People & Culture
Loy Krathong, Festival Negri Thailand Yang Syahdu. Anda Pasti Tertarik!
2017-08-17 06:45:34
HIS Travel

Seperti yang kita tau, Thailand merupakan negri yang unik. Semakin kita menjelajahi keunikan yang ia miliki, kita akan makin tertarik untuk berkunjung ke negri gajah putih itu. Entah untuk sekedar melihat sudut-sudut kotanya, menjelajahi wilayah pedesaannya, hingga datang ke festival yang sedang diberlangsungkan di negara tersebut, semisal Festival Loy Krathong.

Ya, Loy Krathong merupakan sebuah nama untuk festival perayaan akhir tahun yang biasa dihelat di seantero negri Thailand. Mulai dari penduduk yang masih berusia anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang-orang yang berusia lanjut pun mengikuti festival yang dirayakan setahun sekali ini.

Untuk Anda yang sudah pernah mengikuti festival ini, Anda pasti masih mengingat betul tentang betapa syahdunya suasana festival kala itu. Dan, Anda patut bersyukur karena sudah memiliki pengalaman unik yang berharga, serta belum tentu dimiliki oleh orang lain.

Akan tetapi untuk teman-teman yang belum pernah ikut Festival Loy Krathong ini sama sekali, jangan berkecil hati dahulu. Anda masih bisa ke sana di bulan November nanti bersama H.I.S Travel. Bilapun Anda sudah terlanjur penasaran tentang festival syahdu yang satu itu, Anda bisa menyimak artikel berikut, agar Anda makin termotivasi saat mendekati hari H nanti. Selamat menyimak!

 

Festival Loy Krathong Merupakan Acara Perayaan Tahun Baru Orang Thailand

Bagi Anda yang belum pernah mengikuti festival ini, Anda bisa mengikutinya tiap malam bulan purnama kedua belas, di kalender Thailand. Biasanya pelaksanaanya jatuh tiap bulan November, dan dilaksanakan di seantero negri Thailand.

Festival ini merupakan salah satu upacara yang cukup populer. Banyak wisatawan asing, dan media yang meliput jalannya festival dari beberapa kota di negri gajah putih ini. Biasanya, festival ini diadakan di pinggiran sungai, danau, waduk, hingga kolam yang berukuran cukup luas. Bila Anda datang langsung ke Thailand saat festival sedang berlangsung, Anda bisa menemukan suasana yang begitu ramai, unik, namun terasa syahdu.

Anda pernah mampir ke Ayutthaya? Bila pernah, anda bisa mengikuti Festival Loy Krathong yang biasa dihelat di Vihara Wat Phananchoeng Worawihan. Lokasinya memang di pinggiran Ayutthaya, namun ia juga tepat berada di samping sungai Chao Phraya yang alirannya mengalir jauh hingga ke Kota Bangkok.

Festival syahdu ini memiliki keseruannya tersendiri. Dan Anda, bisa menikmati festival, sembari menikmati aneka jajanan yang dijual di sekitar lokasi festival. Untuk lokasi Vihara Wat Phananchoeng Worawihan ini, aneka jajanan seperti sate seafood, makanan ringan, hingga minuman manis dijajakan di stand yang berjejer di pelataran Vihara yang cukup luas.

Selain makanan, Anda juga bisa menikmati panggung hiburan yang menampilkan rentetan pertunjukan. Disini, Anda bisa mengabadikan setiap tarian lokal, dan pertunjukan band lokal, yang cukup unik dan tidak bisa Anda jumpai saat sedang berada di Indonesia.

 

 

Merupakan Acara Yang Melambangkan Penyucian Diri


Image source : https://www.flickr.com/azchael/photos/mpaunovic/

Secara Harfiah, Festival Loy Krathong merupakan acara untuk melarungkan sesajen. Dalam kepercayaan masyarakat Thailand, hal ini bisa membuang segala macam bala, amarah, serta hal-hal buruk yang bisa saja terjadi di tahun yang akan datang.

Namun, sesajen yang mereka larungkan ternyata berbeda dengan bentuk sesajen yang mungkin biasa Anda temukan di beberapa tempat yang ada di Indonesia. Diasana, sesajen yang dipersembahkan bagi Dewi Air Mae Kongkha biasanya terbuat dari batang pisang yang dipotong tebal menyerupai talenan bulat, kemudian dihiasi dengan bunga.

Selain itu, di dalam sesajen yang dilarungkan juga diberikan lilin dan dupa untuk melengkapi persembahan yang diberikan. Beberapa potongan kuku juga ditambahkan oleh para pemeluk agama Buddha, agar upacara membersihkan diri ini makin terasa afdhol.

Untuk Anda yang belum sempat mengikuti festival Loy Kratong ini, Anda harus datang tahun ini juga. Kesyahduan suasana yang bisa dirasakan dari festival ini sungguh berkesan. Ketika Anda melihat kumpulan cahaya lilin membuat sungai Chao Phraya nampak berkilat, Anda pasti akan melihat sebuah pemandangan yang menakjubkan, dan amat layak untuk Anda abadikan dengan kamera Anda.

Bilapun Anda ingin ikut serta melarungkan sajen, Anda bisa membeli sajen yang dijajakan oleh pedagang lokal yang menyempil di sela-sela food court.

 

 

Tak Hanya Melarung Sajen Ke Sungai, Pelepasan Lentera Juga Turut Dilakukan


Image source : https://www.flickr.com/photos/bronky/

Beberapa saat setelah peserta melarungkan sesajennya, beberapa bikhsu mulai mengembangkan lentera di tengah syahdunya malam. Kemudian, satu persatu peserta Festival Loy Krathong juga melakukan hal yang serupa, dan menyiapkan lenteranya masing-masing.

Sebenarnya, di tempat Anda membeli sesajen tadi biasanya juga turut menjual lentera yang siap dikembangkan ke udara. Lentera berdiameter 50-60 cm tersebut sudah diberikan alas dan diberikan bahan bakar. Anda cukup menyalakan bagian alas dengan korek, dan mengembangkan lentera tersebut hingga siap diterbangkan ke udara.

Sekedar saran, sebaiknya Anda memegang bagian bawah lentera saat sedang mengembangkannya. Hal ini bertujuan agar Anda tidak tersengat panasnya suhu lentera, yang berisi akan udara bersuhu tinggi. Semakin panas suhu udara yang ada di dalam lentera, lentera akan makin terasa ringan. Kalau sudah begini, Anda tinggal menunggu waktu untuk melepaskan lentera tadi ke udara, bersama dengan peserta yang lain.

Di puncak acara Festival Loy Krathong yang diadakan di area Vihara Wat Phananchoeng Worawihan, Anda bisa menyaksikan pertunjukan kembang api yang menghiasi langit sungai Chao Phraya. Suasana syahdu yang klasik pun makin terasa dengan diperdengarkannya lagu rakyat Thailand lewat pengeras suara yang terdengar sayup di telinga.

 

Ingin Mengikuti Festival Loy Krathong 2017?


Image source : https://www.flickr.com/photos/photos/hafizjohari/

Festival Loy Krathong ini akan dihelat pada Jumat 3 November nanti. Anda tentunya tidak ingin melewatkannya dan menunggu hingga perayaan tahun depan bukan? Bilapun Anda sudah tidak sabar, Anda bisa memeriksa pilihan paket perjalanan ke Thailand di website H.I.S Travel. Bila Anda beruntung, Anda akan mendapatkan promo, dan berbagai penawaran unik lainnya.

Jadi, tunggu apa lagi? 

 

 

Top image source : https://www.flickr.com/photos/mpaunovic/