Jepang
5 Makanan Khas Hokkaido yang Wajib Dicicipi
2018-03-15 12:25:23
HIS Travel

Ketika mengunjungi sebuah negara untuk berlibur tentu saja ada hal yang tidak bisa kita lupakan, apa hal itu? Hal penting itu adalah makanan. Ketika kita sedan berlibur ke negara orang lain maka kita harus wajib mencicipi beberapa makanan khas negara tersebut sehingga liburan kita menjadi tidak sia-sia. Bagi kamu yang kali ini akan berlibur ke Jepang tepatnya ke Hokkaido, kami akan memberikan beberapa informasi mengenai makanan khas Hokkaido yang wajib dicicipi. Makanan ini memiliki cita rasa yang menarik dan menjadi rekomendasi kuliner untuk kamu yang akan pergi ke Hokkaido. Apa saja ya makannya? Let’s check this out!

1. Sup Kari

Hasil gambar untuk hokkaido curry soup

image source : https://hokkaidoguide.com

Makanan wajib pertama yang harus kamu cicipi ketika sampai di Hokkaido adalah sup kari. Memang kalau di Jepang kita wajib mencoba yang namanya kari karena Jepang sendiri adalah salah satu negara yang juga membuat kari. Sup kari khas Hokkaido ini sangat cocok jika dikonsumsi pada musim dingin, kuah kental kari dan juga rasanya yang kuat dipadukan dengan beberapa macma sayuran segar serta daging dan nasih putih hangat akan membuat perut kita menjadi kenyang dan terasa hangat. Jika kamu ingin memiliki sesuap sup kari yang menggoyang lidah, maka caranya ambil satu sendok nasi kemudian celupkan di kuah sup kari. Nasi akan menjadi lebih terasa kaldunya.

Kita bisa menemukan sup kari ini tepatnya di daerah tempatnya berasal yaitu Sapporo, Hokkaido. Jika memang penasaran ingin mencoba sup kari sebagai santapan maka kamu wajib untuk mengunjungi beberapa restaurant yang ada di daerah Sapporo yaitu Garaku, Soup Carry Yellow, Medicineman, dan satu lagi Ajanta. Keempat restaurant kari itu adalah restaurant yang menjual sup kari khas Hokkaido yang cukup terkenal. Kamu bisa mengunjungi salah satunya ya!

2. Genghis Khan

Hasil gambar untuk genghis khan food

image source : http://jpninfo.com

Makanan khas Hokkaido yang wajib dicicipi selanjutnya adalah Genghis Khan. Mungkin ketika mendengar namanya kamu berpikir jika makanan ini adalah makanan khas India? Salah, makanan ini adalah makanan lokal asli Sapporo, Hokkaido. Bagi kamu yang belum tahu apa itu Genghis Khan maka kami akan menjelaskannya. Genghis Khan adalah olahan daging domba yang dipanggang bersama beberapa jenis sayuran segar di sebuah panci khusus. Panci itu unik modelnya karena memiliki bentuk cembung di tengah seperti layaknya gunung. Daging domba yang dipanggang pun ada dua macam penyajiannya ya, yang pertama daging domba direndam dulu dengan saus khusus baru dipanggnang atau dipanggang dulu baru dicocol saus.

Bahkan Genghis Khan menjadi masakan wajib di Hokkaido, sehingga kita bahkan bisa menemukan banyak toko gerabah yang menjual panci khusus untuk masak Genghis Khan yang sekali pakai atau yang bisa dipakai berkali-kali. Jika kalian ingin merasakan Genghis Khan ketika berada di Hokkaido maka kalian harus mampir ke Tsukisappu Genghis Khan Club, restaurant ini menyajikan Genghis Khan yang enak dan juga kita bisa menikmati keindahan pemandangan alam.

3. Hokkaido Zangi

Hasil gambar untuk hokkaido zangi

image source : http://www.hokkaidolikers.com

Makanan ketiga yang bisa kamu coba ketika di Hokkaido adalah Hokkaido Zangi. Apa sih sebenarnya Hokkaido Zangi itu? Bagi kamu yang belum tahu tentang Hokkaido Zangi dan juga mungkin belum pernah mencobanya  maka kamu wajib untuk mencicipi makanan satu ini ketika pergi ke Hokkaido Jepang. Hokkaido Zangi atau yang biasa disebut Zangi oleh masyarakat Hokkaido ini sebenarnya mirip dengan ayam goreng yang sering kita makan ketika di Indonesia. Namun ada perbedaan yaitu dari segi rasanya, jika kita mencoba Zangi khas Hokkaido ini maka kita bisa merasakan cita rasa jahe, kecap, dan juga bawang putih yang dominan. Kita juga akan merasakan dominan garam pada Hokkaido Zangi ini, Zangi yang bisa kita cicipi di Hokkaido ini sebenarnya masuk ke dalam golongan Karaage. Ketika jalan-jalan ke Hokkaido kita bisa menemukan banyak sekali penjual Hokkaido Zangi ini di sepanjang jalan, jadi jangan ragu untuk mencoba “ayam goreng” khas Hokkaido Jepang ini.

4. Bibai Yakitori

Hasil gambar untuk bibi yakitori

image source : https://www.tripadvisor.com

Makanan keempat yang wajib banget untuk dicicipi ketika pergi ke Hokkaido Jepang adalah Bibai Yakitori. Wah, dari namanya saja sudah ada unsur Jepang yang kental ya. Jadi Bibai Yakitori sendiri ini adalah makanan Jepang yang menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya. Untuk Bibai Yakitori ini ada banyak jenisnya ya, semua bagian ayam bisa digunakan mulai dari daging hingga jeroan ayamnya. Namanya pun juga berbeda, selain dagin ayam beberapa kedai menjual Bibai Yakitori yang menggunakan daging babi, jeroan babi, daging sapi, dan jeroan sapi.

Bibai Yakitori ini biasanya terdiri dari  potongan kecil daging yang ditusuk. Untuk bumbunya sendiri sangat sederhana, restaurant akan menggunakan bumbu garam atau shio dan juga saus atau tare. Kedua bumbu ini membuat cita rasa Bibai Yakitori menjadi sederhana namun menarik.

5. Salmon  Chan Chan Yaki

Hasil gambar untuk salmon chan chan yaki

image source : https://www.thespruce.com

Makana terakhir yang wajib untuk kalian coba ketika mampir ke Hokkaido adalah Salmon Chan Chan Yaki. Makanan yang satu ini wajib untuk kalian coba, terdiri dari daging ikan salmon panggang yang dimasak bersama beragam jenis sayuran dan tentunya menggunakan bumbu khusus yang membuatnya semakin lezat dan siap meleleh di mulut kalian semua. Biasanya Salmon Chan Chan Yaki ini disajikan di hot plate sehingga akan menjaganya tetap hangat ketika kita menyantapnya.

Jika kalian ingin mencoba Salmon Chan Chan Yaki ketika berada di Hokkaido maka kalian wajib mencoba beberapa restaurant yang menjual makanan yang satu ini. Kalian tidak perlu khawatir karena Salmon Chan Chan Yaki yang dijual selalu menggunakan ikan salmon yang fresh dari nelayan Hokkaido.

Nah itu dia beberapa makanan khas Hokkaido yang wajib dicicipi. Jika kalian ingin berkeliling ke Hokkaido dengan biaya ekonomis maka kalian bisa memilih paket liburan ke Jepang di H.I.S Travel Indonesia ya!