City Travel
Alasan Mengapa Harus Menghabiskan Liburan Musim Dingin Di Amsterdam
2018-01-30 00:03:51
HIS Travel

Ketika sedang merencanakan liburan, Amsterdam adalah salah satu destinasi wisata Eropa terbaik untuk dikunjungi. Ada empat musim berbeda sepanjang tahun yang bisa kamu pilih saat merencanakan liburan. Namun, musim dingin di Amsterdam mungkin sangat cocok untukmu!

Kamu tidak akan merasakan sinar matahari yang sangat panas sepanjang hari. Sebaliknya, kamu bisa tampil modis dengan pakaian musim dingin yang cukup mengagumkan. Udara sejuk dan segar akan membuat kamu merasa lebih segar. Bahkan, kamu bisa melihat nafas kamu mengepul di udara yang dingin. Yang pasti, musim dingin adalah saat yang tepat untuk menikmati Amsterdam yang indah ini. Jadi, kenapa Amsterdam menjadi salah satu destinasi yang tepat untuk menghabiskan liburan musim dingin?

1. Berkeliling kota menggunakan sepeda
Amsterdam pada saat musim dingin benar-benar menakjubkan. Pohon natal, hiasan dan lampu warna-warni dipadukan dengan kanal yang indah mengubah kota ini bak negeri dongeng. Bukan rahasia umum, orang Belanda senang bersepeda. Mulai dari jantung kota Amsterdam, Stasiun Centraal dan Dam Square, kamu akan menemukan jalur sepeda yang akan memberimu akses ke setiap sudut kota. Jika kamu tidak suka bersepeda, masih ada ruang untuk pejalan kaki di kota Amsterdam. Bahkan fasilitas transportasi umum pun sangat memadai.

 Winter Amsterdam
Image source : theculturetrip.com

2. Main ice-skating di atas kanal yang beku
Musim dingin mengakibatkan kanal-kanal di Amsterdam membeku, memungkinkan kamu untuk bermain seluncur es atau ice-skating di atasnya. Bila suhu udara diperkirakan turun di bawah titik beku selama beberapa hari berturut-turut, lalu lintas kapal di kanal akan diblokir, jadi saat air kanal membeku, kamu bisa meluncur tepat di atas kanal. Beruntungnya, kamu tidak perlu membayar tiket masuk untuk bermain ice-skating di sana.

Jika suhu di luar tidak begitu dingin, jangan khawatir karrna ada banyak arena skating yang tidak bergantung pada kondisi cuaca. Salah satunya yang paling terkenal adalah arena es Jaap Eden, yang buka setiap tahun mulai dari bulan Oktober sampai Maret yang menawarkan jalur es sepanjang 400 dan juga restoran. Bahkan di sana kamu akan menemukan seluncur disko pada malam minggu.

 Winter Amsterdam
Image source : clickandgo.com

3. Mengunjungi Amsterdam Light Festival
Amsterdam Light Festival atau festival cahaya adalah acara tahunan yang digelar selama liburan musim dingin. Seniman lokal maupun internasional mengubah kota Amsterdam menjadi bergelimang cahaya. Menariknya, festival ini memiliki tema dan teknik yang berbeda-beda dari tahun ke tahun. Beberapa pameran karya seni juga akan menarik perhatian kamu karena mampu menawarkan sentuhan kontemporer berupa pemandangan Amsterdam tempo dulu. Festival ini dimulai pada akhir November dan berlangsung sampai pertengahan Januari setiap tahun.

 Winter Amsterdam
Image source : waveavenue.com

4. Pasar malam menyambut natal
Saat musim dingin tiba, pasar-pasar malam akan menjamur di Amsterdam. Bahkan, setiap akhir pekan menjelang natal, akan bermunculan pasar-pasar yang berbeda di sekitar pusat kota Amsterdam, mulai dari yang tradisional sampai yang modern. Mereka menawarkan pernak-pernik natal, makanan dan minuman yang disiapkan dengan sepenuh hati, serta beragam hal menarik lainnya. Kemeriahan pasar malam semakin bertambah berkat lampu-lampu natal yang menghiasi masing-masing kios yang ada.

 Winter Amsterdam
Image source : thesundaychapter.com

5. Kincir angir musim dingin
Ada banyak kincir angin yang berdiri tegak di beberapa penjuru Belanda. Salah satunya yang terbesar adalah De Gooyer, yang merupakan tempat pembuatan bir Brouwerij ‘t IJ. Sayangnya kincir tersebut tidak beroperasi pada saat musim dingin. Meski demikian, masih ada kincir angin lainnya yang tetap beroperasi dan tetap bisa kamu kunjungi seperti Molen van Sloten di Amsterdam, dan beberapa kincir angin lainnya yang berada di desa tradisional Zaanse Schans. 

 Winter Amsterdam
Image source : pinterest.com

6. Minum bir di brown cafés
Kafe atau pub tradisional Belanda, yang juga dikenal sebagai brown café adalah tempat dimana penduduk setempat datang untuk mengibaskan salju dari sepatu bot mereka dan saling mengobrol di dekat perapian, disertai dengan sebotol bir lokal. Disebut brown café karena semua interiornya berwarna cokelat dan terbuat dari kayu sehingga bisa menjadi penghangat bagi siapa saja yang singgah ke sana.

Salah satu brown café tertua di Amsterdam yang bisa kamu singgahi adalah In ‘t Aepjen. Dengan interior kayunya yang sangat klasik, menikmati snack bitterballen sambil menyeruput jenever akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Jika ingin mencoba beragam jenis bir, pergilah ke In de Wildeman, brown café yang menawarkan 18 jenis bir dan 250 koleksi botol bir.

 Winter Amsterdam
Image source : triip.me

7. Mencicipi kuliner musim dingin di Amsterdam
Seiring dengan suhu udara yang terus turun, Stamppot, menjadi makanan pokok warga Belanda saat musim dingin menghampiri. Kuliner satu ini sangat cocok untuk menghangatkanmu. Resepnya sering kali terdiri dari kentang tumbuk, kol, wortel, bawang bombay, bacon, dan sosis asap Belanda. Jika kamu mencari makanan yang lebih ringan, ada banyak sup musim dingin yang lezat untuk menghangatkan jari-jarimu.

 Winter Amsterdam
Image source : lekkergezond.nl

Jika kamu tertarik untuk berlibur ke Amsterdam pada musim semi, yuk persiapkan perjalanan wisata Eropa kamu bersama HIS! H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. 

Top image source : holidayguru.ie