Food
Mencoba Camilan Berbentuk Ikan, Taiyaki
2015-10-30 09:39:43
HIS Travel

Kacang merah sering menjadi andalan sebagai makanan penutup yang mengedepankan rasa manis. Jepang merupakan negara yang sangat sering menggunakan kacang merah sebagai bahan utama untuk membuat camilan atau desert. Salah satu camilan yang menggunakan kacang merah yang sangat diminati masyarakat di Jepang adalah kue berbentuk ikan, yang dikenal dengan sebutan Taiyaki.

Dalam bahasa Jepang, “tai” adalah sebutan untuk semua ikan dari familia Sparidae. Ya, sesuai dengan namanya, Taiyaki adalah makanan yang berbentuk seperti ikan. Karena dalam proses memasaknya menggunakan loyang berbentuk ikan untuk memanggang (dalam bahasa Jepang “yaki” berarti panggang). Taiyaki kualitas terbaik biasanya dilihat dari isi selai kacang merah yang sampai di bagian ekor.

Camilan berbentuk ikan tersebut dibuat dengan adonan kue. Bahan yang digunakan biasanya terdiri atas tepung terigu, baking powder, gula pasir, telur ayam dan air. Bagian atas dan bawahnya dipanggang secara terpisah terlebih dahulu. Kedua bagian itu kemudian disatukan dengan selai kacang merah hingga bagian luarnya berwarna kuning keemasan.

Taiyaki awalnya adalah imagawayaki yang dicetak dalam berbagai bentuk binatang. Di Jepang, ikan tai adalah ikan mahal yang hanya dimakan oleh rakyat Jepang untuk kesempatan istimewa saja. Akhirnya penjual imagawayaki membuat kuenya berbentuk ikan tai agar rakyat yang jarang memakan ikan tersebut menjadi senang. Di samping itu, ikan tersebut juga diyakini sebagai pembawa keberuntungan.

Sebagai camilan terkenal, taiyaki bisa dengan mudah kamu jumpai di Jepang. Rasa dari taiyaki mirip dengan dorayaki, karena isinya sama-sama menggunakan selai kacang merah yang manis. Tetapi bedanya tekstur taiyaki lebih keras jika dibandingkan dengan dorayaki.

Selain menggunakan selai kacang merah, taiyaki juga sering diisi dengan cokelat, vanila, keju, vla, kacang ijo, stroberi, maupun custard. Berbagai rasa dari taiyaki itu, akan semakin nikmat jika kamu makan bersama dengan ice krim. Nah, taiyaki mana yang menjadi favoritmu?

H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S!

https://his-travel.co.id

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia