yang tidak kenal dengan kimono? Baju tradisional Jepang dengan motif dan corak yang indah dan biasanya berbahan dasar sutera. Arti harfiah kimono adalah baju atau sesuatu yang dikenakan (ki berarti pakai, dan mono berarti barang).

Dalam mengenakan kimono, biasanya juga dilengkapi dengan sabuk kain yang disebut obi yang kemudian dililitkan di bagian perut atau pinggang, dan diikat di bagian punggung. Cara mengikat obi pun ada bermacam-macam lho.

Panjang lengan kimono juga bisa beragam disesuaikan dengan fungsi masing-masing. Dari jenis kimono, kamu bisa mengira-ngira umur pemakai, status perkawinan, dan juga tingkat formalitas dari acara yang dihadiri saat mengenakan kimono tersebut.

Secara garis besar, kamu bisa melihat ada 2 jenis kimono yang terlihat sekali bedanya, yaitu kimono berlengan panjang dan kimono berlengan pendek.

Kimono Furisode

Kimono ini terbuat dari bahan sutra berkualitas tinggi yang memiliki tampilan warna mencolok. Ciri khas furisode adalah bagian lengan yang sangat lebar dan menjuntai ke bawah. Kimono ini pada umumnya dikenakan untuk seorang anak perempuan yang telah menginjak umur 20 tahun saat menghadiri upacara Seijin Shiki atau upacara kedewasaan baik bagi pria ataupun wanita yang menginjak usia 20 tahun. Fungsi Kimono Furisode ini sendiri adalah untuk melambangkan kedewasaan.

Kimono Tomosode

Sedangkan kimono Tomosode ini diperuntukkkan bagi seorang wanita yang telah menikah. Nah, biasanya kimono ini digunakan untuk menghadiri upacara pernikahan dari kerabat dekat seperti keluarga kandung.

Banyak yang bilang kalau mengenakan kimono, kamu akan terlihat seperti Yamato Nadeshiko, yaitu gambaran wanita yang lemah lembut dan elegan. Dan memang benar begitu ternyata lho! Dengan mengenakan kimono kamu dapat terlihat lebih elegan. Kenapa?! Karena saat mengenakan kimono, kamu harus merapatkan kakimu dan menegakkan punggungmu. Lalu kamu harus berjalan perlahan dan penuh gemulai, menunjukkan betapa elegannya wanita.

Bagi kamu muslimah yang ingin mencoba mengenakan kimono, jangan canggung untuk tetap mengenakan hijabmu! Kamu tetap bisa berpenampilan cantik dan menawan dengan kimono juga hijabmu.

Kamu bisa mencocokkan warna hijabmu dengan motif dan warna kimono yang akan kamu pakai. Kemudian, kamu juga tetap bisa mengenakan hiasan rambut yang disematkan di hijab atau kamu pun bisa mengkreasikan hijab dengan gayamu sendiri. Yang perlu diperhatikan adalah, karena kamu sudah mengenakan hijab, pilihlah aksesori yang simpel dan manis untuk disemat. Tidak perlu terlalu besar dan jangan terlalu mencolok, ingat kamu dan kimononyalah primadonanya!

Kalau kamu ingin mencoba mengenakan kimono, beberapa tempat wisata terutama di kuil-kuil biasanya menyewakan kimono untuk kamu pakai dalam jangka waktu tertentu. Untuk di Tokyo, kamu bisa mengunjungi kuil Asakusa dan mampir di beberapa toko yang menawarkan jasa penyewaan kimono, sementara di Kyoto, kamu bisa menemukan jasa penyewaan kimono di kuil-kuil besar seperti Kiyomuzidera, Kinkakuji, dll.

Tidak hanya di kuil, kamu sebenarnya bisa juga mencoba kimono dan menyewanya dengan harga yang lebih murah jika ada acara “Experiende Japan” di komunitas internasional masing-masing kota yang kamu tinggali. Biasanya kamu bisa cek informasinya di website kota yang bersangkutan dan kamu hanya perlu mendaftar lewat email saja.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, coba kenakan kimono langsung di Jepang!

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

http://his-travel.co.id/jepang

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia