Food
Top 7 Makanan Khas Musim Panas Korea Selatan yang Wajib Dicoba!
2018-04-27 23:44:58
HIS Travel

Korea Selatan adalah salah satu negara di benua Asia yang memiliki sejuta pesona sehingga banyak sekali para wisatawan asal luar negeri maupun dalam negeri yang tertarik untuk mengunjungi negara yang satu ini. Negara yang memiliki 4 musim ini mempunyai berbagai jenis makanan yang lezat, unik, dan tidak bisa ditemukan rasanya di negara lain. Makanan di Korea Selatan pun memiliki waktu penyajian yang berbeda sesuai dengan musimnya ya, jadi makanan yang disantap pada musim dingin tentu saja agak berbeda dengan makanan yang disantap di musim panas. Jika Anda akan berkunjung ke Korea Selatan pada musim panas maka jangan lupa untuk menjajal kulinernya ya, maka dari itu kali ini kami akan menginformasikan mengenaI makanan khas musim panas Korea Selatan. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa Anda coba :

1. Samgyetang

Hasil gambar untuk samgyetang

image source : https://simple.wikipedia.org/wiki/Samgyetang

Makanan pertama yang bisa Anda jajal di musim panas Korea adalah makanan bernama Samgyetang. Bagi Anda penggemar drama Korea atau mungkin yang suka hal berbau Korea tentu saja sudah tidak asing lagi dengan jenis makanan yang satu ini bukan? Bagi Anda yang belum mengetahui informasi mengenai samgyetang maka kami akan memberikan informasinya kepada Anda. Samgyetang adalah makanan khas Korea Selatan yang tradisional. Di dalam satu porsi Samgyetang kita bisa menyantap daging ayam muda yang direbus menggunakan bumbu ginseng. Samgyetang ini disajikan selagi hangat, cara masaknya adalah dengan merebus ayam dan bumbunya menggunakan api kecil 2-3 hingga jam lamanya supaya empuk.

2. Kimchi Mari Guksu

Hasil gambar untuk kimchi mari guksu

image source : https://id.pinterest.com/pin/237564949069825638/?lp=true

Next, makanan kedua yang bisa Anda coba ketika liburan ke Korea ketika musim panas atau summer tiba adalah kimchi mari guksu. Ketika musim panas, Korea Selatan juga menjadi agak panas. Nah untuk melegakan rasa panas itu masyarakat Korea Selatan mengkonsumsi Kimchi Mari Guksu. Apa Kimchi Mari Guksu? Di dalam satu porsi Kimchi Mari Guksu ini kita bisa menyantap satu porsi besar mie kimchi yang dicampur dengan es kaldu kimchi dan juga kaldu daging. Mie ini disebut juga sebagai mie dingin ya, bayangkan rasa menyegarkan perpaduan dari mie kimchi yang asam pedas ditambah dengan kuah dingin dari kaldu daging. Duh pasti seger banget ya! Jangan lupa untuk mencoba Kimchi Mari Guksu ini ya kalau liburan ke Korea Selatan! 

3. Patbingsoo

Hasil gambar untuk patbingsoo

image source : https://droolsg.com/patbingsoo-korean-dining-house/

Nah kalau suka nonton drama Korea pasti sudah paham ya sama kudapan khas musim panas Korea yang satu ini. Makanan atau kudapan bernama Patbingsoo ini sering keluar di Drama Korea. Bagi Anda yang belum tahu patbingsoo maka kali ini kami akan membahas dan memberikan informasinya untuk Anda. Patbingsoo adalah hidangan yang terbuat dari campuran es batu yang telah diserut, kemudian di campur menggunakan buah-buahan, kacang merah, susu kental manis, dan juga sirup. Karena jaman semakin berkembang, Patbingsoo yang dulunya hanya hadir dalam rasa kacang merah sekarang ini semakin bervariasi rasanya dan bahkan banyak kedai yang memberikan tambahan es krim di atas serutan es batu. Dijamin bisa menyegarkan~

