Food
Mencicipi Kuliner China yang Muslim Friendly
2018-04-30 13:25:22
HIS Travel

China memang selalu menarik banyak wisatawan karena pesona alamnya yang indah dan berbagai tempat ikonik yang popularitasnya sudah sangat mendunia.

Untuk semakin meningkatkan jumlah wisatawan, terutama wisatawan muslim, Negeri Tirai Bambu ini pun mulai membuat pariwisatanya menjadi lebih ramah muslim. Wisatawan muslim kini bisa merasa lega karena makanan halal atau makanan muslim friendly sudah mulai menjamur dan tersebar di berbagai wilayah China.

Kamu para wisatawan muslim yang ingin berkunjung ke China, bisa mencicipi hidangan halal atau restoran halal berikut :

Qing Zhen Cai

Qing Zhen Cai merupakan menu makanan halal khas China yang telah berkembang sejak Dinasti Yuan. Makanan ini kini sedang gencar dipromosikan oleh pemerintah China dan telah tersebar di berbagai lokasi di China.

image source : https://travel.dream.co.id/news/qing-zhen-cai-kuliner-halal-khas-china-yang-jadi-magnet-turis-160816t.html

Makanan ini memadukan rasa makanan asli Timur Tengah dengan makanan Tradisional China. Qing Zhen Cai banyak kamu temukan di restoran-restoran di wilayah barat China karena banyaknya populasi muslim di wilayah tersebut.

Pada dasarnya, cita rasa Qing Zhen Cai tidak jauh berbeda dengan masakan-masakan China lainnya. Metode memasaknya pun hampir sama. Yang membedakan hanyalah bahan dan kandungan masakan yang seratus persen halal.

Berbagai Kuliner Halal di Xian

Di kota Xian, masyarakat muslim dari suku Hui ini menjual beragam makanan halal yang nikmat, lho. Bahkan, suasana kotanya pun sangat islami. Kamu bisa dengan mudah menemukan pria mengenakan baju koko panjang dan menggunakan kopiah putih serta para wanita yang menggunakan hijab.

image source : https://www.reddit.com/r/travel/comments/6k7msy/man_prepares_lamb_skewers_in_the_muslim_quarter/

Pusat makanan halal di sini bisa kamu temukan di Muslim Sreet, yang berlokasi dekat dengan drum dan bell tower. Kamu hanya perlu berjalan kaki sekitar 10 menit dari stasiun metro bawah tanah.

image source : https://www.seriouseats.com/2014/08/what-to-eat-xian-muslim-quarter-china.html

Ada banyak sekali makanan halal yang lezat di sini. Harganya pun sangat nyaman di kantong. Kamu bisa mencoba berkeliling sekitar 2 hingga 3 jam, dan kembali dengan perut kenyang!

Mencicipi Lamian yang Muslim Friendly

image source : https://www.unileverfoodsolutions.ca/en/recipe/taiwanese-beef-noodle-soup-R0065304.html

Lamian, merupakan mi buatan tangan yang dihidangkan dengan sup daging sapi atau kambing ini memang menjadi salah satu makanan yang bisa dikatakan muslim friendly. Cita rasanya yang unik dan tradisional dari dapur orang muslim China ini merupakan salah satu makanan yang tidak dapat ditinggalkan orang Tionghoa.

Di Beijing kamu bisa menemukan restoran mie seperti ini berlimpah di jalanan Ibu Kota Beijing, dan biasanya kamu akan menemukan restorana mie halal di kota di dekat masjid

Top image source : https://www.reddit.com/r/travel/comments/6k7msy/man_prepares_lamb_skewers_in_the_muslim_quarter/