Tips
Mengenali Maskapai Penerbangan Dari Indonesia ke Thailand
2017-08-07 06:09:19
HIS Travel

Thailand sebagai salah satu negara tujuan wisata tampaknya telah menarik perhatian banyak orang Indonesia untuk pergi ke sana.  Maskapai-maskapai penerbangan merespon lonjakan jumlah wisatawan Indonesia ke Thailand dengan membuka rute penerbangan ke Thailand atau dengan menambah jadwal terbang yang telah ada. Jika beberapa tahun lalu masih cukup sulit mencari maskapai penerbangan ke Thailand, maka beberapa tahun terakhir ini menjadi semakin mudah ditemukan.

image source: kompas.com

 

Maskapai Dengan Rute Penerbangan Ke Thailand

Jakarta sebagai ibukota negara Indonesia dan sekaligus pusat bisnis menyediakan jadwal penerbangan dari Jakarta ke Bangkok setiap hari. Salah satu maskapai yang memiliki rute terbang ke Thailand dari Jakarta adalah Air Asia. Selain mempunyai rute penerbangan Jakarta-Bangkok dan ke beberapa kota lainnya di Thailand, Air Asia juga menyediakan penerbangan dari Bali ke Bangkok dan dari Surabaya ke Bandara Don Mueang, Bangkok.

Pilihan maskapai penerbangan lainnya adalah maskapai Garuda Indonesia yang menyediakan rute penerbangan ke Thailand. Tak hanya ke Bangkok, Garuda Indonesia juga memiliki rute penerbangan ke Chiang Mai, Krabi, Phuket, Ko Samui, Udon Thani, Chiang Rai dan Lampang.

Maskapai penerbangan nasional Thailand yakni Thai Airways saat ini juga telah membuka rute penerbangan dari Jakarta ke beberapa kota di Thailand, antara lain Bangkok, Khon Kaen, Ubon Ratchathani, Ko Samui, Hat Yai, dan Surat Thani. Maskapai milik pemerintah Thailand ini menggunakan jenis pesawat Boeing 777 dan Airbus dengan jumlah total pesawat sebanyak 82 buah.

Selain Thai Airways, satu lagi maskapai Thailand yang membuka rute penerbangan dari Indonesia ke Thailand adalah Bangkok Airways. Maskapai yang bermarkas di Bangkok ini memiliki rute terbang dari Indonesia ke beberapa kota di Thailand yang tidak dijangkau Thai Airways. Misalnya saja Pattaya, Sukhothai, Lampang dan Trat.

image source: hok.com

 

Dua Bandar Udara di Bangkok

Selain mengetahui maskapai penerbangan ke Thailand, sebaiknya ketahui pula tentang bandar udara di Bangkok. Bangkok sebagai ibukota Thailand saat ini memiliki dua airport. Bandara yang pertama bernama bandar udara Suvarnabhumi. Bandara ini pertama kali dibuka untuk penerbangan domestik terbatas pada 15 September 2006. Barulah pada 28 September 2006, bandara ini dibuka untuk semua penerbangan komersial internasional dan domestik. Bandara Suvarnabhumi luasnya lebih dari 3000 hektar dan merupakan bandar udara internasional terbesar di Asia Tenggara.

Sedangkan bandar udara yang kedua adalah bandar udara Don Mueang. Bandara ini menjadi salah satu bandar udara internasional tertua di dunia dan juga di Asia. Bandar udara ini dibuka pada bulan Maret 1914 dan sebenarnya telah beroperasi beberapa waktu sebelumnya. Barulah pada tahun 1924, penerbangan komersial di bandara ini dibuka. Bandara ini sempat ditutup selama beberapa waktu dan digantikan dengan bandara baru yakni bandara Suvarnabhumi. Setelah direnovasi, bandara Don Mueang dibuka kembali pada bulan Maret 2007. Di tahun 2015, bandara Don Mueang menjadi bandara dengan biaya rendah terbesar di dunia.

Meskipun bandara baru telah beroperasi, tetapi bandara Don Mueang masih menjadi pilihan favorit beberapa maskapai penerbangan karena biayanya yang murah. Beberapa maskapai yang masih aktif di bandara Don Mueang antara lain Nok Air, Thai Lion Air dan Thai Air Asia. Bandara Don Mueang memiliki dua terminal yakni terminal 1 untuk penerbangan internasional dan terminal 2 untuk penerbangan domestik.

image source: hok.com

 

Tips Memilih Tiket Penerbangan Murah Ke Bangkok

Berlibur ke Thailand tak harus mahal. Dengan menyiasati beberapa hal, Anda yang berencana berwisata ke Thailand bisa saja mendapatkan tiket yang murah. Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba.

  • Berburu tiket promo

Beberapa maskapai kerap menawarkan promo tiket murah ke tujuan-tujuan tertentu, termasuk promo tiket murah ke Thailand. Untuk mendapatkan tiket murah ini, perhatikanlah promo-promo yang dilakukan oleh maskapai. Misalnya saja di website resmi mereka atau bekerjasama dengan situs-situs penyedia tiket pesawat. Jika Anda tidak bisa memantau setiap hari, cobalah untuk berlangganan email newsletter sehingga promo-promo terbaru tidak akan terlewatkan.

  • Membeli tiket jauh-jauh hari

Jika promo tiket murah tidak beruntung didapatkan, masih ada cara lain yang bisa ditempuh yakni dengan membeli tiket jauh-jauh hari. Misalnya saja 3 minggu atau 6 minggu sebelum keberangkatan. Hindari membeli tiket untuk keberangkatan besok sebab biasanya harga yang ditawarkan maskapai lebih mahal.

  • Hindari berwisata ke Thailand saat peak season

Saat liburan panjang dan di akhir pekan menjadi masa-masa ramainya orang pergi untuk berwisata. Peak season seperti ini sebaiknya dihindari jika ingin menekan biaya bepergian ke Thailand. Pilihlah waktu-waktu yang tidak ramai, misalnya saja di luar masa liburan. Pilih pula jam penerbangan yang tidak banyak dicari orang, contohnya saja penerbangan tengah malam atau dini hari.

  • Memilih rute transit

Jika memiliki waktu yang longgar, ada baiknya memilih penerbangan dengan rute transit atau alternatif. Rute seperti ini lebih hemat biaya dibandingkan dengan tiket terusan.

  • Memakai dua maskapai yang berbeda

Satu lagi cara menghemat biaya perjalanan adalah dengan menggunakan maskapai yang berbeda untuk keberangkatan dan kepulangan. Hal ini sepertinya cukup merepotkan saat pemesanan tiket, namun sebenarnya tidak demikian jika pemesanan tiket dilakukan melalui agen travel online.

Nah, berbekal dengan informasi ini tentunya Anda tidak lagi kesulitan untuk menemukan maskapai penerbangan ke Thailand dan mendapatkan tiket dengan harga yang terjangkau untuk berlibur. Rencana berlibur ke Thailand pun menjadi bisa segera terwujud dan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

H.I.S Tours & Travel memiliki 279 cabang yang siap memberikan pelayanan terbaik untuk kamu. Serahkan perjalanan kamu ke Thailand pada H.I.S!

top image source: darwinchai.com