Food
Mango Sticky Rice, Kuliner Khas Bangkok yang Menggoyang Lidah
2017-08-17 10:37:26
HIS Travel

Thailand kerap disebut-sebut sebagai surganya kuliner di kawasan Asia Tenggara. Sebutan ini memang sangat tepat disematkan, karena ada begitu banyak pilihan kuliner lezat di Thailand. Salah satunya mango sticky rice. Nah, penasaran dengan kuliner yang satu ini? Simak ulasannya di sini.

Kuliner Khas Bangkok yang Mendunia

Mango Sticky Rice dalam Bahasa Thai disebut Khao Neeo Mamuang. Makanan ini adalah makanan pencuci mulut dengan bahan-bahan yang Andakhas yakni ketan putih, mangga dan santan. Ketan putih atau Khao Neow dalam Bahasa Thai, bentuknya seperti beras atau nasi dengan rasa yang lebih manis dan teksturnya lebih lengket jika dibandingkan dengan nasi.

Wujud Mango Sticky Rice ini berupa ketan putih yang ditambah dengan irisan mangga matang yang manis dan kemudian disiram dengan sedikit santan yang kental. Diatasnya lantas ditaburi dengan kacang kedelai yang diolah hingga renyah. Kombinasi ini terdengar agak aneh di telinga orang Indonesia yang belum pernah mencicipinya. Namun ternyata rasanya sungguh lezat dan membuat ketagihan.

Di Kota Bangkok, makanan pencuci mulut yang satu ini tergolong sebagai street food yang sangat mudah diperoleh. Di pinggir-pinggir jalan, banyak pedagang yang menjajakannya. Satu porsi Mango Sticky Rice ini harganya sekitar 50 baht saja.

Saat ini kuliner khas Bangkok, Mango Sticky Rice bisa juga ditemukan di sejumlah restoran di Jakarta. Misalnya saja di Jittlada Restaurant, Thai Alley di Pacific Place Mall dan di White Elephant Lippo Mall Kemang. Namun tentu saja, menyantap dessert ini langsung di negara asalnya pasti lebih berkesan.

image source: www.world-walk-about.com

 

Mangga Khas Thailand

Dalam menu dessert Khao Neeo Mamuang atau Mango Sticky Rice, buah mangga memegang peranan yang sangat penting. Tanpa kehadiran buah mangga, menu dessert ini tak lagi lezat rasanya. Buah mangga atau mamuang dalam Bahasa Thai memang menjadi salah satu jenis buah yang sangat populer di Thailand. Ada beragam varian mangga dibudidayakan di negeri gajah putih ini.

Salah satu varian mangga yang paling disukai adalah varian mangga kuning yang memasuki masa panen di bulan Maret sampai Mei. Varian mangga kuning ini pula yang dipakai untuk membuat kuliner favorit Mango Sticky Rice. Pada puncak musim mangga di Kota Chiang Mai tepatnya di Buak Hat Park diadakan Mango Fair. Ada begitu banyak mangga yang dijual dengan varian yang sangat beragam. Para pengunjung bisa memperoleh jenis-jenis mangga yang mungkin jarang ditemukan.

image source:www.thatfoodcray.com

 

Tempat Favorit Mencicipi Mango Sticky Rice

Sebagai salah satu street food favorit, memang sangat mudah menemukan Mango Sticky Rice. Tetapi memang ada beberapa tempat yang menyajikan dessert ini dengan rasa yang luar biasa lezat. Tempat-tempat ini hampir selalu dipenuhi oleh para pembeli dan menjadi tempat favorit untuk mencicipi Mango Sticky Rice. Berikut ini beberapa referensinya untuk kamu.

  • Boonsap Thai Dessert

Boonsap adalah sebuah kedai yang khusus menyediakan beragam makanan pencuci mulut khas Thailand, termasuk Mango Sticky Rice. Kedai ini sudah berdiri sejak perang dunia kedua dan kini dipegang oleh generasi ketiga pemiliknya. Biasanya pengunjung hanya datang untuk membeli dessert saja dan kemudian menikmatinya di rumah. Di kedai ini, kamu juga bisa mencicipi dessert khas Thailand lainnya. Boonsap terletak di 1478, Thanon Charoen Krung, Bang Rak dan buka mulai jam 7 pagi sampai jam 5 sore.

  • Mango Tango

Seperti halnya Boonsap, kedai ini juga menjual aneka dessert khas Thailand. Tetapi yang paling populer di kedai ini adalah Mango Sticky Rice. Jangan kaget bila kamu harus mengantri saat kedai ini ramai pengunjung. Jika kamu berada di sekitar Siam Square, segera saja merapat ke Mango Tango untuk mendapatkan Mango Sticky Rice yang lezat dan suasana kedai yang keren untuk diabadikan. Mango Tango buka mulai pukul 11.30 siang sampai pukul 10 malam.

  • Mae Varee Mango Sticky Rice

Kedai yang satu ini sudah berdiri sejak 20 tahun yang lalu dan Mango Sticky Rice menjadi menu andalannya. Mangga yang dipilih selalu mangga-mangga terbaik yang manis dan segar. Kedai yang berlokasi di Sukhumvit Soi 55 ini buka mulai jam 6 pagi hingga jam 11 malam. Sayangnya, tidak disediakan tempat untuk pengunjung yang ingin menikmati Mango Sticky Rice di sini. Setiap pengunjung hanya bisa membeli dan menikmatinya di rumah.

  • Pratunam Sticky Rice

Jika kamu menginap di Berkeley Hotel, maka sangat mudah mendapatkan Mango Sticky Rice. Kedai Pratunam tepat berada di seberang hotel ini dan buka mulai sore hingga malam hari. Di samping kedai Pratunam ini terdapat kedai Kaiton Chicken Rice yang terkenal. Jadi, selain bisa mencicipi Mango Sticky Rice kamu pun bisa sekaligus mencicipi chicken rice di sampingnya.

  • Sukhumvit Soi 38

Tempat ini semacam tempat berkumpulkan para penjaja makanan khas Thailand. Di tempat ini kamu tak hanya bisa mencicipi Mango Sticky Rice tetapi juga aneka makanan lainnya. Di tempat ini Mango Sticky Rice bisa didapatkan dengan harga yang sangat murah. Namun tentu saja dengan kualitas rasa yang sedikit berbeda. Walaupun begitu, Sukhumvit Soi 38 amat populer di kalangan penduduk lokal Thailand dan juga para wisatawan.

image source: thailandculturetravel.com

 

Nah, berbekal beberapa referensi ini dijamin kamu tak akan kesulitan menemukan salah satu kuliner favorit Thailand, Mango Sticky Rice. Setelah mencicipinya satu kali, jangan heran jika kamu menginginkannya lagi..!

 

H.I.S Tours & Travel memiliki 279 cabang yang siap memberikan pelayanan terbaik untuk kamu. Serahkan perjalanan kamu ke Thailand pada H.I.S!

top image source: bloganchoi.com