City Travel
Melihat Keindahan Kincir Angin Belanda Di Desa Tradisional Zaanse Schans
2017-08-08 16:36:10
HIS Travel

Tidak jauh dari Amsterdam, kamu bisa menemukan jejak kehidupan warga Belanda tempo dulu. 

Zaanse Schans, sebuah desa tradisional tempat para pekerja dimasa lalu yang sejarahnya masih dapat ditelusuri meski abad ke-19 telah berlalu dan ini adalah salah satu dari sedikit tempat di dunia di mana kamu masih bisa melihat kincir angin tradisional yang berfungsi normal hingga saat ini.

Zaanse Schans merupakan sebuah daerah yang unik di utara Zaandam dan menjadi salah satu tempat wisata paling populer di Belanda. Kamu akan menemukan pemandangan 6 kincir angin tua di sekitaran sungai Zaan, rumah-rumah tradisional, toko-toko dan museum.


Image source : likealocalguide.com

Sebuah desa yang menarik dan menakjubkan, didominasi oleh lansekap berair dan industri tua. Keindahan Zaanse Schans akan semakin terlihat saat kamu berlayar di sungai Zaan atau mengunjungi pabrik sepatu kayu, pabrik keju Belanda atau pabrik terkenal lainnya. De Kat, misalnya, wajib kamu kunjungi saat berada di Zaanse Schans dan merupakan satu-satunya pabrik cat di dunia yang memanfaatkan kincir angin.

Karena desa ini memiliki luas wilayah yang cukup besar, rasanya tidak terlalu ramai, bahkan di musim liburan sekalipun. Bangunan - bangunan yang sebagian besar berasal dari tempat lain, tetapi di pindahkan kekawasan ini, telah direnovasi dengan saksama, menjadikannya situs bersejarah yang sangat cantik. Meskipun tidak begitu otentik, bangunan - bangunan baru tersebut dibuat menyerupai sebuah desa tradisional Belanda pada akhir abad ke-19.


Image source : experitus.com

Untuk sampai kesana, Dari Stasiun Pusat Amsterdam kamu bisa naik kereta ke stasiun Koog Zaandijk. Biayanya sekitar 3 euro dan waktu tempuhnya sekitar 17 menit sekali jalan. Kemudian dari stasiun Koog Zaandijk, kamu bisa berjalan keluar sambil mengikuti petunjuk jalan yang bertuliskan Zaanse Schans. 

Sekitar 20 meter dari stasiun terdapat vending machine tempat mengambil peta sacara gratis. Zaanse Schans sendiri bisa ditempuh dan dikelilingi dengan berjalan kaki. Namun, supaya tidak lelah, kamu bisa menyewa sepeda.


Image source : experitus.com

Yang wajib kamu lakukan selama berada di Zaanse Schans adalah melihat kincir angin di sepanjang sungai. Wilayah Zaan adalah salah satu kawasan industri tertua di dunia dan dimasa kejayaannya pada abad ke-17 dan ke-18, desa ini memiliki sekitar 600 kincir angin aktif. Di Zaanse Schans sendiri, di antara gudang kayu, rumah dan museumnya, hanya terdapat 6 kincir angin yang masih beroperasi, menggiling minyak, rempah-rempah dan cat.

Kamu juga bisa melihat pabrik penggergajian dan pabrik minyak. Tiket masuk ke setiap kincir angin sekitar 4 euro. Kamu akan takjub dengan cara kerja kincir angin. Meskipun tidak menggunakan mesin, tetapi sistem pabrik masih tetap berjalan. 


Image source : trover.com

Melihat penggergajian kayu yang dilakukan secara otomatis, dan roda gear yang berputar jangan sampai kamu lewatkan. Di setiap pabrik dan kincir angin, ada seseorang yang akan menjelaskan proses produksi ke kamu dan pengunjung lainnya.

Perlu diingat bahwa 4 dari 5 kincir angin yang kamu lihat di saat ini tidak secara asli berasal dari Zansee Schans, tetapi berasal dari tempat lain yang dibangun kembali di museum udara terbuka Zansee Schans. Semuanya tetap dalam kondisi beroperasi, jadi kamu masih bisa memiliki kesempatan untuk melihat cara kerjanya.

Museum Zaans, buka setiap hari 10:00-17:00, memberikan gambaran historis tentang orang-orang dan industri tua di Zansee Schans. Koleksinya sangat beragam mulai dari koleksi lukisan, kostum, furnitur serta pameran multimedia. Museum ini juga menampung Paviliun Verkade yang merupakan sejarah pembuat coklat dan biskuit. Biaya masuk sekitar 10 euro, dan anak-anak 4-17 tahun sekitar 6 euro. Pemegang kartu museum beleh masuk ke dalam museun secara bebas.


Image source : dezaanseschans.nl

Museum lainnya di Zaanse Schans adalah Zaan Time Museum dan the Bakery Museum. Perhatikan, museum tersebut tutup pada hari Senin. Ada kartu Zaanse Schans yang sudah include tiket masuk museum sehingga akan menghemat beberapa euro saat mengunjungi museum dan kincir angin.

Selain itu, kamu tidak disarankan untuk mengunjungi toko souvenir di Zansee Schans. Banyak barang yang sama bisa dibeli di Amsterdam dengan harga lebih murah. Keju mungkin tidak terlalu mahal. Secara umum, keju lebih baik dan lebih murah dibeli di supermarket atau toko keju khusus, dan bukan di toko-toko wisata Belanda.

H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan kamu ke Belanda pada H.I.S!