4. Mulhui

Hasil gambar untuk mulhui korean food

image source : https://zenkimchi.com/food-porn/makhui-chilled-sashimi-soup/

Makanan khas musim panas Korea Selatan yang keempat adalah Mulhui. Mulhui ini sangat cocok dimakan pada saat musim panas ya karena sifatnya yang pedas dan juga menyegarkan. Mulhui ini adalah sup, namun beda dari sup yang biasanya karena Mulhui ini adalah sup sashimi. Mulhui adalah sup sashimi yang berisi berbagai macam hidangan sari laut seperti misalnya cumi-cumi, ikan laut mentah, gurita, dan berbagai jenis sari laut lainnya. Selain bisa merasakan segarnya hidangan laut mentah kita juga bisa merasakan rasa pedas hingga bisa mengunggah selera kita. Jika Anda penggemar sashimi dan seafood jangan lupa untuk menjajal Mulhui ya.

5. Bibimbap

Hasil gambar untuk bibimbap

image source : https://www.taste.com.au/recipes/bibimbap-2/c361300c-3947-4121-99b1-a9f561d61d9e

Makanan yang satu ini juga sudah sering sliweran di Drama Korea ya, sehingga sudah banyak yang tahu mengenai bibimbap. Bagi Anda yang mungkin saja belum mengenal bibimbap maka kali ini kami akan membagikan informasinya kepada Anda semua. Bibimbap yang merupakan makanan asli Korea Selatan ini adalah makanan yang memiliki nutrisi dan gizi yang sangat berlimpah. Kalau di Indonesia mungkin bisa disebut sebagai nasi campur ya, tapi isian lauknya sangat berbeda ya. Bibimbap disajikan dalam hot plate. Nasi ditata kemudian di sampingnya diberi berbagai jenis lauk sperti daging cincang, sayuran yang sudah direbus sebentar dan dipotong kecil seperti bok choy, bayam, canola, lobak, wortel, bayam, bawang bombay. Kemudian ditengah diberi telur setengah matang dan saus fermentasi khas Korea yaitu gojuchang dan ditaburi biji wijen. Untuk makan bibimbap kita harus mencampurnya jadi satu, rasanya sangat unik dan mantap!

6. Naengmyeon

Hasil gambar untuk naengmyeon

image source : https://www.maangchi.com/recipe/naengmyeon

Naengmyeon adalah salah satu jenis kuliner Korea yang wajib Anda cicipi ketika musim panas, mungkin masih banyak yang asing dengan makanan ini. Makanan ini adalah mie soba yang disajikan dengan bumbu dan kuah khusus. Jenis Naengmyeon sendiri ada dua, yaitu Mul Naengmyeon atau yang disebut dengan mie dingin yang menggunakan kuah kaldu. Dan ada Bibim naengmyon yaitu mie dingin yang menggunakan kuah bumbu saus cabai pedas. Makan Naengmyeon ketika musim panas sangatlah pas karena rasanya yang menyegarkan!

7. Jangeo Gui

Hasil gambar untuk jangeo gui

image source : http://www.eatinkorea.com/en/food/jangeo-gui

Jenis makanan selanjutnya yang tak kalah lezatnya adalah Jangeo Gui, makanan ini adalah salah satu hidangan favorit ketika musim panas tiba. Jangeo gui adalah belut yang dipanggang menggunakan bumbu khusus. Asal Anda tahu ya, belut di Korea itu berbeda dengan belut yang ada di Indonesia. Belut yang ada di Korea Selatan memiliki ukuran yang lebih besar dan dagingnya juga lebih kenyal dan ekstra.

Nah itu dia beberapa informasi mengenai makanan khas musim panas Korea Selatan. Semoga artikel yang kami berikan ini bermanfaat bagi Anda semuanya! Jika ingin berlibur ke Korsel murah, kunjungi website HIS Travel dan dapatkan banyak promo penerbangan!