Food
Mandu-guk, Sup Pangsit Korea yang Akan Menghangatkan di Musim Dingin
2015-12-15 09:19:21
HIS Travel

Salah satu makanan yang akan membuatmu hangat untuk bisa melalui musim dingin yang menggigit adalah dengan memakan sup. Nah, salah satu makanan asal Korea yang paling banyak disukai, terlebih lagi jika dimakan pada musim dingin adalah Mandu Guk. “Mandu” adalah bahasa Korea yang berarti pangsit. Sedangkan “-guk” artinya adalah kuah atau sup. Mandu-guk berarti “Sup Pangsit”

Mandu-guk merupakan hidangan yang sering dimakan oleh warga Korea di musim dingin. Hidangan ini berupa pangsit yang diisi dengan daging sapi cincang dan sayuran cincang, kemudian direbus dalam kaldu dengan kue beras (tteok) iris. Pada dasarnya, Mandu menggunakan bahan daging babi sebagai isinya. Tetapi untuk yang tidak memakan daging babi, biasanya akan mengganti dengan daging sapi atau daging ayam.

Mandu-guk sudah dikenal sejak era Goryeo, sekitar abad ke-14. Pada zaman itu Mandu-guk disebut dengan sanghwa atau gyoja hingga berganti nama menjadi Mandu pada pertengahan Dinasti Joseon. Karena gandum dan soba yang menjadi bahan utama untuk membuat Mandu kebanyakan berasal dari daerah utara, Mandu-guk menjadi makanan khas dari daerah Pyongan dan Hamgyong.

Image source : http://thatkoreanfood.tumblr.com/

Cara terbaik untuk memakan sup ini adalah dengan memakannya bersama dengan Kimchi Gimjang (kimchi yang disiapkan selama musim dingin) atau mul-kimchi (kimchi berair yang disajikan dingin). Saat ini banyak restoran yang menyajikan Mandu (pangsit) dengan berbagai warna yang terbuat dari pewarna alami untuk semakin mempercantik makanan tersebut.

Sup ini bisa dimakan sepanjang tahun, tetapi berdasarkan tradisi, sup ini sangat umum dimakan saat tahun baru.

Ingin mencoba?

H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S!

https://his-travel.co.id/

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia

Image source : http://www.surakoreancuisine.com/